Ukuran Instagram Story Yang Pas Agar Tidak Terpotong

Alfa - Like Follow

Ukuran Instagram Story, Siapa sih yang tidak memakai Instagram sekarang ini? Sebagian besar orang saat ini sudah memakai Instagram entahlah untuk kebutuhan usaha atau kebutuhan personal. Instagram mempunyai banyak feature yang bisa kita nikmati, salah satunya yang adalah Story.

Story atau Stories merupakan fitur yang membolehkan kita mengupload, foto, video, atau animasi yang akan tayang hanya dalam waktu 24jam dari pertama kali diposting dan setelah itu foto atau video yang diunggahkan akan terhapus dengan otomatis.

Instagram Story saat ini tengah menjadi primadona baik pengusaha, selebgram, atapun personal karena memiliki keunggulan dari feed atau post biasa, Stories ini sengaja dibuat untuk kebutuhan interaksi lebih atau engagment dari orang-orang yang menonton Stories.

Tapi, kamu harus hati-hari jika ukuran foto atau video yang kamu upload tidak pas dijamin apa yang kamu upload akan terlihat jelas. Dan berikut Ukuran Instagram Story agar foto atau video kamu tidak terpotong.

Ukuran Story Instagram

ukuran story instagram, Ukuran Instagram Story Yang Pas Agar Tidak Terpotong
ukuran gambar instagram story

Satu hal yang perlu Kamu ketahui saat memakai Instagram, yaitu ukuran dari video atau foto yang ingin Kamu upload. Baik itu untuk ukuran feed Instagram atau untuk story, harus Kamu pikirkan sebagus mungkin. Untuk story, ada beberapa ukuran yang perlu Kamu ketahui:

Ukuran gambar portrait

1080 x 1920 px. Pertama ialah ukuran 1.080 x 1920 px. Memiliki bentuk akan portrait dan sesuai ukuran yang disuruh Instagram. Karena ukuran itu adalah ukuran yang direkomendasikan IG.

720 x 1280 px. Ukuran seterusnya bisa juga 720 x 1280 px. Hasilnya sama portrait. Tetapi kemungkinan kelihatan lebih kecil.

Pada dasarnya Kamu dapat memakai ukuran mana saja asal portrait. Jika terlampau kecil Kamu dapat membuat semakin besar di IG, tetapi risikonya foto tau video story kamu akan pecah. Jika terlampau besar, kemungkinan Kamu akan kewalahan saat ingin mengecilkannya.

Jadi dianjurkan memakai ukuran story Instagram yang direkomendasikan saja yaitu 1080×1920. Perlu dicatat, ukuran ini tidak pas untuk ukuran feed Instagram ya.

Ukuran gambar landscape

Tidak seperti gambar portrait, bila Kamu mengupload gambar dengan wujud landscape, karena itu ukuran akan disamakan Instagram secara langsung.

Sedang untuk mengupload video dalam story Instagram, berikut ialah tutorial ukuran:

Pastikan Dimensi video kamu: 1080 x 1920 piksel dengan aspect ratio: 9:16. Video harus mempunyai resolusi setidaknya 720P sama ukuran optimal 4 GB, dan mempunyai pola MP3 atau MOV.

5 Aplikasi Penyedia Template Instagram Story Gratis

Lalu bagaimanakah cara membuat gambar Instagram sama ukuran semacam itu? Langkah pertama pasti memakai program ubah photo seperti Photoshop atau Illustrator. Tetapi jika Kamu tidak punyai Program itu Kamu dapat menggunakan program yang ada di Android. Apa itu?

1. Canva

Canva ini mempunyai banyak fungsi. Kecuali mengubah photo, Kamu bisa juga membuat ukuran stories Instagram melalui program ini. Triknya cukup mudah;

  1. Pastikan Kamu telah mempunyai program Canva ditambah dulu. Jika belum, ambil di Play Store.
  2. Kemudian membuka aplikasinya,
  3. Masukan photo yang ingin di edit.
  4. Tab Edit.
  5. Lalu tentukan ukuran photo yang ingin Kamu pakai. Jika untuk story, karena itu sepertikan sama ukuran stories Instagram.
  6. Jika ingin menambah font atau mendesainnya sedikit, silahkan. Be creative!
  7. Bila Kamu bingung ingin mendesain seperti apakah, Canva memberi banyak template yang dapat Kamu coba.

2. Insta Story Art Maker

Sesuai namanya, program yang ini memang pas sekali untuk bikin sebuah photo dengan pola ukuran seperti Instagram story. Kamu akan disajikan bermacam-macam jenis template gambar yang menarik dan sesuai ukuran story IG. Berikut langkah memakai program ini:

  1. Membuka lebih dulu Insta Story.
  2. Selanjutnya tentukan photo yang ingin di edit.
  3. Lalu tentukan template yang paling sesuai apa yang Kamu harapkan.
  4. Tambah text atau hiasan lain difoto Kamu.
  5. Jika sudah, Kamu dapat simpan photo di Gallery.
  6. Untuk menguploadnya, Kamu tidak dapat melakukan secara otomatis. Jadi harus dilakukan secara manual.

Baca Juga 7 Cara Menambah Follower Aktif Di Instagram

3. Over

Program yang ini mempunyai template Instagram stories yang menawan dan bermacam. Bahkan juga beberapa berkesan benar-benar profesional. Jadi yang ingin pasarkan produknya melalui story dan ketidaktahuan pilih design atau mungkin tidak dapat mendesain, Kamu dapat menggunakan Over untuk menolong.

Over mempunyai 2 jenis aplikasi yang berbayar dan yang gratis. Yang gratis template yang ada cukup banyak. Sementara yang berbayar, ada tambahan template-template premium yang lebih menarik dan bagus. Template Over dibuat dengan memakai warna eye-popping. Hingga benar-benar pas untuk bisnis. Langkah memakainya begini:

  1. Membuka program Over.
  2. Selanjutnya tentukan menu Instagram Story.
  3. Lalu tentukan photo yang ingin diedit.
  4. Selanjutnya tentukan template favorite Kamu.

4. Unfold

Program ini cuman dapat dipakai oleh beberapa pemakai iOS hanya karena dapat didapat di App Store. Tetapi itu dahulu saat program ini pertama kalinya rilis. Saat ini beberapa pemakai Android bisa memakai program ini.

Unfold yang mempunyai banyak feature ini dicintai oleh beberapa orang. Di App Store nilainya 4.9, sementara di Playstore nilainya 4.5 Unfold ini gratis tetapi in-app purchase. Jadi ada banyak feature yang perlu Kamu membeli saat ingin memakainya. Untuk menggunakan Unfold ini caranya;

  1. Membuka dahulu programnya.
  2. Selanjutnya masukan photo Kamu.
  3. Tentukan template ukuran yang sesuai story Instagram.
  4. Kemudian tentukan save.
  5. Atau jika ingin membuat gambar menjadi lebih cantik, dapat ditambah font, mengubah berwarna dan kontrasnya, bebas.
  6. Jika sudah, silakan pencet save dan sharing photo Kamu ke Instagram.

5. Story Maker

Paling akhir ada Story maker. Program ini memberi banyak template yang artsy banget. Jika Over lebih berkesan professional, Story Maker lebih berkesan nyeni sekali dan artistik. Kecuali ada template yang artsy, ada pula feature brush yang dapat digunakan untuk mempercantik stories IG Kamu. caranya mudah:

  1. Yakinkan Kamu punyai program ini.
  2. Masuk di programnya.
  3. Tentukan photo Kamu.
  4. Tentukan template yang Kamu mau.
  5. Hias hasil template itu dengan feature yang tersedia.
  6. Voila! Jadi! Kamu siap mengunggah photo hasil editan ke story.
  7. Aplikasi ini gratis, tetapi ada banyak iklan. Jadi sabar-sabar ya hadapi iklan yang ada!

Nah bagaimana sudah tau ukuran story dan template yang pas untuk story instagram kamu? Kalau sudah segera optimisasi account Instagram Kamu supaya jumlah followers kamu semakin besar.

3.9 average based on 230 votes (Closed)

Leave a Reply