Ukuran Feed Instagram yang Ideal untuk Foto & Video, Jadi Rapi!

Alfa - Like Follow

Ukuran Foto Instagram, Untuk kamu yang kerap mengupload photo ke Instagram, tentu saja ingin membuat lebih rapi dan nikmat dilihat? Karena itu, kamu harus ketahui ukuran feed Instagram yang ideal.

Sama seperti yang kita semua paham, Instagram jadi salah satunya sosial media paling populer pada tahun 2021 ini. Bukan hanya berperan sebagai tempat share photo, tetapi juga tempat share video dan bermacam content multimedia lainnya.

Nah, berikut Kita akan mengulas mengenai ukuran feed Instagram yang betul dan bagus, terkini pada tahun 2021.

Ukuran Feed Instagram Photo

ukuran foto instagram, Ukuran Feed Instagram yang Ideal untuk Foto & Video, Jadi Rapi!

Pada Juli 2015, Instagram mengupdate ukuran photo pada aplikasinya jadi 1080 x 1080 piksel. Ini mempunyai tujuan untuk menangani berbagai resolusi layar pada setiap piranti yang dipakai untuk buka Instagram.

Bila kamu terbilang kerap mengubah photo Instagram, maka kamu harus pahami betul ukuran-ukuran yang ada di aplikasi itu supaya membuatnya jadi rapi seperti feeds beberapa selebgram.

Ada tiga mode ukuran posting Instagram, yaitu landscape, square, dan portrait. Landscape dan portrait didatangkan supaya kamu dapat tampilkan photo tanpa terpotong.

Untuk menghindar gambar berkualitas rendah atau pecah, seharusnya kamu mengupload photo dalam resolusi square dengan resolusi 1080 x 1080 pixel atau rasio 1:1.

Ini dapat dengan gampang kamu lakukan bila kamu mengambil langsung gambar dari aplikasi instagram, karena umumnya langsung automatis berupa square.

Berikut ukuran posting photo Instagram sesuai memiliki bentuk:

  • Ukuran feed Instagram square optimal 1080 x 1080 pixel atau dengan rasio 1:1.
  • Ukuran feed Instagram portrait optimal 1080 x 1350 pixel atau dengan rasio 4:5.
  • Ukuran feed Instagram landscape optimal 1080 x 608 pixel atau dengan rasio 1,91:1.

Jika kamu ingin mengganti photo kamu dari landscape jadi square, kamu dapat memakai beberapa aplikasi seperti Instagrid atau SquareIt.

Atau, kamu dapat memakai beberapa software editing photo di PC/Netbook seperti Adobe Photoshop, Photoscape atau Corel Draw.

Ukuran feed Instagram Photoshop misalnya, dapat kamu mengatur jadi 1080 x 1080 piksel. Caranya juga lumayan gampang untuk bikin ukuran feed Instagram di Photoshop.

Ukuran Feed Instagram Video

Tidak hanya photo, kamu bisa juga mengupload video di Instagram. Berapakah ukuran posting video Instagram yang paling bagus dan baik serta nyaman untuk dilihat?

Penting untuk dipahami agar penampilan video kamu tidak terpotong dan bagus. Ada dua opsi mode resolusi yaitu portrait dan landscape untuk video.

Apa lagi jika kamu akan membuat video di aplikasi editing video seperti Kinemaster atau Power Director.

Lihat baik, saat sebelum mengupload content video, kamu pastikan resolusinya sudah tepat, lebih-lebih videonya untuk tujuan promosi lewat instagram. Berikut size rasio feed Instagram video yang bagus:

  • Portrait: Optimal rasionya ialah 4:5 dan resolusi video sejumlah 1080 x 1350 pixel.
  • Landscape: Optimal rasionya ialah 1.91:1 dan resolusi video sejumlah 1080 x 608 pixel.
  • Square: Optimal rasionya ialah 1:1 dan resolusi video sejumlah 1080 x 1080 pixel.

Ukuran Feed Instagram IGTV

Tidak hanya mengupload photo dan video di feed Instagram, sekarang kamu bisa juga manfaatkan feature baru dari Instagram yaitu IGTV atau Instagram TV.

Feature ini memungkinkannya kamu untuk mengupload atau melihat siaran video dengan waktu lebih satu menit, yang biasanya dijadikan untuk video di Instagram.

Sama dengan video, memiliki bentuk dapat dibikin mode portrait atau landscape, tetapi ukuran posting Instagram TV berbeda dari posting video biasa.

Mode landscape pada content IGTV biasanya lebih dicintai karena semakin nyaman disaksikan dan gambar yang dimuat akan kelihatan lebih sempurna.

Sementara mode portrait kadang masih terpotong jika tidak mempunyai resolusi yang serupa dengan piranti yang menyaksikannya.

Feature ini umumnya sering dipakai sebagai video pemasaran untuk tingkatkan views dan lain-lain. Jadi pastikan resolusinya optimal supaya video yang kamu upload tidak pecah!

  • Landscape, resolusi 1920 x 1080 dan rasio 16:9.
  • Potrait, resolusi 1080 x 1920 piksel dan rasio 9:16.

Tidak cuma resolusi, ada pula beberapa ketentuan lain yang penting kamu perhatikan saat ingin membuat suatu video di IGTV. Berikut poin-poinnya:

  • Ukuran photo sampul IGTV (cover): Resolusi 420 x 654 dengan rasio 1:1.55.
  • Frame rate IGTV: Minimum 30 fps dengan resolusi minimum 720p.
  • Waktu IGTV: Optimal 60 menit bila di-upload dari Instagram situs, sedang 15 menit bila dari aplikasi Instagram.
  • Pola file video IGTV: MP4.
  • Ukuran file IGTV: Optimal waktu 10 menit atau mungkin kurang dari 650MB.

Ukuran Posting IG Live

Feature yang lain yang memerlukan ukuran feed yang ideal ialah feature Instagram Live. Feature ini memanglah tidak terlampau baru, tetapi akhir-akhir ini makin disukai.

Live atau siaran tayangan live Instagram rupanya dibuat dengan ukuran minimum tertentu supaya gambar yang dibuat dapat disaksikan dengan nyaman.

Berapakah ukuran feed Instagram Live? Saat kamu lakukan live atau tayangan live memakai Instagram, mengatur kualitas video kamu jadi resolusi 1080 x 1920 pixel dengan rasio 9:16.

Sehiingga, yang melihat baik dari layar handphone ataupun netbook dapat menyaksikan video dengan kualitas yang lebih baik.

Ukuran Feed Instagram Story

Tidak hanya mengupload photo dan video di feed, tetapi kamu bisa juga photo dan video lewat feature Instagram Story. Feature yang termasuk cukuplah kekinian dan terhitung terkenal.

Dengan feature ini kamu dapat share photo dan video berdurasi singkat, atau menambahkan coretan dan tulisan supaya lebih menarik. Hasil photo dan video yang kamu bagi akan disimpan di bar sisi atas yang berada di penampilan home.

Kamu bisa juga menyaksikan Instagram Story dari beberapa orang yang kamu follow dalam bar itu. Kamu dapat memberikan reaksi, membagikan ulangi, dan memberi balasan.

Instagram Story akan hilang secara automatis setelah 24 jam dari pertama kali diupload. Tetapi feature ini cukup penting untuk kamu yang menjalankan bisnis di Instagram, misalnya untuk menyampaikan suatu promosi produk pada followermu.

Tidak seperti ukuran feed IG foto dan video, yang kamu upload ke IG Story lebih disamakan dengan ukuran layar.

Content di Instagram Story dibuat supaya bisa tampil penuh di layar, seperti Snapchat. Resolusi dan ukuran tidak begitu penting karena sesuaikan rasio layar HP kamu, baik itu 16:9 atau 18:9.

Yang kemungkinan sangat menggangu jika kita menyaksikan upload Instagram Story dari handphone dengan resolusi yang berbeda. Video atau Foto yang kita upload dapat terpotong dan jadi tidak nyaman untuk dilihat.

Ukuran feed Instagram 2021 untuk Story yang paling cocok ialah 1080 x 608 pixel dengan faktor rasio 1,91:1 untuk photo dan video menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixel dengan rasio 9:16.

Daftar Ukuran Posting Feed IG

Agar semakin jelas, secara singkat tutorial ukuran gambar/video feed IG, Kita sudah persiapkan ringkasannya daftar ukuran posting feed ig.

Kamu dapat baca secara lengkap di bawah ini:

  • Photo (square): 1:1, 1080 x 1080 pixel
  • Photo (portrait): 4:5, 1080 x 1350 pixel
  • Photo (landscape): 1.91:1, 1080 x 608 pixel
  • Video (square): 1:1, 1080 x 1080 pixel
  • Video (portrait): 4:5, 1080 x 1350 pixel
  • Video (landscape): 1.91:1, 1080 x 608 pixel
  • IGTV (landscape): 16:9, 1920 x 1080 pixel
  • IG Live: 9:16, 1080 x 1920 pixel
  • IG Story (foto): 1.91:1, 1080 x 608 pixel
  • G Story (video): 19:16, 1080 x 1920 pixel

Cara Membuat Feed IG Supaya Tidak Terpotong

Ingin posting video atau foto di feed Instagram tetapi hasilnya rupanya kurang cocok atau justru terpotong?

Bila dulu kita diharuskan men-download dan menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar mengatur ukuran posting supaya cocok dan tidak terpotong, maka saat ini hal itu sudah tidak perlu kita lakukan.

Karena sekarang ini Instagram telah menyediakan feature resize yang bakal bisa menyesuaikan video atau foto kamu dengan pola khusus untuk ukuran posting Instagram.

Nah, jika kamu belum mengetahui bagaimana caranya, berikut beberapa langkah secara lengkap:

  1. Pencet menu simbol Plus (+) pada bagian tengah bawah aplikasi IG.
  2. Tentukan video atau foto yang bakal diposting.
  3. Pencet menu simbol untuk resize photo/video ke ukuran feed IG yang ada di sudut kiri bawah.
  4. Pencet tombol simbol “Next” untuk berlanjut ke step posting dan koreksi.

Cara Posting Foto dan Video di IG Story

Sama seperti yang telah Kita sebut pada awal, jika Instagram bukan hanya untuk posting video atau foto di feed saja, tetapi juga di IG Story.

Dengan penampilan Instagram yang terus menerus di-update, bahkan juga sampai ke letak beberapa menu ikonnya. Kemungkinan membuat kamu yang baru memulai bermain Instagram bingung dengan cara posting photo/video di IG Story.

Apa lagi di penampilan terbaru saat ini, Instagram menghilangkan simbol IG Story. Agar tidak bingung, berikut Kita beri beberapa langkah langkahnya:

  1. Geser (geser) arah ke kanan di halaman Home Instagram untuk munculkan halaman Instagram Story.
  2. Tentukan model IG Story yang kamu ingin gunakan.
  3. Edit hasil rekaman ambil gambar atau video.
  4. Posting hasil photo/video ke IG Story.

Begitu ulasan mengenai ukuran feed Instagram terkini pada tahun 2021. Kamu dapat menyesuaikan ukuran dan resolusi yang pas supaya penampilan feed Instagram kamu bak selebgram.

4.8 average based on 234 votes (Closed)

Leave a Reply