Ini Dia Tips Memilih Niche Blog yang Harus Kamu Perhatikan

Alfa - Like Follow

Ketika kamu ingin membuat sebuah blog, maka kamu harus menemukan ide niche yang tepat. Niche ini adalah sesuatu yang penting jika kamu ingin blog tersebut menghasilkan uang. Mungkin kamu akan merasa bingung niche apa yang harus dipakai karena jumlahnya banyak sekali. Oleh sebab itu, kamu perlu menyimak berbagai tips memilih niche blog supaya kamu bisa mendapatkan yang paling tepat.

Sekali lagi, niche ini sangat penting kalau kamu ingin agar blog tersebut sukses ya. Tetapi kalau kamu hanya sekedar membuat blog saja tanpa ada embel-embel sukses di belakangnya, kamu bisa abaikan ini. Niche ini sendiri nantinya juga bisa mempengaruhi enjoy tidaknya kamu dalam ngeblog sekaligus bisa jadi bahan pertimbangan nih apakah ketersediaan topiknya banyak atau sebaliknya.

Tips Memilih Niche Blog yang Tepat

tips memilih niche blog, Ini Dia Tips Memilih Niche Blog yang Harus Kamu Perhatikan

Jika kamu enjoy dengan niche yang dipilih, tentu kamu tidak akan malas-malasan untuk membuat konten. Begitu juga jika kamu berhasil menentukan niche yang topiknya banyak, kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk dibahas dalam blog tersebut. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu dalam menemukan niche. Ayo disimak.

1. Pertimbangkan Minat Kamu

Paling pertama nih, pertimbangkan minat kamu. Sebelum kamu merambah ke hal-hal yang lain selalu jadikan minat kamu di posisi nomor satu. Coba deh kamu tanya diri kamu sendiri, topik apa sih yang paling kamu suka. Atau kalaupun kamu tidak terlalu suka, paling tidak kamu menguasai topik tersebut dengan baik.

Contoh saja, kamu tidak begitu bisa dalam memainkan basket. Tapi kamu suka menonton pertandingannya dan mengikuti berbagai berita seputar basket. Di sini kamu memiliki minat terhadap basket dan kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif topik blog. Atau topik makanan, gadget, fashion dan lain-lainnya.

2. Pertimbangkan Produk yang Ada Kaitannya Dengan Blog

Terus, kalau memang blog itu kamu niatkan untuk mendapatkan Adsense, kamu juga harus menimbang nih kira-kira ada tidak sih produk yang dijual dan berpotensi untuk muncul di iklan yang kamu pasang di blog? Ilustrasikan begini, niche teknologi itu laris manis kan ya? Pembacanya banyak dan ada banyak orang juga yang mencari produknya.

Di sisi lain, produk-produk elektronik, software, aplikasi dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan teknologi juga sangat banyak bahkan juga dijual di berbagai belahan dunia. Sekarang coba kamu tengok produk seperti sandal anti selip. Coba kamu bayangkan, perusahaan yang membuat produk ini ada berapa?

Jumlahnya cukup terbatas bukan? Selain jumlah perusahaan yang terbatas, nilai produk juga cenderung rendah. Nah, ini juga harus kamu pikirkan. Soalnya ketersediaan produk akan menentukan tampil tidaknya iklan yang berhubungan dengan niche di blog kamu.

Gampangnya, semakin banyak produk tersebut ditawarkan oleh pasar, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk iklan yang relevan tampil di blog. Terus, relevansi antara konten yang kamu buat dengan iklan akan turut berpengaruh terhadap jumlah serta nilai klik. Semakin relevan keduanya, jumlah serta nilai klik juga akan semakin meningkat.

3. Pikirkan Soal Ketersediaan Ide untuk Tulisan

Kamu tentu ingin agar blog itu bertahan lama bukan? Nah, untuk mencapai hal tersebut, maka kamu memerlukan yang namanya keberlangsungan topik. Makanya, dalam memilih niche, kamu harus pastikan dulu ketersediaan ide tulisan yang berhubungan dengan niche yang akan dipilih.

Cara sederhana untuk mengeceknya ialah dengan membuka Google lalu cari kata kunci yang berhubungan dengan niche. Lihat apakah related search-nya ada atau tidak. Jika tidak, maka kemungkinan besar topik yang kamu cari tadi sifatnya terbatas. Begitu juga sebaliknya, kalau related search-nya banyak, maka kamu punya banyak topik untuk dibahas ke depannya.

Sebenarnya 3 poin di ataslah yang perlu kamu pertimbangkan dengan betul saat memilih niche untuk blog yang memang ditujukan untuk mendapatkan Adsense. Semoga ketiga tips memilih niche blog di atas bisa membantu kamu menemukan inspirasi yang sangat tepat ya, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply