7+ Startup Bidang Pertanian Paling Bisa Diandalkan

Sebagai negara agraris, sebagian besar penduduk Indonesia bekerja dan menggantungkan nasibnya dari sektor pertanian. Bahkan mayoritas penduduk di Indonesia bekerja di bidang pertanian. Maka dari itu, banyak sekali startup pertanian yang bermunculan seiring berkembanganya teknologi informasi di Indonesia.

Startup yang bergerak di bidang pertanian memiliki tujuan untuk menawarkan solusi cerdas kepada petani agar pekerjaan mereka menjadi mudah. Bagi kamu yang bergelut di bidang pertanian, perlu sekali untuk mengetahui startup-startup ini untuk memudahkan pekerjaanmu dan memberikan manfaat yang baik untuk pertanian. Simak informasi penting tentang daftar startup bidang pertanian berikut ini!

Daftar Startup Pertanian di Indonesia

Startup Pertanian, 7+ Startup Bidang Pertanian Paling Bisa Diandalkan

1. Pantau Harga

Startup satu ini memberikan banyak informasi tentang harga-harga dari hasil pertanian. Dengan menggunakan aplikasi Pantau Harga, kamu bisa dengan mudah mengetahui harga pasaran hasil-hasil pertanian setiap harinya. Hal ini sangat menguntungkan bagi petani dan juga bagi pelanggan, karena mereka dapat mengetahui harga jual dan harga beli yang sesuai.

2. Kecipir

Awalnya startup satu ini didirikan dengan nama LOFmart, namun karena dianggap kurang menarik sang pemilik mengganti namanya menjadi Kecipir. Kecipir merupakan salah satu startup yang menyediakan platform jual beli antara petani dan konsumen. Dengan Kepicir kamu bisa menjual hasil panen secara langsung kepada konsumen.

3. iGrow

iGrow juga merupakan salah satu startup yang bergerak di bidang pertanian. iGrow dapat Anda kunjungi setiap saat hanya dengan mendownloadnya saja. Aplikasi ini memberikan pelayanan berupa jasa, yaitu dengan menjadi perantara antara petani, investor, dan konsumen atau pembeli produk hasil pertanian.

Petani juga bisa mendapatkan pinjaman modal dengan aplikasi ini. Cara untuk mendapatkan pinjaman modal dengan iGrow adalah dengan mengikuti setiap langkah yang telah dicantumkan dalam aplikasi. Kamu tidak akan menemukan kesulitan, karena iGrow memberikan kemudahan-kemudahan yang memuaskan.

4. SiKumis

Startup pertanian Indonesia lainnya adalah SiKumis. Startup ini diperuntukkan untuk petani sayur untuk menjual hasil panennya. Tidak hanya petani sayur saja yang dapat menggunakan aplikasi yang disediakan oleh startup ini, peternak pun bisa menggunakannya. Sehingga para peternak di berbagai daerah di Indonesia dapat mendistribusikan hasil panen mereka melalui SiKumis.

5. TaniHub

Hampir sama dengan startup lainnya, TaniHub juga merupakan startup bidang pertanian yang memberikan pelayanan berupa jasa penyedia platform pemasaran produk secara online tanpa agen. Hal ini sangat menguntungkan bagi petani dan juga konsumen, karena mereka tidak perlu melakukan transaksi jual beli bahan pangan hasil pertanian melalui agen yang belum jelas.

6. PanenID

Sebagian besar petani, jika sudah memasuki masa panen akan kebingungan untuk menjual hasil panen mereka. Tetapi kini mereka tidak perlu bingung lagi karena ada PanenID. PanenID merupakan salah satu startup di bidang pertanian yang menjadi perantara antara petani dan konsumen dengan skala besar.

PanenID memberikan platform yang mempermudah akses jual beli hasil panen dalam skala besar.

Konsumen yang dapat kamu temukan di startup satu ini adalah konsumen yang membutuhkan bahan-bahan makanan segar dalam skala besar. Contoh konsumen di PanenID adalah hotel, restoran ternama, dan berbagai tempat jual lainnya. Biasanya hasil pertanian yang sudah terjual akan langsung dikirim ke konsumen sehingga hal ini akan menguntungkan para petani.

7. CI-Agriculture

Kehadiran CI-Agriculture di dunia pertanian sangat membantu bagi seluruh kalangan petani. CI-Agriculture merupakan startup pertanian yang menyediakan layanan yang bermanfaat, yakni memberikan beragam informasi penting tentang pertanian.

Informasi yang bisa kamu dapatkan dengan aplikasi ini sangatlah beragam, mulai dari perkiraan cuaca, rekomendasi benih yang cocok dengan kondisi wilayahmu, jadwal pemupukan, dan berbagai informasi penting lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah bercocok tanam dan penanganannya secara benar.

8. Habibi Garden

Startup yang bergerak di bidang pertanian lainnya adalah Habibi Garden. Habibi Garden dikenal sebagai startup paling canggih dalam urusan teknologi di bidang ini. Bahkan banyak perusahaan besar yang tertarik dengan perusahaan rintisan satu ini, seperti PT. Telkom.

Dengan menggunakan layanan dari Habibi Garden, para petani dapat dengan mudah memantau perkembangan tanaman yang mereka tanam hanya melalui smartphone. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membaca kondisi tanah sebelum penanaman dengan aplikasi ini.

Startup yang telah disebutkan diatas merupakan beberapa perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pertanian yang ada di Indonesia. Selain dapat membantu kinerja para petani, masih banyak sekali manfaat startup bidang pertanian yang dapat kamu rasakan.

Leave a Reply