10 Software Terbaik Untuk Desain Rumah

Dalam merencanakan membangun atau renovasi rumah, tentu saja Kamu wajib untuk memiliki gambaran desain bangunan yang bertujuan sebagai patokan dalam merenovasi atau membangun rumah. Untuk itu, bagi Kamu ingin merancang gambar desain bangunan rumah, maka Kamu dapat menggunakan software desain rumah.

Ya, software tersebut berfungsi untuk membuat rancangan akan gambaran desain rumah yang Kamu inginkan. Sehingga, ketika Kamu memasuki tahap pembangunan rumah, Kamu tidak kebingungan dalam hal desain rumah yang Kamu idamkan. Sebab, menggunakan jasa seorang arsitek ini cukup menguras keuangan Kamu. Jadi, dengan menggunnakan software aplikasi desain rumah ini akan lebih hemat biaya.

Pilihan Software Desain Rumah Terbaru dan Terbaik

software desain rumah, 10 Software Terbaik Untuk Desain Rumah

Memang, pilihan software yang berfungsi untuk membantu Kamu dalam menentukan desain rumah ini sangat banyak macamnya. Sehingga, sebagai seorang pengguna software aplikasi, Kamu harus memilih software seperti apakah yang Kamu butuhkan dalam membuat rancangan desain rumah sesuai dengan keinginan Kamu.

Untuk itu, inilah beberapa pilihan software untuk desain rumah terbaru dan terbaik, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. ArchiCAD

Rekomendasi terkait software aplikasi untuk desain rumah yang pertama adalah software ArchiCAD. Software aplikasi yang satu ini sangat simpel untuk Kamu operasikan dan membantu Kamu dalam menentukan desain rumah impian Kamu. Kelebihan dari software aplikasi yang satu ini adalah dapat menampilkan versi 2 dimensi dan 3 dimensi.

Selain itu, software aplikasi ArchiCAD ini tidak terlalu berat untuk dijalankan, sehingga tidak menyebabkan laptop maupun PC Desktop Kamu ngelag.

  1. Chief Artitech

Software aplikasi untuk desain rumah selanjutnya adalah Chief Artitech . Software aplikasi yang satu ini sekilas mirip dengan ArchiCAD, karena sama-sama dapat menampilkan desain gambar tampilan dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Yang membedakan adalah, pada aplikasi Chief Artitech ini Kamu dapat menambah ukuran rancangan gambar bangunan.

  1. Punch Software

Punch Software merupakan salah satu aplikasi untuk desain rumah ternama di Amerika. Ya, di Negeri Paman Sam, aplikasi ini selalu digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain gambar bangunan. Dengan menggunakan Punch Software ini, maka tampilan desain rumah yang telah Kamu buat akan tampak seperti nyata.

  1. Vectorworks Architecture

Rekomendasi software aplikasi untuk desain rumah selanjutnya adalah Vectorworks Architecture. Apabila Kamu menggunakan software ini untuk mendesain gambar bangunan, maka yang ditampilkannya hanyalah gambar vektor.

Sehingga menghasilkan gambar yang sangat mendetail dan cocok untuk Kamu yang ingin membuat desain rumah menggunakan aplikasi.

  1. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture ini adalah sebuah software aplikasi untuk gambar desain rumah terpopuler, khususnya di Indonesia. Sebab, aplikasi yang satu ini banyak diajarkan di sekolah teknik kejuruan gambar bangunan.

Maka, tak heran bila kini AutoCAD Architecture menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh seseorang untuk membuat desain gambar rumah.

Akan tetapi, software AutoCAD Architecture ini memiliki ukuran file yang cukup besar. Sehingga Kamu harus memiliki spesifikasi laptop ataupun PC Desktop minimal RAM 4GB dan ROM sekitar 500GB. Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh kalangan arsitek yang ingin membuat rancangan desain gambar bangunan secara digital.

  1. Softplan

Untuk Kamu yang ingin mendesain gambar rumah secara mendetail, maka Kamu dapat menggunakan software Softplan. Ya, dengan menggunakan Softplan, maka Kamu dapat membuat gambar rancangan rumah impian Kamu mulai dari jenis atap, luas bangunan, hingga menentukan bagian interior dan juga eksteriornya.

Meskipun Kamu seorang pemula, cara pengoperasian software Softplane ini tidaklah sulit. Kamu hanya cukup memilih model desain rumah yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut.

  1. Revit

Revit merupakan salah satu aplikasi software desain rumah yang kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi, mulai dari windows 7 hingga yang terbaru yakni windows 10. Yang menjadi kelebihan dari aplikasi Revit Architecture ini adalah cara penggunaannya yang simpel serta mampu menampilkan hasil desain secara 2 dimensi maupun 3 dimensi.

  1. Planner 5D

Planner 5D merupakan sebuah software aplikasi untuk membuat desain rumah yang tampak nyata. Ya, software Planner 5D ini menggunakan fitur 5 dimensi, sehingga tampilan dari hasil desain bangunan yang tampak semakin nyata.

Bagi Kamu para desain rumah pemula, Kamu dapat menggunakan aplikasi Planner 5D. Sebab, aplikasi ini dapat membantu Kamu dalam hal pembuatan desain rumah secara mendetail.

  1. Sweet Home 3D

Rekomendasi software aplikasi untuk desain rumah terbaru adalah sweet home 3D. Ya, aplikasi yang satu ini hampir mirip dengan aplikasi Planner 5D. Kedua software tersebut sama-sama mengusung fitur 5 dimensi sehingga hasil gambar desain rumah yang telah Kamu buat akan tampak nyata. Maka, tak heran bila aplikasi Sweet Home 3D ini menjadi salah satu aplikasi untuk mendesain rumah dengan jumlah downloader terbanyak.

  1. Microstation

Rekomendasi terakhir terkait software aplikasi untuk desain gambar rumah adalah Microstation. Ya, software aplikasi Microstation ini cukup banyak digunakan oleh para desainer gambar rumah karena memiliki tampilan yang simpel, mudah dalam penggunaannya, serta tidak terlalu berat ketika dioperasikan.

Dalam proses perencanaan pembangunan ataupun renovasi rumah, tentu saja Kamu harus membuat gambar desain bangunan terlebih dahulu. Tujuannya adalah guna mempermudah Kamu dalam membangun atau merenovasi rumah. Untuk itu, Kamu dapat memilih salah satu dari software aplikasi pembuat gambar desain rumah impian Kamu.

4.5 average based on 220 votes (Closed)

Leave a Comment