Gadget  

10 Rekomendasi Kipas Pendingin HP Terbaik

Avatar photo

Kamu suka main game di HP? Pasti sering dong merasakan HP panas, lemot, atau bahkan mati sendiri saat asyik-asyiknya main game. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi kalau kamu sedang berada di momen krusial atau menegangkan dalam game. Kamu bisa kehilangan kesempatan untuk menang, atau bahkan kehilangan data game yang belum tersimpan.

[neon_countdown_download]

Kipas Pendingin HP, Bikin HP Stabil Main Game
Kipas Pendingin HP, Bikin HP Stabil Main Game

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggunakan kipas pendingin HP. Apa itu kipas pendingin HP? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan kami di bawah ini.

Apa itu Kipas Pendingin HP?

Kipas pendingin HP adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mendinginkan suhu HP saat digunakan. Kipas pendingin HP biasanya berbentuk seperti casing atau klip yang dipasang di bagian belakang HP. Di dalamnya terdapat kipas kecil yang berputar untuk menghasilkan angin yang menyebar ke seluruh permukaan HP.

Kipas pendingin HP biasanya menggunakan baterai sendiri atau sumber daya dari HP melalui kabel USB. Ada juga kipas pendingin HP yang dilengkapi dengan lampu LED, speaker, atau bahkan power bank untuk menambah fungsi dan estetika alat ini.

Bagaimana Cara Kerja Kipas Pendingin HP?

Kipas pendingin HP bekerja dengan cara mengalirkan udara dingin ke permukaan HP yang panas. Udara dingin ini akan menyerap panas dari HP dan mengeluarkannya ke luar. Dengan begitu, suhu HP akan turun dan stabil.

Kipas pendingin HP juga membantu menjaga sirkulasi udara di dalam HP. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih yang bisa merusak komponen-komponen di dalam HP, seperti baterai, prosesor, atau motherboard.

Apa Saja Manfaat Kipas Pendingin HP?

Kipas pendingin HP memiliki banyak manfaat, terutama bagi kamu yang suka main game di HP. Berikut adalah beberapa manfaat kipas pendingin HP yang bisa kamu rasakan:

  • Meningkatkan performa HP. Dengan menggunakan kipas pendingin HP, kamu bisa menjalankan game dengan lancar tanpa mengalami lag, freeze, atau crash. Kipas pendingin HP akan menjaga suhu HP tetap optimal, sehingga prosesor dan RAM bisa bekerja dengan maksimal.
  • Memperpanjang umur baterai. Baterai HP adalah salah satu komponen yang paling sensitif terhadap panas. Jika baterai HP terlalu panas, maka kapasitasnya akan berkurang dan cepat habis. Kipas pendingin HP akan mencegah hal ini terjadi dengan menjaga suhu baterai tetap normal.
  • Melindungi HP dari kerusakan. Panas berlebih bisa menyebabkan kerusakan permanen pada HP, seperti melelehnya plastik, pecahnya layar, atau bahkan terbakarnya HP. Kipas pendingin HP akan melindungi HP dari risiko ini dengan mendinginkan HP secara efektif.
  • Meningkatkan kenyamanan bermain game. Dengan menggunakan kipas pendingin HP, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan HP yang panas, lemot, atau mati sendiri saat main game. Kamu bisa fokus dan menikmati game dengan nyaman dan puas.

Kelebihan Dan Kekurangan Kipas Pendingin HP

Kelebihan Kipas Pendingin HP

Kipas pendingin HP memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu rasakan saat main game di HP. Berikut adalah beberapa kelebihan kipas pendingin HP yang perlu kamu ketahui:

  • Kipas pendingin HP memiliki ukuran yang kecil, ringan, dan mudah dipasang. Kamu bisa menempelkan kipas pendingin HP di belakang HP dengan menggunakan klip, magnet, atau perekat. Kamu juga bisa menghubungkan kipas pendingin HP dengan kabel USB atau baterai sendiri.
  • Kipas pendingin HP memiliki teknologi yang canggih dan efisien. Kipas pendingin HP menggunakan kipas kecil yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan angin yang dingin. Kipas pendingin HP juga menggunakan teknologi peltier, radiator, atau cooling pad untuk menyerap dan mengeluarkan panas dari HP.
  • Kipas pendingin HP memiliki fitur dan fungsi yang menarik. Kipas pendingin HP tidak hanya berfungsi sebagai pendingin, tetapi juga sebagai aksesoris yang menambah gaya dan estetika HP. Kipas pendingin HP biasanya dilengkapi dengan lampu LED, speaker, atau power bank yang bisa kamu gunakan saat main game.

Kekurangan Kipas Pendingin HP

Kipas pendingin HP juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membeli dan menggunakan kipas pendingin HP. Berikut ini adalah beberapa kekurangan kipas pendingin HP yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Kipas pendingin HP bisa membuat HP menjadi lebih berat, besar, dan ribet untuk dibawa dan digunakan. Kamu perlu menempelkan kipas pendingin HP di belakang HP dan menghubungkannya dengan kabel USB atau baterai tambahan. Hal ini bisa mengurangi kenyamanan dan mobilitas kamu saat main game di HP.
  • Kipas pendingin HP bisa menghabiskan daya baterai HP lebih cepat. Jika kamu menggunakan kipas pendingin HP yang menggunakan sumber daya dari HP, maka kamu perlu mengisi ulang baterai HP lebih sering. Jika kamu menggunakan kipas pendingin HP yang menggunakan baterai sendiri, maka kamu perlu menyediakan baterai cadangan atau charger untuk kipas pendingin HP.
  • Kipas pendingin HP bisa menimbulkan suara yang mengganggu. Kipas pendingin HP menggunakan kipas kecil yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan angin. Hal ini bisa menimbulkan suara bising yang bisa mengganggu konsentrasi dan kesenangan kamu saat main game. Kamu perlu memilih kipas pendingin HP yang memiliki kecepatan kipas dan volume suara yang sesuai dengan preferensi kamu.

Cara Menggunakan Kipas Pendingin HP Agar Optimal

Kipas pendingin HP adalah alat yang dapat membantu mendinginkan suhu HP saat main game atau menjalankan aplikasi berat. Namun, agar kipas pendingin HP bisa bekerja dengan optimal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih kipas pendingin HP yang sesuai dengan ukuran dan model HP kamu. Pastikan kipas pendingin HP tidak menghalangi port charger, jack audio, kamera, atau tombol HP kamu. Kamu bisa mencari kipas pendingin HP yang memiliki desain khusus untuk tipe HP tertentu, atau yang bisa disesuaikan dengan berbagai ukuran HP.
  • Bersihkan kipas pendingin HP secara rutin. Debu dan kotoran yang menempel pada kipas pendingin HP bisa mengurangi kinerja dan efisiensi kipas pendingin HP. Kamu bisa menggunakan kuas halus, kain lembut, atau tisu basah untuk membersihkan kipas pendingin HP. Jangan gunakan air atau cairan pembersih yang bisa merusak kipas pendingin HP.
  • Gunakan kipas pendingin HP sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu hanya main game atau menggunakan aplikasi ringan, kamu tidak perlu menggunakan kipas pendingin HP terus-menerus. Kamu bisa mengaktifkan kipas pendingin HP saat HP mulai terasa panas atau saat main game atau menggunakan aplikasi berat. Hal ini bisa menghemat daya baterai kipas pendingin HP dan HP kamu.
  • Download dan gunakan aplikasi pendingin HP. Aplikasi pendingin HP adalah aplikasi yang bisa membantu mengoptimalkan kinerja HP dan mengurangi suhu HP. Aplikasi ini bisa bekerja bersama dengan kipas pendingin HP untuk mendinginkan HP dengan lebih efektif. Aplikasi pendingin HP bisa membersihkan cache, mematikan aplikasi yang tidak digunakan, atau menurunkan kecerahan layar.

Rekomendasi Kipas Pendingin HP

Nah, sekarang pertanyaannya adalah, kipas pendingin HP mana yang paling bagus dan cocok untuk kamu? Tenang, kami punya jawabannya. Kami telah merangkum 10 rekomendasi kipas pendingin HP terbaik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Yuk, simak ulasan kami di bawah ini.

1. Taffware TaffGO Smartphone Cooling Fan H-15

Taffware TaffGO Smartphone Cooling Fan H-15.jpeg
Taffware TaffGO Smartphone Cooling Fan H-15.jpeg

Kipas pendingin HP pertama yang kami rekomendasikan adalah Taffware TaffGO Smartphone Cooling Fan H-15. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang simpel dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa dan dipasang. Kipas pendingin HP ini menggunakan klip untuk menempelkan kipas ke HP. Kamu bisa mengatur posisi kipas sesuai dengan letak sumber panas di HP kamu.

Kipas pendingin HP ini menggunakan baterai lithium 500 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Kipas pendingin HP ini juga memiliki lampu LED yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu HP. Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,5 cm.

Kelebihan:

  • Desain simpel dan ringan
  • Menggunakan klip yang fleksibel
  • Memiliki lampu LED indikator suhu

Kekurangan:

  • Baterai tidak tahan lama
  • Tidak ada fitur tambahan lainnya

Harga: Rp 176.500

2. Anker PowerCore Play Mobile Game 6.000 mAh | A1254

Anker PowerCore Play Mobile Game 6.000 mAh | A1254
Anker PowerCore Play Mobile Game 6.000 mAh | A1254

Kipas pendingin HP selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Anker PowerCore Play Mobile Game 6.000 mAh | A1254. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang unik dan multifungsi. Selain sebagai kipas pendingin, alat ini juga berfungsi sebagai power bank, gamepad, dan stand HP.

Kipas pendingin HP ini memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh yang bisa mengisi daya HP kamu saat main game. Kipas pendingin HP ini juga memiliki dua tombol analog yang bisa kamu gunakan sebagai kontrol game. Kipas pendingin HP ini juga memiliki stand yang bisa kamu lipat untuk menopang HP kamu saat main game.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,3 cm hingga 8,8 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain unik dan multifungsi
  • Memiliki kapasitas baterai besar
  • Memiliki tombol analog dan stand

Kekurangan:

  • Desain cukup besar dan berat
  • Harga cukup mahal

Harga: Rp 285.000

3. Black Shark Fun Cooler 3 Pro

Black Shark Fun Cooler 3 Pro
Black Shark Fun Cooler 3 Pro

Kipas pendingin HP berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Black Shark Fun Cooler 3 Pro. Kipas pendingin HP ini merupakan produk dari Black Shark, salah satu produsen HP gaming terkenal. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang futuristik dan elegan, dengan warna hitam dan lampu RGB.

Kipas pendingin HP ini menggunakan teknologi pendingin peltier, yang bisa menurunkan suhu HP hingga 14 derajat celcius dalam waktu 1 menit. Kipas pendingin HP ini juga memiliki sensor suhu yang bisa menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis. Kipas pendingin HP ini juga memiliki aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol kipas dan lampu.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,7 cm hingga 8,8 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain futuristik dan elegan
  • Menggunakan teknologi pendingin peltier
  • Memiliki sensor suhu dan aplikasi khusus

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal
  • Membutuhkan kabel USB untuk menyala

Harga: Rp 599.000

4. GAMEN Radiator Fan Cooler GMR03

GAMEN Radiator Fan Cooler GMR03
GAMEN Radiator Fan Cooler GMR03

Kipas pendingin HP selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah GAMEN Radiator Fan Cooler GMR03. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang minimalis dan praktis, dengan warna hitam dan abu-abu. Kipas pendingin HP ini menggunakan magnet untuk menempelkan kipas ke HP. Kamu bisa melepas dan memasang kipas dengan mudah dan cepat.

Kipas pendingin HP ini menggunakan baterai lithium 1.000 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Kipas pendingin HP ini juga memiliki lampu LED yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu HP. Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,5 cm.

Kelebihan:

  • Desain minimalis dan praktis
  • Menggunakan magnet yang kuat
  • Memiliki lampu LED indikator suhu

Kekurangan:

  • Baterai tidak tahan lama
  • Tidak ada fitur tambahan lainnya

Harga: Rp 199.000

5. Razer Phone Cooler Chroma

Razer Phone Cooler Chroma
Razer Phone Cooler Chroma

Kipas pendingin HP berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Razer Phone Cooler Chroma. Kipas pendingin HP ini merupakan produk dari Razer, salah satu produsen perangkat gaming terkenal. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang premium dan stylish, dengan warna hitam dan logo Razer yang bercahaya.

Kipas pendingin HP ini menggunakan teknologi pendingin termoelektrik, yang bisa menurunkan suhu HP hingga 6 derajat celcius dalam waktu 15 detik. Kipas pendingin HP ini juga memiliki fitur Razer Chroma RGB, yang bisa menghasilkan efek cahaya yang menarik dan bisa disesuaikan dengan aplikasi Razer. Kipas pendingin HP ini juga memiliki baterai 700 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,2 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain premium dan stylish
  • Menggunakan teknologi pendingin termoelektrik
  • Memiliki fitur Razer Chroma RGB

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal
  • Baterai tidak tahan lama

Harga: Rp 699.000

6. Baseus Gaming Smartphone Cooling Gamepad ACSR-MS01

Baseus Gaming Smartphone Cooling Gamepad ACSR-MS01
Baseus Gaming Smartphone Cooling Gamepad ACSR-MS01

Kipas pendingin HP selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Baseus Gaming Smartphone Cooling Gamepad ACSR-MS01.

Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang ergonomis dan fungsional, dengan warna hitam dan merah. Kipas pendingin HP ini menggunakan klip untuk menempelkan kipas ke HP. Kamu juga bisa mengatur sudut kipas sesuai dengan kenyamanan kamu.

Kipas pendingin HP ini menggunakan baterai lithium 1.200 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Kipas pendingin HP ini juga memiliki dua tombol trigger yang bisa kamu gunakan sebagai kontrol game. Kipas pendingin HP ini juga memiliki speaker yang bisa mengeluarkan suara yang jernih dan keras.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,5 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain ergonomis dan fungsional
  • Memiliki tombol trigger dan speaker
  • Memiliki kapasitas baterai besar

Kekurangan:

  • Desain cukup besar dan berat
  • Tidak ada fitur lampu LED

Harga: Rp 249.000

7. Xiaomi Mi Cooling Back Clip

Xiaomi Mi Cooling Back Clip
Xiaomi Mi Cooling Back Clip

Kipas pendingin HP berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Xiaomi Mi Cooling Back Clip. Kipas pendingin HP ini merupakan produk dari Xiaomi, salah satu produsen HP terkenal. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang minimalis dan elegan, dengan warna putih dan biru.

Kipas pendingin HP ini menggunakan teknologi pendingin semikonduktor, yang bisa menurunkan suhu HP hingga 10 derajat celcius dalam waktu 10 detik. Kipas pendingin HP ini juga memiliki sensor suhu yang bisa menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis. Kipas pendingin HP ini juga memiliki fitur anti slip, yang bisa mencegah kipas terlepas dari HP.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,8 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain minimalis dan elegan
  • Menggunakan teknologi pendingin semikonduktor
  • Memiliki sensor suhu dan fitur anti slip

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal
  • Membutuhkan kabel USB untuk menyala

Harga: Rp 499.000

8. Flydigi Wasp 2 Pro

Flydigi Wasp 2 Pro
Flydigi Wasp 2 Pro

Kipas pendingin HP selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Flydigi Wasp 2 Pro. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang unik dan inovatif, dengan warna hitam dan kuning. Kipas pendingin HP ini tidak hanya berfungsi sebagai kipas pendingin, tetapi juga sebagai gamepad, joystick, dan keyboard.

Kipas pendingin HP ini memiliki fitur Flymapping, yang bisa mengubah sentuhan layar menjadi tombol fisik. Kamu bisa mengatur tombol sesuai dengan game yang kamu mainkan. Kipas pendingin HP ini juga memiliki fitur Flashplay, yang bisa menghubungkan kipas dengan HP tanpa perlu root atau aplikasi tambahan.

Kipas pendingin HP ini menggunakan baterai lithium 300 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Kipas pendingin HP ini juga memiliki lampu LED yang bisa berubah warna sesuai dengan mode yang kamu pilih. Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,3 cm hingga 8,5 cm.

Kelebihan:

  • Desain unik dan inovatif
  • Memiliki fitur Flymapping dan Flashplay
  • Memiliki lampu LED yang bisa berubah warna

Kekurangan:

  • Baterai tidak tahan lama
  • Desain cukup besar dan berat

Harga: Rp 399.000

9. Baseus Gaming Smartphone Cooling Fan ACSR-MS02

Baseus Gaming Smartphone Cooling Fan ACSR-MS02
Baseus Gaming Smartphone Cooling Fan ACSR-MS02

Kipas pendingin HP berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Baseus Gaming Smartphone Cooling Fan ACSR-MS02. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan warna hitam dan abu-abu. Kipas pendingin HP ini menggunakan klip untuk menempelkan kipas ke HP. Kamu juga bisa mengatur sudut kipas sesuai dengan kenyamanan kamu.

Kipas pendingin HP ini menggunakan baterai lithium 1.500 mAh yang bisa diisi ulang dengan kabel USB. Kipas pendingin HP ini juga memiliki lampu LED yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu HP. Kipas pendingin HP ini juga memiliki speaker yang bisa mengeluarkan suara yang jernih dan keras.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,5 cm hingga 8,5 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain simpel dan elegan
  • Memiliki kapasitas baterai besar
  • Memiliki lampu LED dan speaker

Kekurangan:

  • Desain cukup besar dan berat
  • Tidak ada fitur tambahan lainnya

Harga: Rp 299.000

10. Black Shark Fun Cooler 2 Pro

Black Shark Fun Cooler 2 Pro
Black Shark Fun Cooler 2 Pro

Kipas pendingin HP terbaik yang kami rekomendasikan adalah Black Shark Fun Cooler 2 Pro. Kipas pendingin HP ini merupakan produk dari Black Shark, salah satu produsen HP gaming terkenal. Kipas pendingin HP ini memiliki desain yang futuristik dan premium, dengan warna hitam dan lampu RGB.

Kipas pendingin HP ini menggunakan teknologi pendingin peltier, yang bisa menurunkan suhu HP hingga 15 derajat celcius dalam waktu 1 menit. Kipas pendingin HP ini juga memiliki sensor suhu yang bisa menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis. Kipas pendingin HP ini juga memiliki aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol kipas dan lampu.

Kipas pendingin HP ini cocok untuk HP dengan lebar 6,7 cm hingga 8,8 cm. Kipas pendingin HP ini juga kompatibel dengan berbagai jenis HP, baik Android maupun iOS.

Kelebihan:

  • Desain futuristik dan premium
  • Menggunakan teknologi pendingin peltier
  • Memiliki sensor suhu dan aplikasi khusus

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal
  • Membutuhkan kabel USB untuk menyala

Harga: Rp 699.000

Kesimpulan

Kipas pendingin HP adalah alat yang sangat berguna bagi kamu yang suka main game di HP. Kipas pendingin HP bisa mendinginkan suhu HP, meningkatkan performa HP, memperpanjang umur baterai, melindungi HP dari kerusakan, dan meningkatkan kenyamanan bermain game. Dengan kipas pendingin HP, kamu bisa main game dengan stabil dan maksimal.

Nah, itu dia 10 rekomendasi kipas pendingin HP terbaik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih. 😊

[neon_download_link]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *