Inilah 5 Persiapan Membangun Web Toko Online yang Sukses

Alfa - Like Follow

Saat kamu ingin membuka toko di depan rumah atau di manapun, kamu tentu sadar bahwa ada banyak hal yang harus disiapkan bukan? Sama halnya ketika kamu ingin membuka toko online, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan juga. Nah, persiapan membangun web toko online yang sukses ini harus kamu pahami dengan baik demi kelancaran bisnis yang akan kamu jalani.

Web toko online ini sendiri bisa diibaratkan seperti etalase yang biasa digunakan untuk memajang produk. Jadi, di web inilah nanti kamu bisa memamerkan foto-foto produk yang akan dijual sehingga target pasar bisa tahu kamu menyediakan produk yang mereka butuhkan atau tidak.

Persiapan Membangun Toko Online yang Sukses

persiapan membangun web toko online yang sukses, Inilah 5 Persiapan Membangun Web Toko Online yang Sukses

Persiapan dalam membangun toko online ini tidak sebanyak yang kamu pikirkan kok. Karena kurang lebih hanya ada 5 poin, yakni sebagai berikut.

1. Konten

Ada cukup banyak orang yang melupakan konten ketika tengah mempersiapkan toko online. Tapi, kamu jangan menirunya ya. Pasalnya, toko online tanpa konten yang pas akan membawa dampak buruk dalam jangka panjang. Konten ini sendiri mencakup banyak hal seperti konten artikel, konten media sosial ketika web mulai diluncurkan, konten untuk profil dan juga banner.

Konten lainnya yaitu poster produk, video promosi, deskripsi produk dan foto produk yang baik juga harus kamu pikirkan. Kamu bisa mempersiapkan konten-konten tersebut sambil menunggu web siap untuk digunakan. Begitu web siap dipakai, kamu tinggal upload konten-konten tersebut. Ingat, upload konten juga harus berkala dan terstruktur dengan baik ya.

2. Domain

Domain ini bisa dikatakan sebagai nama toko kamu yang berfungsi sebagai identitas bisnis. Dengan domain ini pula, konsumen yang kamu targetkan akan lebih mudah mengenali toko kamu sekaligus menjadi brand atas produk-produk yang kamu tawarkan ke mereka.

Jadi jelas bahwa domain adalah sesuatu yang harus ada dan tidak bisa disepelekan bukan? Nah, karena domain ini mempunyai fungsi yang sangat penting, maka kamu perlu membuat domain yang unik agar mudah diingat. Perhatikan pula ekstensinya nanti ya.

3. Hosting

Jika domain adalah nama toko kamu, maka hosting bisa dianggap sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan barang-barang yang kamu jual. Dengan kata lain, domain ini merupakan tempat untuk menampung foto tampilan produk, deskripsinya, video, desain serta seluruh file yang ada dalam toko online milikmu.

Hosting mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang dalam hitungan megabiyte dan ada pula yang ratusan gigabyte. Selain kapasitas, jenis hosting juga macam-macam, ada dedicated, VPS dan juga shared.

Jenis dedicated, hosting hanya akan dipakai untuk kamu sendiri. Kalau shared, ini adalah hosting yang dipakai bersama-sama. Sementara VPS ini adalah titik tengah antara dedicated dan hosting. Diantara ketiganya manakah yang lebih baik? Ini tergantung kebutuhan kamu saja. Tapi sebelum memutuskan pikirkan dengan baik dulu ya.

4. CMS

CMS adalah panel tatap muka yang akan menjadi ruang bagi kamu untuk mengelola toko. Apakah ini harus ada? Jawabannya tentu saja iya. Karena tanpa CMS, hosting dan domain tidak bisa berjalan. Nah, CMS ini juga ada dalam berbagai pilihan mulai dari gratis sampai premium.

5. Template

Terakhir adalah template. Menentukan template ini cukup menyita waktu. Meskipun demikian template jangan dianggap remeh. Pasalnya, template inilah yang nantinya akan menjadi penentu cantik tidaknya toko online kamu itu.

Kamu tentu tahu dong kalau template yang rapi dan cantik akan lebih menarik minat calon pembeli karena memberikan kesan yang profesional. Tetapi jangan lantas kamu menggunakan template yang unik dan terlalu rumit ya walaupun template yang seperti itu tampak lebih keren. Cukup gunakan template yang mudah diakses, rapi serta menonjolkan produk yang kamu jual saja.

Oke, itu saja persiapan membangun web toko online yang sukses. Tidak rumit kan ya? Lagipula semuanya tidak harus kamu kerjakan sendiri kok. Kamu bisa menyerahkan urusan ini pada orang-orang yang sudah ahli supaya lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply