Ketahui 7 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD sebelum Membeli

Alfa - Like Follow

Intel dan AMD adalah dua pemain paling besar dalam persaingan prosesor. Bisa dibilang di pasar PC atau laptop sekarang ini Intel dan AMD hampir berbagi sama rata untuk semua komputer yang ada di dunia. Karena ketenaran ini, banyak yang bingung ketika mau memilih prosesor. Apakah AMD atau Intel? Anda harus mengetahui perbedaan prosesor Intel dan AMD terlebih dulu sebelum membeli.

7 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Perbedaan prosesor Intel dan AMD, Ketahui 7 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD sebelum Membeli

1. Kekuatan Brand

Ketahui perbedaan Intel dan AMD dari kekuatan brand mereka terlebih dahulu. Poin ini penting, karena kekuatan brand menandakan minat pasar. Jika Anda tahu minat pasar lebih condong ke arah mana, Anda akan tahu mana yang setidaknya lebih baik menurut banyak orang.

Sampai sejauh ini Intel jauh lebih dikenal dari pada AMD. Mungkin karena Intel muncul lebih dulu dan berhasil “memelihara” pasarnya dengan baik. Sementara AMD muncul kemudian dan “mengambil” pasar Intel.

2. Kecepatan Prosesor

Jika Anda melakukan uji coba kekuatan prosesor di beberapa website perbandingan, Anda akan menemukan Intel lebih sering unggul dari pada AMD. Dari hampir semua generasi prosesor Intel, AMD selalu ada di bawah Intel.

3. Kemampuan Grafis untuk Gaming

Siapa yang lebih baik untuk gaming? Jawabannya mengejutkan, justru bukan Intel yang lebih baik, tetapi AMD. AMD berhasil mempertahankan tampilan grafis lebih baik dari pada Intel. Sehingga jika Anda mencari prosesor yang bisa mempertahankan tampilan grafis game tetap menarik, AMD yang harus Anda pilih.

4. Menangani Virus

Kemampuan menangani virus jadi salah satu poin penting. Percuma jika kuat tetapi tidak mampu menangani virus yang menyerang. Untuk kekuatan menangani virus, AMD yang memiliki teknologi terbaru bisa mendeteksi virus lebih baik dari pada Intel.

AMD mampu menemukan virus bahkan sebelum virus itu menyerang laptop Anda. Sedangkan Intel tidak secepat itu. Jadi hati-hati terkena virus jika menggunakan Intel. Jika Anda memilih menggunakan AMD, tak perlu khawatir. Belum sempat menyerang, virusnya sudah mati terlebih dahulu.

5. Siapa yang Paling Cepat Panas?

Dari dua brand ini, produk yang paling cepat panas adalah AMD. Intel memiliki teknologi yang mampu meminimalisasai kerja prosesor ketika sudah mulai panas. Sementara AMD tidak memiliki teknologi itu, sehingga akan membuat prosesornya menjadi lebih mudah panas.

Ingat, prosesor yang lebih gampang panas akan menghambat kerja Anda. Pada taraf berikutnya, prosesor yang terlalu panas bisa merusak prosesor itu sendiri bahkan merusak komponen komputer yang lain.

6. Gambar Siapa yang Lebih Tajam?

Memang, AMD memiliki grafis gaming yang lebih tajam dari pada Intel, tetapi itu hanya dalam hal gaming saja. Sementara pada multimedia Intel jauh lebih baik. Intel bisa menunjukkan gambar yang tajam dan jernih. Agak aneh memang, bisa membuat grafis game baik, tetapi tidak dengan multimedia.

7. Harga

Poin ini lah yang paling penting. Memang secara keseluruhan Intel yang menang, tetapi bagaimana dari segi harga? Jika dari segi harga tentu Intel juga yang menang. Artinya Intel lebih mahal dari pada AMD. Bahkan pada beberapa produk Intel perbandingan harganya bisa dikatakan cukup tinggi dari AMD.

Perbedaan prosesor Intel dan AMD ini penting sekali untuk Anda ketahui. Setelah tahu, Anda bisa memutuskan, apakah akan membeli Intel yang mahal tetapi jelas menang dalam banyak hal atau cukup membeli AMD saja meski beberapa sisi kurang unggul dari pada Intel. Pilihan kembali pada kebutuhan dan ketersediaan dana dari Anda sendiri.

Next PostRead more articles

Leave a Reply