Perbedaan Hosting, VPS, Dedicated Server yang Wajib Anda Ketahui!

Alfa - Like Follow

Mungkin di antara Anda masih ada yang rancu dengan istilah hosting, VPS, dan dedicated server. Ketiga istilah itu memang berbeda. Tapi apa perbedaan hosting, VPS, dedicated server? Sebelum sampai pada perbedaannya, Anda perlu tahu pengertian dari masing-masing istilah ini terlebih dahulu. 

Pengertian Hosting

perbedaan hosting vps dedicated server, Perbedaan Hosting, VPS, Dedicated Server yang Wajib Anda Ketahui!

Hosting adalah sebuah layanan yang berguna untuk menyimpan data dari sebuah website. Jika bisa dianalogikan, hosting ini seperti sebuah mall besar atau pasar. Sementara website adalah toko-toko kecil dalam pasar itu.

Di dalam pasar, ketika Anda berjualan tentu membutuhkan tempat untuk menyimpan barang dan menunjukkan barang pada para pengunjung pasar kan? Nah, disitulah gunanya hosting. Hosting mampu menyimpan “barang-barang” Anda sebelum nanti para pengunjung datang, mereka bisa melihat toko Anda atau website Anda penuh dengan barang jualan.

Pengertian VPS

VPS sendiri artinya adalah Virtual Private Server. VPS adalah mesin virtual yang dipakai sebagai tempat dari sebuah website. VPS memiliki source yang jauh lebih besar dari pada shared hosting. Jadi VPS bisa dan direkomendasikan untuk dipakai oleh para pemilik website yang pengunjungnya sudah menyentuh puluhan ribu setiap hari.

Pengertian Dedicated Server

Server yang disewa hanya untuk satu user tanpa dibagi ke user yang lain adalah pengertian dedicated server. Artinya hanya ada 1 website yang menggunakan server ini. Biasanya dedicated server dipakai oleh website-website yang memiliki trafik sangat tinggi. Ketika website menggunakan Dedicated server, maka akan mencegah website mereka down saat dikunjungi terlalu banyak orang.

Biasanya, ketika trafik website Anda melonjak tinggi, dibutuhkan kemampuan server yang baik dan stabil untuk bisa terus melayani datangnya pengunjung yang banyak. Dedicated server mampu melakukan hal tersebut.

Dalam dedicated server, Anda sebagai pemilik server tersebut berkuasa penuh terhadap server. Anda bisa memilih sistem operasi yang Anda mau, hardware yang Anda butuhkan, dan lain sebagainya. Beberapa penyedia dedicated server menyediakan fasilitas pemasangan hardware dan pemeliharaan.

Perbedaan Hosting, VPS, dan Dedicated Server

Lalu apa perbedaan hosting, VPS, dedicated server? Mungkin ketika Anda tahu pengertian ketiganya, agak aneh membahas perbedaan hosting dengan VPS dan dedicated server. Karena sudah jelas bahwa VPS dan dedicated server adalah salah satu jenis hosting.

Sementara Hosting, berdiri sendiri sebagai tempat untuk menyimpan data dari sebuah website. VPS juga tempat menyimpan data, bagian dari hosting. Hanya saja kemampuannya lebih baik dari shared hosting. Sekedar informasi, shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah dan paling rendah.

Dedicated server juga merupakan salah satu jenis hosting. Dedicated server merupakan tempat menyimpan data dari sebuah website. Jika dianalogikan ketiganya, mungkin seperti ini; Hosting adalah sebuah pasar besar. Jika kita bicara shared hosting, maka kita bicara pasar besar yang diisi banyak pedagang. Pedagang-pedagang itu adalah website.

Sementara VPS adalah toko yang berdiri sendiri. Dia adalah bangunan sendiri yang bukan berada di sebuah pasar. VPS seperti toko yang ada di rumah atau toko yang berdiri sebagai bangunan sendiri hanya saja ukurannya tidak sangat besar.

Lalu dedicated server adalah toko yang lebih besar. Ia seperti supermarket. Anda sudah memiliki bangunan sendiri, tempat parkir sendiri, pegawai sendiri, dan hal-hal yang mendukung lainnya. Hal-hal yang mendukung ini adalah software dan hardware dari hosting Anda.

Anda bisa memilih karyawan Anda sendiri, namun tidak bisa memilih karyawan sendiri pada shared hosting. Selain itu kapasitas pengunjung yang bisa masuk ke website Anda juga jadi lebih besar.

Jadi perbedaan hosting, VPS, dedicated server adalah soal kemampuan menerima pengunjung website. Selain itu VPS dan dedicated server adalah bagian dari hosting.

Leave a Reply