6 Hal Mengapa HP Samsung Tiba-Tiba Mati

Alfa - Like Follow

Ketika ponsel yang  digunakan mendadak mati, pasti kita akan merasa was-was dan khawatir tentang apa yang terjadi pada smartphone kita. Berbagai merek HP pernah berada dalam kondisi seperti ini, tak terkecuali Samsung. Apakah kamu salah satu yang pernah mengalaminya? Jika iya, ketahuilah beberapa penyebab HP Samsung tiba-tiba mati tersebut.

Selain khawatir, seringkali juga kita dibuat kesal, karena ketika HP sedang digunakan untuk hal yang penting, ia lalu mati secara tiba-tiba. Untuk menghindari kejadian serupa, ada baiknya kita untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu agar dapat dicari solusi terbaiknya.

6 Hal Mengapa HP Samsung Tiba-Tiba Mati

penyebab HP Samsung tiba-tiba mati, 6 Hal Mengapa HP Samsung Tiba-Tiba Mati

Apa yang menjadi penyebab smartphone mu mati secara mendadak? Berikut penjelasannya.

Terlalu Panas

Ketika HP digunakan secara terus menerus, ia akan cepat menjadi panas. Nah, keadaan panas itulah yang bisa menjadi penyebab HP Samsung tiba-tiba mati. Jika keadaan panas berlangsung terus menerus, bukan tak mungkin keadaannya akan semakin parah, yang bisa menyebabkan overheat.

Selain overheat, HP juga bisa mengalami konsleting atau bisa terbakar, lho. Oleh karenanya, penggunaan ponsel harus tetap diperhatikan. Jangan digunakan untuk hal-hal yang ‘berat’ dalam waktu yang terlalu lama.

Disebabkan oleh Virus

Ketika ponsel kita mendadak mati, lalu dibawa ke service centre, biasanya akan dijelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh virus. Virus yang merugikan ini bisa masuk ke HP melalui aplikasi atau berbagai hal yang kita unduh.

Parahnya, virus tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada sistem smartphone tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu berhati-hati saat mengunduh berbagai data atau menginstall berbagai aplikasi di ponselmu. Tak ada salahnya juga untuk memasang aplikasi antivirus untuk mencegah terjadinya hal ini.

Software Bermasalah

Adanya masalah pada software di smartphone kamu bisa menjadi salah satu penyebab HP mendadak mati.  Salah satu contohnya adalah, ketika kita melakukan pembaharuan pada sistem, namun prosesnya belum selesai atau belum sempurna. Salah satu cirinya adalah biasanya muncul force close sehingga menyebabkan sistem berhenti bekerja.

Cache yang Menumpuk

Cache adalah data yang tersimpan pada memori ponsel, ketika kita menjalankan aplikasi tertentu. Maka, setiap aplikasi yang mempunyai cache dan tentu saja membutuhkan ruang penyimpanan.

Hal tersebut bisa menyebabkan HP berada dalam kondisi yang ‘berat’, karena penyimpanannya yang terlalu penuh. Sebaiknya, kamu rutin membersihkan cache tersebut. Agar menghindari berbagai resiko buruk yang terjadi pada ponselmu.

Ruang Penyimpanan yang Habis

Penyimpanan pada memori internal HP akan berpengaruh pada kinerja perangkat tersebut.  Pasti kita pernah merasa hp lambat digunakan atau istilahnya ‘lemot’. Itu bisa terjadi akibat ruang penyimpanan internal yang hampir habis.

Selain lambat, keadaan ini juga bisa menjadi penyebab HP Samsung tiba-tiba mati. Untuk itu, banyak orang yang memilih menambahkan ruang penyimpanan atau memori eksternal pada smartphonenya.

Kesalahan saat Root

Perangkat Android bisa kita root. Yaitu proses membuka sistem pada perangkat tersebut sehingga kita bisa sepenuhnya mengakses dan mengelola perangkat tersebut. Namun, hal yang dilakukan ini bisa menimbulkan banyak resiko. Salah satunya adalah menyebabkan HP mati secara tiba-tiba.

Kesalahan saat rooting tersebut bisa menjadi faktor keadaan hp mati total. Selain itu, ketika melakukan root ini, maka secara otomatis garansi ponsel kita akan hangus.

HP mati secara tiba-tiba bukanlah sebuah hal yang menyenangkan. Untuk itu, perlu adanya perawatan dan ketelatenan dalam menggunakan smartphone tersebut. Karena penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan sesuatu yang fatal terjadi.

Leave a Reply