Video Conference Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Alfa - Like Follow

Satu lagi teknologi super modern untuk berkomunikasi dua arah yang harus kamu ketahui. Artikel ini akan membahas tentang video conference. Tahukah kamu pengertian video conference atau konferensi video? Apa sajakah kekurangan dan kelebihannya? Kamu akan segera mengetahui jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian Video Conference Secara Umum

pengertian video conference, Video Conference Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Secara sederhana dan umum, video conference atau konferensi video adalah seperangkat alat teknologi yang memungkinkan antara kamu dan teman kamu bertatap muka melalui media video. Dengan teknologi semacam ini, maka akan memungkinkan kamu untuk berdiskusi tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Jumlah orang yang melakukan interaksi ini tidak hanya terbatas dua, tetapi juga bisa lebih. Yang harus Kamu ingat adalah, untuk bisa bervideo conference maka membutuhkan penyedia fasilitas videonya. Penyedia fasilitas video conference yang umum diketahui adalah Webex.com dan juga Hangout.

Pengertian Video Conference Menurut Ahli

Para ahli juga mencoba menyumbangkan berbagai ide pikirannya tentang video conference. Dengan perumusannya terkait pengertian tersebut, akhirnya membawa kamu pada pemahaman yang lebih. Pendapat ahli tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Rosch pada tahun 1996, video conference adalah teknologi yang merupakan kombinasi antara komputer dan video.
  2. Sedangkan Wijasena mengatakan, ini merupakan seperangkat teknologi yang interaktif. Teknologi ini kemudian memungkinkan dua pihak atau lebih meskipun dari lokasi yang tidak sama untuk dapat berinteraksi melalui video. Interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, baik audio maupun videonya.

Dari dua pengertian ahli di atas, maka dapat disimpulkan dengan ringkas bahwa video conference adalah teknologi video dua arah yang interaktif. Dengan begini, kamu dapat melakukan konferensi atau diskusi meskipun berada di lokasi yang tidak sama.

Kelebihan Video Conference yang Harus Kamu Ketahui

Ada banyak kelebihan mengapa teknologi yang satu ini sering dipertimbangkan untuk digunakan berbagai kepentingan. Kelebihan dari konferensi video ini antara lain sebagai berikut.

  1. Menghemat Biaya dan Waktu

Ketika menggunakan video conference untuk rapat misalnya, maka tiap peserta tidak harus menuju ke tempat satu titik yang sama. Ini tentu akan sangat efisien dari segi waktu dan juga biaya. Tidak perlu ada waktu hilang yang dikorbankan untuk berangkat dan juga tidak ada biaya yang dihabiskan untuk akomodasi menuju tempat rapat.

  1. Sebagai Pengganti Rapat atau Konferensi yang Tidak Bisa Dilakukan

Terkadang memang dibutuhkan rapat secara langsung, tetapi keadaan tidak selalu mendukung. Misalnya, saat terjadi persebaran virus yang memaksa orang-orang harus melakukan social distancing, maka menggunakan video conference adalah pilihan yang tepat untuk melakukan kegiatan rapat atau diskusi.

  1. Dapat Mengetahui Ekspresi dan Mimik Wajah Secara Real

Jika dibandingkan dengan rapat biasa melalui text, tentunya video conference mampu memberikan hal yang satu ini. Dikarenakan teknologi ini menampilkan video, maka kamu bisa melihat ekspresi orang yang sedang berhadapan denganmu sehingga kamu bisa melihat dengan jelas apa maksud yang disampaikan.

Kekurangan Video Conference

Meskipun memiliki kelebihan yang sedemikian rupa, video conference bukannya tanpa kekurangan. Masih ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, yang antara lain sebagai berikut.

  1. Sangat Bergantung dengan Jaringan Internet

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet merupakan nyawa dari video conference. Tanpa adanya internet, maka video conference tidak akan terhubung antara satu dan lainnya. Tetapi, internet sendiri adalah sesuatu yang sifatnya bisa saja tidak pasti. Ada saatnya internet satu mengalami gangguan jaringan yang mana artinya akan menghambat proses video conference itu sendiri.

  1. Tidak Dapat Menggantikan Konferensi Secara Langsung

Meskipun sangat canggih, tetapi sebenarnya tidak dapat menggantikan conference yang secara langsung. Artinya, teknologi ini ada hanya untuk keadaan tertentu saja. Conference secara langsung tetap menjadi pilihan yang utama karena keberadaan fisik dan waktu pada satu tempat dan kondisi akan memberikan banyak sekali keuntungan dalam rapat dan juga berbagai diskusi. Video conference dalam keberadaanya faktanya menguntungkan banyak pihak. Pihak yang banyak menggunakan ini misalnya adalah organisasi, perusahaan, pemerintahan, dan pendidikan. Meskipun demikian, video conference umumnya digunakan untuk keadaan yang cukup mendesak saja dan bukannya menjadi hal yang sangat utama.

4.3 average based on 60 votes (Closed)

Leave a Reply