Pengertian UI dan UX ini Perlu Anda Ketahui!

Alfa - Like Follow

Anda asing dengan istilah UI dan UX? Memang istilah ini sebenarnya sudah ada dari 1945, tetapi di Indonesia usia istilah ini baru hadir sekitar 10 tahun. Di Indonesia sendiri beberapa orang mengenal istilah ini setelah banyak startup berdiri. Pengertian UI dan UX perlu Anda ketahui untuk setidaknya mengikuti perkembangan zaman.

Pengertian UI dan UX

pengertian ui dan ux, Pengertian UI dan UX ini Perlu Anda Ketahui!

Pengertian UI

Apa itu UI? UI itu singkatan dari User Interface. UI ini adalah istilah yang dipakai dalam dunia desain industri yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer.

User Interface ini sebenarnya merupakan ruang interaksi antara manusia dan mesin. User Interface secara sederhana adalah “wajah” luar mesin yang manusia lihat sekarang ini, seperti komputer. Jika tidak ada UI, maka yang kita lihat adalah kode-kode yang membingungkan. Seperti bahasa Alien.

User Interface ini membuat kode-kode yang membingungkan itu jadi berbentuk dan lebih akrab untuk mata dan logika manusia. Sehingga manusia bisa lebih mudah menggunakan mesin tersebut. Entah apapun mesinnya.

Di dunia digital, orang yang bekerja mengurusi User Interface disebut UI Designer. Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UI Designer adalah pemrograman dan yang berhubungan dengan coding. Karena salah satu tujuan UI adalah mengubah kode-kode yang rumit ke penampilan yang lebih enak dilihat dan dipakai.

Pengertian UX

Sementara UX adalah User Experience. UX ini adalah emosi dan sikap seseorang ketika ia menggunakan produk, sistem, mesin, atau layanan tertentu. UX ini mencakup banyak aspek, misalnya afektif, pengalaman, makna, guna, dan beberapa aspek lain dari hasil interaksi manusia dengan produk yang digunakan.

Jika UI adalah adalah ruang antara pengguna dan barang yang digunakan, UX adalah perasaan pengguna ketika memakai alat atau produk tersebut. UX lebih sulit karena pengalaman para pengguna lebih bervariasi dan dinamis. Jadi, seorang UX Designer harus selalu melakukan inovasi dan memahami pertumbuhan “pengalaman” dan “perasaan” pengguna produknya.

Pekerja UX diberi nama UX Designer. Kalau UI mengubah kode yang membingungkan menjadi jelas dan terlihat, UX membuat website memiliki susunan yang lebih teratur dan membuat pengguna ketika mengunjungi website atau menggunakan sebuah produk merasa nyaman dengan produk atau website tersebut. 

Itulah pengertian UI dan UX yang Anda perlu tahu. Kegunaannya memang sudah disebutkan sedikit, tetapi apa saja kegunaan UI dan UX yang lain?

Penggunaan UI dan UX

UI dan UX di Indonesia ini sering disatukan sebagai suatu pekerjaan yang sama. Padahal keduanya adalah dua pekerjaan dengan ruang yang berbeda. Tapi kedua pekerjaan ini benar-benar saling membutuhkan satu sama lain.

  1. Tujuan Pekerjaan

Pertama kita bedakan UI dan UX dari tujuan pekerjaannya. Perlu dipahami sekali lagi jika UI itu fokus kerjanya adalah keindahan tampilan. Kembali pada apa yang sudah dikatakan di atas, UI harus bisa mengubah kode-kode “alien” itu ke bentuk yang lebih akrab dan indah untuk para pengguna website atau alat apapun.

Sementara UX fokus pekerjaannya adalah mengatasi persoalan yang terjadi antara user dan produk yang dipakai. Misalnya, user merasa kesulitan login di sebuah website karena tombol loginnya di bawah dan harus scroll terlebih dahulu, tugas UX Designer untuk mengetahui hal itu dan mengubah tata letak kolom login.

  1. Fungsi Pekerjaan

User Interface tujuan utamanya adalah membuat website atau produk apapun lebih indah dan menarik. Sementara UX adalah meningkatkan kepuasan user atau pengguna produk tersebut.

Mungkin UI dan UX memang lebih akrab di dunia digital. Tapi jika Anda tahu betul apa kegunaan dua jenis pekerjaan ini, maka pekerjaan apapun sebenarnya membutuhkan UI dan UX. Tahu pengertian UI dan UX ibaratnya seperti mengetahui bahwa bahkan untuk menciptakan sebuah korek api, UI dan UX tetap dibutuhkan.

Next PostRead more articles

Leave a Reply