Definisi dan Manfaat dari Fintech

Perusahaan fintech di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Seiring berjalannya waktu jumlah perusahaan ini tergolong cukup banyak. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui apa pengertian fintech yang sebenarnya. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang belum mengetahuinya?

Jika benar, kamu wajib menyimak informasi yang akan dibahas di bawah ini. Berikut  beberapa informasi singkat terkait arti fintech dan juga manfaatnya. Langsung saja sweep up dan baca dengan seksama.

Pengertian Fintech

, Definisi dan Manfaat dari Fintech

Jika diteliti secara mendetail, belum ada definisi baku tentang fintech. Akan tetapi, terdapat satu pengertian yang dicetuskan oleh NDRC (National Digital Research Centre) bahwa fintech merupakan sebuah istilah dalam dunia finansial. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan inovasi baru yang diciptakan dengan tujuan memaksimalkan pelayanan di bidang jasa keuangan.

Fintech juga bisa berarti inovasi baru di bidang jasa finansial yang dikemas dengan teknologi modern yang serba canggih. Sedangkan tujuan dari inovasi baru ini adalah memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah berbagai aspek pelayanan keuangan agar lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya inovasi baru ini berbagai macam pelayanan mulai dari metode pembayaran, pengiriman dana, pengumpulan dana, pinjaman, serta pengelolaan berbagai macam aset dapat dilakukan dengan waktu yang singkat. Sehingga pendiri fintech dapat menghemat waktu tanpa harus melewatkan satu pun pelayanan.

Jenis-jenis Fintech

1. P2P Lending

Jenis pertama adalah jenis paling populer di kalangan fintech yaitu P2P Lending. Fintech jenis ini juga biasa disebut dengan Peer to Peer Lending. Jenis Fintech ini adalah inovasi terbaru yang memberikan ruang kepada peminjam dan investor untuk saling mengetahui satu sama lain, sebelum melakukan transaksi.

Dengan kata lain P2P Lending adalah perantara untuk para peminjam dan investor. Menggunakan sistem ini risiko untuk tertipu sangatlah minim. Hal tersebut karena investor dapat memilih sendiri peminjam yang akan diberi investasi berupa pinjaman modal.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman di sistem P2P Lending ini, kamu harus memenuhi segala persyaratan yang diajukan. Setelah itu, kamu harus menunggu pengajuan disetujui oleh pihak fintech. Pihak fintech akan memberikan pemberitaan tentang persetujuan, sekaligus bunga yang akan kamu tanggung selama meminjam dana di P2P Lending.

2. Manajemen Risiko dan Investasi

Jenis kedua adalah manajemen risiko dan investasi. Jenis ini bertujuan untuk membantu mengatur sejumlah pemasukkan dan pengeluaran. Dengan fintech jenis ini kamu bisa memantau kondisi keuangan perusahaanmu sekaligus melakukan perencanaan keuangan dengan lebih mudah dan praktis tanpa harus melalui proses yang rumit atau pun berbelit-belit.

3. Market Aggregator

Jenis yang terakhir adalah jenis yang bergerak untuk mengumpulkan informasi terkait finansial. Informasi yang bisa kamu dapatkan dari jenis fintech ini sangat beragam, mulai dari tips keuangan, tips investasi dan cara menghindari risikonya, hingga permasalahan terkait kartu kredit.

Manfaat Fintech

1. Membantu Perusahaan Startup

Fintech dapat memberikan bantuan kepada perusahaan startup berupa pinjaman modal untuk mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut karena pada umumnya fintech merupakan perusahaan yang menjembatani antara investor dan peminjam yang membutuhkan pinjaman modal.

2. Meningkatkan Taraf Hidup

Selain dapat membantu perusahaan startup, fintech juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan meningkatkan daya beli mereka. Contohnya, fintech dapat membuat inovasi baru. Salah satu caranya dengan meluncurkan merchant yang menerima sistem pembayaran dengan berbagai macam kartu dan biaya yang terjangkau.

3. Merangsang Perkembangan Bitcoin

Dampak terbaik yang diberikan oleh fintech adalah dapat merangsang perkembangan bitcoin. Sehingga jika fintech semakin berkembang, maka bitcoin juga akan berkembang. Hal itu karena pengguna bitcoin dapat menggunakan fasilitas yang diberikan fintech, walaupun mereka tidak memiliki akun bank. Sehingga transaksi mereka masih bisa berjalan dengan lancar.

4. Mengurangi Jumlah Pinjaman yang Berbunga Besar

Hadirnya fintech di dunia finansial ini, akan membuat banyak masyarakat yang terbantu karena sebagian besar fintech tidak meminta bunga dalam skala besar. Maka dari itu, adanya fintech dapat mengurangi jumlah pinjaman dengan bunga besar dan dapat membebaskan masyarakat dari jeratan bunga yang tinggi dalam setiap pinjamannya.

Dari informasi di atas sudahkan kamu mengetahui pengertian fintech? Ternyata fintech memiliki manfaat yang menguntungkan untuk berbagai kalangan. Perusahaan fintech dapat memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk melakukan usaha dan merintisnya sendiri. Sehingga dengan fintech perekonomian banyak orang akan terbantu.

Leave a Reply