Pengertian E-Commerce dan Beberapa Contohnya

Pernahkah kamu mendengar istilah e-commerce? Tahukah kamu apakah pengertian e-commerce? Secara singkat, e-commerce adalah kependekan dari electronic commerce atau dalam bahasa Indonesianya adalah perdagangan elektronik. Pada zaman yang serba teknologi ini, keberadaan e-commerce sudah tidak bisa dipisahkan lagi.

Banyak di antara kamu yang merasakan manfaat dari e-commerce sendiri. Maka dari itu, penting untuk kamu memahami tentang istilah yang satu ini. Pada artikel berikut ini, akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, contoh, dan manfaat dari e-commerce itu sendiri.

Pengertian E-commerce

pengertian ecommerce

Menilik dari kata yang membuat “E-commerce” E adalah kependekan dari electronic dan jika diartikan secara keseluruhan artinya adalah perdagangan elektronik. Secara garis besar maka ini merupakan suatu kegiatan jual beli yang mana dilakukan secara daring atau dengan bantuan internet.

Pengertian E-commerce secara sederhana tersebut kemudian meluas dengan berbagai kegiatan yang tanpa melibatkan tatap muka antara penjual dan pembeli. Semua kegiatan mulai dari memilih barang atau jasa, pembayaran, dan lain sebagainya dilakukan secara daring.

Kegiatan yang sudah termasuk e-commerce sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak awal 69 an dan ada bisnis menggunakan EDI. Kemudian, semakin populer saat ini dengan munculnya berbagai platform-platform yang menjadi tempat pasar atau toko-toko online berdiri dan bertemu dengan para calon pembeli.

Contoh situs e-commerce tua yang sampai sekarang masih banyak diakses contohnya adalah www.ebay.com serta www.amazon.com. Platform e-commerce itu relah berdiri pada sekitar tahun 90-an.

Contoh dari E-Commerce di Indonesia

Ada banyak situs e-commerce yang populer digunakan di Indonesia. Ini semakin booming semenjak merebaknya ponsel pintar dan semakin murah dan mudahnya mendapatkan jaringan internet. Beberapa platform e-commerce yang terkenal di Indonesia yakni sebagai berikut.

OLX

Dulunya, platform satu ini bernama berniaga.com dan tokobagus. Kemudian sejak 2014 silam, platform tersebut memutuskan untuk mengganti nama menjadi OLX Indonesia. Slogan yang digunakan oleh platform yang bermodel classfied ini adalah, “Cara tepat jual cepat”.

Kaskus

Kaskus ini juga menjadi marketplace yang ramai digunakan di Indonesia. Tempat yang sebenarnya adalah forum diskusi online tersebut juga menerapkan penjualan dengan sistem iklan baris. Sama seperti OLX, tidak terdapat rekening bersama alias para pembeli akan diarahkan pembayaran secara langsung dengan kesepakatan yang ditetapkan oleh penjualnya.

Tokopedia

Selanjutnya adalah e-commerce yang menerapkan sistem c2c atau customer to customer. Pihak tokopedia menjadi perantara antara penjual dan pembeli yang ada sehingga ada rekening besar bersama. Jenis marketplace yang semacam ini dinilai lebih aman, maka dari itu tidak mengherankan banyak pembeli yang suka berbelanja disini.

Bukalapak

Bukalapak menerapkan sistem yang mirip dengan tokopedia. Bukalapak menjadi orang penengah antara penjual dan pembeli atau dengan kata lain model escrow. E-commerce yang satu ini memberikan jaminan uang kembali seratus persen apabila pembeli tidak mendapatkan barang yang dibelinya dalam periode tertentu.

Blibli.com

Marketplace yang satu ini menyediakan berbagai barang brand-brand ternama. Hal ini dikarenakan Blibli menerapkan model bisnis shopping mall. Jika kamu ingin mendaftarkan produk disini, kamu akan melewati berbagai proses verifikasi yang cukup ketat.

Shopee

Marketplace yang memiliki logo toko berwarna oranye ini sedang booming akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan marketplace yang berwarna oranye ini sering memberikan promo gratis ongkir pada masa periode perilisannya.

Tiket.com

Marketplace yang satu ini menjual berbagai tiket perjalanan dan juga hotel. Dengan begitu, para konsumen tidak perlu mengantri untuk mendapatkan tiket yang dibutuhkannya.

Manfaat dari Adanya E-commerce

Tidak dapat dipungkiri, dengan kehadiran e-commerce di Indonesia para penduduk Indonesia mendapatkan segudang manfaat. Manfaat adanya e-commerce antara lain sebagai berikut.

  1. Hemat waktu, karena tidak perlu mendatang toko offline.
  2. Hemat biaya.
  3. Lebih praktis dan efisien.
  4. Pasar yang sehat, karena konsumen mudah untuk mencari harga dan produk yang tepat dari banyak tempat.

Ternyata istilah e-commerce sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. E-commerce atau perdagangan elektronik secara tidak sadar telah sering dilakukan. Berbagai contoh platform e-commerce seperti yang telah Kita sebutkan di atas semuanya sangat dekat dengan kehidupanmu. Hal ini dikarenakan keberadaannya memang memberikan banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *