Pahami Pengertian Hosting dan Domain

Alfa - Like Follow

Bagi para penggelut dunia website, hosting dan domain tentu sudah sangat akrab. Pengertian hosting dan domain pun pasti sudah sangat mereka ketahui. Tapi bagaimana dengan yang belum memahaminya? Seperti misalnya Anda yang sedang membaca artikel ini.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis website, wajib kiranya untuk tahu tentang hosting dan domain. Dimulai dari pengertiannya, sampai jenis-jenisnya.

Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian hosting dan domain, Pahami Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting dan Jenis-jenisnya

Hosting adalah sebuah layanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan data dari sebuah website. Hosting seperti sebuah database yang isinya adalah semua data dari website tersebut. Entah itu tulisan, coding, foto, link video, dan lain sebagainya. Data apapun yang membangun dan terkandung dalam website disimpan dalam hosting.

Shared Hosting

Seperti namanya hosting ini adalah hosting yang dimiliki oleh banyak orang. Biasanya, jenis hosting ada di dalam satu server dan di dalam hosting ini ada banyak website. Itulah kenapa disebut shared hosting.

Ibaratnya seperti sebuah mall yang memiliki banyak toko. Mall itu adalah shared hosting. Semua website yang ada di dalam hosting itu patungan untuk membayar hosting tersebut.

Ini adalah tipe hosting yang paling murah di antara yang lain karena beban pembayarannya dibebankan bersama-sama dengan website yang lain. Selain itu biasanya spesifikasi RAM dan CPUnya terbatas.

Dedicated Hosting

Sementara hosting yang berisi hanya satu website disebut dedicated hosting. Jadi dalam jenis hosting ini satu server dipakai hanya untuk satu website saja. Dengan trafik website yang tinggi Anda disarankan untuk menggunakan hosting ini.

Cloud Hosting

Ini merupakan hosting teknologi terbaru. Cloud hosting memanfaatkan teknologi komputasi yang disebut “cloud”. Ada banyak server di sebuah cloud hosting. Hal itu membuat loading website dengan cloud hosting jauh lebih cepat dan aman. Namun, harga cloud hosting terbilang cukup mahal.

VPS Hosting

Virtual Private Server, itu kepanjangan dari VPS. Hosting tipe ini adalah sebuah mesin virtual yang dipakai untuk sebuah website. VPS mirip dengan shared hosting karena tidak hanya 1 website yang menggunakannya.

Namun, berbeda dengan shared hosting, VPS memiliki kelebihan yakni source yang lebih besar dan teknologi virtualisasi. VPS pas untuk website yang trafiknya besar.

Pengertian Domain dan Jenis-jenisnya’

Sementara itu domain adalah nama unik yang dipakai untuk identifikasi web server atau juga email server. Domain seperti nama website. Jika Anda perhatikan nama bla.bla.bla.com, nah, itu adalah domain. Pengertian hosting dan domain sudah disebutkan. Berikut ini jenis-jenis domain yang perlu Anda ketahui.

Top Level Domain

Biasa disingkat TLD, terdiri dari; .com, .co, .id, .us, dan lain sebagainya. TLD ada dua jenis. Pertama adalah Global dan berikutnya adalah Country Code. Domain yang termasuk global antara lain .com, .org, dan lain sebagainya, sementara untuk Country Code ada .id, .uk, .us, dan lain-lain.

Second Level Domain

Nama yang ada sebelum TLD adalah Second Level Domain. Misalnya nama website Anda sayakeren.com. Nah, sayakeren adalah Second Level Domainnya.

Third Level Domain

Jenis domain yang ini sama seperti subdomain. Misalnya domain top dan second Anda adalah sayakeren.com. Lalu di website Anda ada laman khusus bahasa Inggris. Anda bisa membuat sub domain en.sayakeren.com. Nah, en itu adalah Third Level Domain.

Pengertian hosting dan domain ini dapat membantu Anda yang ingin memulai membuat website. Terutama jika Anda mengerjakan semuanya sendiri. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka mengetahui tentang hosting dan domain adalah hal wajib.

Leave a Reply