Cara Mudah Menghapus Virus Di Ponsel Android

Google dalam hal keamanan untuk Perangkat Android selama bertahun-tahun telah dibuat sangat ketat. Perusahaan mesin pencarian tersebut telah mengambil beberapa langkah untuk memastikan bahwa Play Store bebas dari aplikasi yang menyebarkan virus.

Walaupun, google telah memberikan keamanan sedemikian rupa untuk membuat android bebas virus, tidak berarti bahwa perangkat yang menggunakan Android akan benar-benar bebas dari virus. Kamu masih dapat menemukan contoh pengguna yang melaporkan virus atau malware di perangkat mereka.

Tanda Android Terkena Virus

Tanda Android Terkena Virus

Smartphone yang terkena virus pada biasanya akan mengalami beberapa tanda yang mudah dikenali oleh para penggunanya. Sebab itu Anda sebagai pengguna smartphone harus lebih jeli apabila terdapat perubahan yang terjadi pada Android yang bekerja tidak seperti pada biasanya. Berikut ini tanda bahwa Android Anda terkena virus, yaitu:

  • Seringkali memunculkan iklan pop up yang sangat mengganggu dan isi dari iklan tidak begitu jelas.
  • Android sering kali menerima maupun mengirimkan SMS yang aneh.
  • Memiliki baterai yang terasa boros dan tidak seperti pada biasanya.
  • Android terasa lebih lemot meskipun masih memiliki RAM yang banyak dan mempunyai aplikasi yang sedikit.
  • Proses booting pada Android terasa lebih lama daripada biasanya.
  • Kuota pada Android terasa lebih cepat habis

Jika kamu menghadapi masalah serupa, sebenarnya mudah untuk menghapus virus android di HP kamu.

Cara Menghapus Virus Android

1. Menguninstall File Virus

Cara termudah dan teraman untuk menghapus virus dari smartphone android kamu adalah dengan mencopot pemasangan/uninstall aplikasi yang menurut Kamu mencurigakan karena tidak pernah kamu install sama sekali. Caranya akan dijelaskan di bawah.

a)     Untuk melakukannya, kamu tinggal buka Pengaturan pada HP kamu lalu ketuk Aplikasi/Apps.

b)    Buka daftar aplikasi dan cari aplikasi yang tidak Kamu unduh atau yang terlihat mencurigakan. Untuk menghapus aplikasi, ketuk “Copot pemasangan/Uninstall.”

c)     Jika tombol “Copot pemasangan/uninstall” berwarna abu-abu atau tidak bisa diketuk, itu berarti aplikasi memiliki akses administrator.

  • Untuk menghapus akses admin,
  • buka Pengaturan
  • Ketuk Keamanan
  • Ketuk Administrator perangkat

Hapus centang aplikasi yang Kamu yakini tidak boleh memiliki akses admin, lalu uninstall aplikasi yang menurut kamu mencurigakan karena tidak pernah kamu unduh.

d)   setelah melakukan langkah-langkah di atas, langkah terakhir adalah kamu mereboot//restart HP kamu.

Diharapkan semua virus dan malware hilang dari smartphone kamu setelah melakukan langkah-langkah di atas.

2. Mereset Ulang

Langkah ini dilakukan jika setelah menggunakan cara sebelumnya, kamu merasa HP Kamu masih memiliki virus atau malware, maka satu-satunya pilihan Kamu adalah melakukan reset ulang total. Namun, me-reset ulang total smartphone bukanlah hal yang sepele karena Kamu akan kehilangan semua data dan aplikasi.

Meskipun demikian, ini adalah salah satu cara yang bisa dibilang “kasar” yang dapat dilakukan untuk membersihkan HP kamu dari virus. Bahkan cara ini juga bekerja melawan stalkerware. Stalkerware adalah malware yang sulit dideteksi.

Masalah kehilangan data dan aplikasi bisa kamu akali dengan memindahkan data-data yang sekiranya menurut kamu penting ke flashdisk atau harddisk agar tidak ikut hilang.

Sekarang ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan reset ulang total HP android kamu (cara di bawah merupakan cara yang dilakukan pada HP Redmi Note 7, pada beberapa HP android mungkin ada perbedaan sedikit dalam langkah kerjanya);

a)   Buka aplikasi Pengaturan.

b)   Ketuk “About Phone/Tentang HP,” lalu ketuk “Backup and Reset”. Setelah itu ketuk “Hapus semua data (reset pabrik)/erase all data (factory reset)”.

c)   Masukkan kata sandi jika kamu memakai sandi dan konfirmasikan keputusan bahwa Kamu bersedia kehilangan data

HP Kamu sekarang akan diatur ulang/reset seperti semula saat pertama kali beli. Setelah proses selesai, restart/reboot HP kamu. Setelah melakukan restart/reboot, HP kamu akan benar-benar kosong seperti pertama kali saat masih baru beli. Kamu diharuskan mengembalikan data yang telah dibackup dan mengunduh ulang semua aplikasi yang sudah kamu unduh sebelumnya.

3. Google Play Protect

a)   Selalu perbarui aplikasi dan sistem operasi di smartphone Kamu. Kamu dapat memeriksa pembaruan keamanan baru di aplikasi Pengaturan.

b)   Pastikan Google Play Protect diaktifkan. Untuk memeriksa dan mengaktifkannya, buka Pengaturan> Google> Keamanan> Google Play Protect.

c)   Kamu juga harus mengaktifkan opsi “Pindai perangkat untuk ancaman keamanan.”

d)   Kamu dapat mengunduh aplikasi antivirus untuk keamanan tambahan. Namun, pastikan Kamu mengunduh aplikasi antivirus terpercaya. Play Store memiliki banyak aplikasi antivirus gratis yang bagus.

e)   Berhati-hatilah saat memasang aplikasi baru. Peretas sering memperkenalkan aplikasi yang sangat mirip dengan aplikasi yang sah. Dengan demikian, Kamu disarankan untuk memverifikasi pembuat aplikasi sebelum mengunduh aplikasi.

f)    Selalu gunakan Play Store untuk menginstal aplikasi, dan bukan layanan pihak ketiga mana pun.

4. Masuk ke Bagian Safe Mode

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan virus pada android yaitu dengan masuk ke bagian safe mode. Dengan menggunakan safe mode inilah Anda cukup dengan mengoperasikan aplikasi-aplikasi dari inti bawaan pada sistem smartphone. Sehingga smartphone bisa bekerja lebih ringan lagi. 

Namun perlu diingat pada saat masuk safe mode ini untuk menghilangkan virus Android maka Anda harus siap bahwa seluruh aplikasi yang terpasang akan hilang. Akan tetapi hal ini terjadi hanya sementara waktu saja. Keuntungan yang didapatkan saat masuk pada safe mode ini yaitu pengguna dapat berpindah-pindah aplikasi tanpa adanya hambatan.

Para pengguna yang mengikuti langkah ini pun juga bisa lebih mudah ketika ingin menghapus cache. Untuk bisa masuk pada safe mode ini yaitu cukup dengan menekan bagian tombol volume dan tombol power secara bersamaan ketika proses booting. dengan cara ini maka Anda bisa mencoba supaya virus pada Android dapat di hilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *