7 Tips Memilih Harddisk Eksternal yang Tepat Sebelum Beli

Alfa - Like Follow

Tips membeli hardisk eksternal, tidak bisa dipungkiri kebutuhan terhadap hardisk eksternal makin hari makin meningkat, selain mampu menyimpan banyak data, hardisk eksternal juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan ogah bawa flashdisk yang banyak.

Dengan semakin tingginya kebutuhan membuat para perusahaan perangkat IT berlomba-lomba membuat hardisk eksternal dengan berbagai varian yang ditujukan untuk berbagai kebutuhan. Sehingga membuat kita para konsumen seringkali merasa bingung harus membeli hardisk eksternal seperti apa, dengan merk yang mana dan spesifikasinya apa saja.

Nah, Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas 7 Tips Membeli Hardisk Eksternal agar hardisk yang kita beli benar-benar cocok untuk kebutuhan kita, tentunya sesuai dengan kondisi uang dikantong kita.

7 Tips Membeli Hardisk Eksternal

Memilih Harddisk Eksternal, 7 Tips Memilih Harddisk Eksternal yang Tepat Sebelum Beli

1. Pilih Hardisk Sesuai Penggunaan

Pastikan saat kamu menentukan produk hardisk yang akan kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhan kamu. Secara umum hardisk memliki dua jenis yakni jenis non portable atau portable.

Untuk hardisk dengan jenis non portable tentu saja tidak bisa dibawa kemana-mana karena harus menghubungkannya ke PC (hardisk internal).  Jenis ini bisa kita buat portable dengan membelikan perangkat tambahan berupa kable konverter ada juga yang membutuhkan adapter untuk sumber listrik.

Meski sedikit lebih ribet, harga hardisk dengan jenis non portable ini terbilang lebih murah.

Sedang untuk jenis hardisk portable lebih ringkas untuk dibawa dimanapun atau untuk Kamu yang mempunyai mobilisasi tinggi dan harus bawa harddisk itu. Jenis ini adalah jenis hardisk external yang secara umum dijual ditoko-toko komputer.

Jenis portable ini memang lebih mahal dari non portable yang kita modif jadi portable. Namun perlu diketahui bahwa jenis portable ini juga memiliki banyak kelebihan seperti tahan banting, mendukung USB 3.0 dan biasanya memiliki fitur khusus seperti auto backup atau auto recovery yang tidak kita dapatkan ketika kita memodifikasi hardisk non-portable.

2. Tentukan Kapasitas Hardisk Seperti Keperluan

Tips ke-2, saat menentukan produk hardisk pastikan bahwa kapasitas hardisk terebut sudah sesuai dengan keperluan yang kamu butuhkan. Karena makin besar kapasitas hardisk, maka harganya juga akan makin mahal.

Cara menentukannya cukup mudah, samakan atau lipatkan dengan kapasitas hardisk laptop/PC yang kamu miliki.

Misalkan laptopmu mempunyai kapasitas penyimpanan 300 GB. sebaiknya Kamu beli harddisk dengan kapasitas minimum 500 GB atau yang 1TB.

Selain itu kamu bisa mengukurnya dari hobi yang kamu miliki, misalkan kamu hobi mengumpulkan Foto, Asset desain, atau film maka coba kalkulasikan mau berapa banyak file yang ingin kamu simpan, jika 1 Film berukuran 2 GB dan kamu ingin menimpan 1000 film maka kamu perlu hardisk eksternal dengan kapasitas minimum 2 TB.

3. Pilih Interface USB 3.0 atau Diatasnya

Interface ialah elemen electronica penghubung di antara perangkat external dengan PC. Ada beberapa macam interface, dan USB 3.0 lah yang mempunyai kecepatan transfer yang lumayan tinggi dalam mengirim data.

Sehingga, Jika Kamu pilih hardisk external yang memakai USB 3.0 karena itu kecepatan transfer datanya dapat tiga sampai 4x bisa lebih cepat dibanding USB 2.0.

Kecepatan data transfer bergantung dari versi USB yang ada. Hingga karena kecepatan ini tidak bisa disaksikan, Oleh karena itu sebaiknya kamu berusaha untuk menghubungkan nya lebih dulu ke PC untuk mengujinya.

Note: Jika PC atau Laptop masih menggunakan port USB 2.0 maka kecepatan transfer hardisk eksternal dengan USB 3.0 bisa dibilang tidak ada perubahan yang tidak signifikan, jadi pastikan port usb laptop kamu sudah mendukung USB 3.0.

4. Menimbang kompatibilitas hardisk dengan mekanisme operasi computer

Tips yang tidak kalah penting dari yang lain dalam menentukan hardisk terbaik adalah dengan menimbang apa produk itu cocok dipakai pada mekanisme operasi komputer kamu.

Walau pada produk hardisk terkini telah cocok untuk Windows 7, 8 atau 10. Tetapi pada beberapa produk hardisk keluaran lama tidak dapat dipakai oleh pengguna Mac.

5. Pilih Hardisk Dengan Jenis Mirroring

Untuk Kamu yang mencari hardisk external untuk kebutuhan backup data, pastikan kamu membeli hardisk dengan fitur mirroring.

Untuk memakai fitur semacam ini, kamu perlu mempersiapkan semacam hardisk khusus yang bakal digunakan untu menyimpan data secara bersamaan.

Walau harus bayar tambah mahal karena beli 2 hardisk, namun data Kamu semakin aman saat PC atau salah satunya hardisk alami masalah.

6. Mendukung Fitur NFS (Network File Sharing)

NFS ialah mekanisme yang memungkinkannya pemakai untuk menyimpan dengan beberapa perangkat lain seperti tablet atau handphone secara bersamaan melalui jaringan.

Dengan adanya fitur ini hardisk eksternal kita dapat digunakan banyak perangkat. Asalkan perangkat tersebut terhubung dalam jaringan dan fitur File Sharing yang ada diperangkat diaktifkan

Sekarang ini lumayan banyak hardisk yang telah dilengkapi dengan mekanisme NAS, berbentuk mekanisme yang terhubung di jaringan di mana pemakai terhubung data pada satu hardisk memakai perangkat yang berbeda.

7. Hardisk Untuk Merekam Tayangan Tv

Hardisk external keluaran terkini umumnya bisa disambungkan dengan tv untuk merekam tayangan yang diharapkan.

Bahkan juga pemakai tak perlu memakai PC karena hardisk jenis semacam ini dapat merekam TV secara langsung.

4.3 average based on 580 votes (Closed)

Leave a Reply