Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Alfa - Like Follow

Ada banyak pilihan laptop yang bagus diluar sana yang mampu mencukupi kebutuhan kita, mulai dari laptop yang bagus untuk mahasiswa, untuk kerja, editing video hinggal laptop yang bagus untuk gaming.

Memang tidak bisa dipungkiri, saat ini laptop telah menjadi salah satu gadget penting yang harus kita miliki, apalagi semenjak program Work From Home (WFH) dicanangkan oleh pemerintah untuk tetap produktif.

Permasalahannya, saat ini ada puluhan brand, ratusan hingga ribuan seri laptop beredar di indonesia. Dari harga 1jutaan, 2jutaan, 3jutaan hingga puluhan juta. Dan semuanya mengklaim sebagai laptop terbaik, ini adalah masalah.

Karena pada kenyataanya tidak semua laptop cocok untuk kita gunakan, dan kadang kala kita membeli laptop puluhan juta tapi sia-sia karena keunggulan-keunggulannya kita manfaatkan.

Sebagai solusi, Diartikel kali ini kita akan membahas tips membeli laptop yang bagus yang sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan budget yang kita miliki.

Artikel ini disusun sebaik mungkin agar kita sebagai pemula dalam dunia laptop dapat dengan mudah memperoleh laptop terbaik dan awet.

Sebelum lanjut, perlu ada disclaimer bahwa disini kita tidak mencari laptop berdasarkan merk tapi mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa merk juga membawa kualitas, tapi jika harganya terlampau tinggi dan tidak terjangkau tentu akan jadi masalah baru.

Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula Agar Tidak Tertipu

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Mungkin kita sering meminta saran kepada penjaga toko atau teman untuk merekomendasikan laptop yang bagus, yang awet, yang cocok dengan kita.

Tapi setelah membeli kita merasa tertipu karena laptop yang kita beli ternyata tidak sesuai. Terlalu mahal, performa kurang, lambat, kurang responsive dan sebagainya tentu kita akan merasa kecewa.

Jadi untuk sebagai pemula sebaiknya kita mengerti beberapa hal berikut agar terhindar dari rasa penyesalan.

1. Memetakan Program Apa Saja yang akan kita gunakan

Pertimbangkan betul-betul aplikasi atau program-program apa saja yang benar-benar akan kita pergunakan, urutukan dari yang terpenting yang sering kita gunakan hingga yang jarang kita gunakan.

Misalkan: MS Word, Zoom, CorelDraw, Photoshop dan seterusnya.

2. Mencari Minimum System Requirements Tiap-tiap program yang kita gunakan

Kemudian kita search digoogle Minimum System Requirements yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Pastikan mencari sesuai dengan versi aplikasi atau programnya.

Contoh: Adobe Photoshop CS6

Minimum System Requirements

  • CPU: Intel or AMD processor with 64-bit support, 2 GHz or faster processor.
  • RAM: 2 GB.
  • HDD: 3.1 GB of storage space.
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX 1050 or equivalent.
  • OS: 64-bit Windows 7 SP1.
  • Screen Resolution: 1280 x 800.
  • Network: Broadband Internet Connection.

Berarti kita harus membeli laptop dengan spesifikasi yang sama atau lebih tinggi dari system requirement yang disarankan.

3. Mencari beberapa Laptop dengan Spesifikasi dan harga yang sudah ditentukan

Kita bisa mencari laptop di toko-toko online seperti bukalapak, tokopedia ataupun shopee dengan menggunakan keyword spesifikasi.

Misalkan: Laptop Intel 2Ghz, laptop RAM 4 GB, Laptop SSD dan seterusnya. Bisa kita sesuaikan dengan spesifikasi yang kita butuhkan.

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Cari beberapa laptop yang menurut kita cocok dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan harganya juga tidak bikin kantong jebol kemudian kita catat.

4. Coba untuk mencari review laptop di google atau di Youtube.

Dalam pencarian diatas, tentu kita akan mendapatkan jenis laptop, merk dan seri laptop. Kemudian kita cari review tentang laptop tersebut di Google ataupun di Youtube.

Kita bisa mencarinya dengan kata kunci misalnya “Review Lenovo g400s corei3”

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau
hasil pencarian review laptop di google search
laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau
hasil pencarian review laptop di youtube

5. Bergabung dengan Group Facebook atau forum yang membahas Laptop

Jika belum mantab dengan review-review dari google dan youtube, kita bisa bergabung dengan forum-forum seperti kaskus atau group facebook tentang jual beli komputer, atau group facebook yang sesuai dengan pekerjaan.

Misal group fotografi, desain grafis, dan lain-lain. tentu disana berisi orang-orang berpengalaman dalam hal menggunakan laptop, mintalah saran kepada mereka.

6. Survei Harga Laptop Yang Bagus Dan Termurah

Di tips nomor 3 sebenarnya kita sudah mendapat perkiraan harga laptop yang kita cari, tapi tetap cobalah mencari informasi harga laptop yang kita inginkan disekitar kita untuk pembanding.

Adakalanya harga di toko online lebih mahal dari toko offline.

Lebih bagus lagi Jika toko offline itu dekat dengan kita, jadi ketika ada permasalahan kita bisa langsung komplain.

Tips Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Aktifitas mahasiswa saat ini juga sudah tidak bisa lepas dari yang namanya laptop, entah untuk mengerjakan tugas ataupun presentasi, laptop selalu menjadi senjata andalan para mahasiswa untuk terus menggali ilmu pengetahuan di universitas.

Oleh karena Mahasiswa itu sangat beragam (ada banyak jurusan), khusus dibab ini kita akan pecah menjadi beberapa sub sesuai dengan jurusannya sehingga laptop yang dipilihpun sesuai.

Meskipun laptop yang bagus untuk mahasiswa secara umum itu ada tapi untuk beberapa jurusan laptop tersebut bisa dibilang kurang mumpuni.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa Arsitektur

Untuk mahasiswa arsitektur, kita tidak bisa memilih laptop secara sembarangan sebab mereka menggunakan aplikasi-aplikasi yang cukup berat sebut saja AutoCAD dan AutoDesk.

Dua aplikasi tersebut system requirments yang tinggi seperti:

Kecepatan prosesor minimal 2.5GHz, atau disarankan menggunakan prosesor dengan kecepatan 3GHz lebih.

RAM minimal 8GB, dan direkomendasikan 16GB.

Dengan display minimal Full HD 1920 x 1080, dan rekomendasinya 4K.

Harga laptop untuk mahasiswa arsitektur cenderung lebih mahal dibandingkan harga laptop untuk mahasiswa pada umumnya yang ada dikisaran 4jutaan kebawah. Mengingat kebutuhan mahasiswa pada umumnya tidak se ekstra mahasiswa arsitektur.

Mungkin kalian bisa membaca beberapa rekomendasi laptop untuk mahasiswa arsitektur untuk mengetahui laptop-laptop apa saja yang cocok.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Untuk Mahasiswa Teknik Informatika biasa mengunakan laptop-laptop yang tidak jauh berbeda dengan mahasiswa arsitektur. Hal ini disebabkan aplikasi-aplikasi yang digunakan juga cukup berat.

Sebut saja Blender, Unity dan Android Studio merupakan aplikasi-aplikasi yang menuntut performa prosesor dan grafis yang tinggi seperti:

Prosesor Intel minimal generasi ke 2 atau AMD yang mendukung Hypervisior dengan arsitektur 64bit.

RAM minimal 8GB dan Grapichs API minimum DX 10.

Sementara untuk display minimum 1280×800.

Kalian bisa cek rekomendasi laptop untuk mahasiswa teknik informatika untuk menambah referensi perbandingan.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa Komunikasi

Meski terbilang tidak jauh berbeda dari aktifitas mahasiswa pada umumnya yang melingkupi mengerjakan tugas paper, dan presentasi, namun mahasiswa komunikasi tidak bisa menggunakan laptop yang sama.

Sebab dalam beberapa materi kuliah, mahasiswa komunikasi dituntut setara dengan mahasiswa multimedia dimana aplikasi-aplikasi yang digunakan juga berat.

Sebut saja pinnacle studio untuk editing video, photoshop untuk editing foto, meski digunakan hanya beberapa semester, penggunaan aplikasi tersebut terhitung sering digunakan dalam keseharian.

Pinnalce Studio setidaknya membutuhkan Minimal Windows 10 dengan arsitektur 64bit. Prosesor minimal Intel Core i3 atau AMD A4 dengan kecepatan 3.0GHz.

RAM minimal 4GB, jika multi kamera 8GB. VGA 1024 x 768 dengan memori 256MB jadi carilah laptop yang memiliki VGA tambahan baik Intel HD Grapichs, ATI maupun NVIDIA didalamnya.

Dilihat dari spesifikasinya laptop yang menanamkan VGA tambahan juga tidak terlalu banyak. Sehingga perlu memilih laptop yang benar-benar mendukung kegiatan belajar mahasiswa komunikasi.

Sebagai rekomendasi, bisa cek rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa komunikasi.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Dalam penggunaan laptop Mahasiswa Teknik Sipil bisa dibilang mirip mirip dengan mahasiswa arsitektur sehingga pemilihan laptopnya bisa sama karena menggunakan aplikasi yang cenderung sama yaitu AutoCAD, AutoDesk atau 3D Max.

Jika kita mahasiswa teknik sipil sebaiknya mencari laptop dengan spesifikasi minimal:

Prosesor Intel atau AMD dengan kecepatan 3GHz.

RAM 8GB, atau diupgrade ke 16GB

Display FullHD dan sebisa mungkin memiliki VGA tambahan didalamnya.

Sebagai inspirasi bisa cek rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa teknik sipil.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa Multimedia

Dari istilahnya saja, Multimedia sudah sangat jelas bahwa laptop yang dibutuhkan tidak sembarangan karena dituntut memiliki performa yang bagus, sebab aplikasi-aplikasi multimedia ini bisa dibilang tidak ada yang ringan.

Dan tidak jarang aplikasi-aplikasi tersebut berjalan bersamaan, sehingga perlu spesifikasi laptop yang tinggi:

Prosesor minimal: Intel generasi ke 2 atau AMD A4 dengan kecepatan minimal 3GHz

RAM minimal 8, rekomendasi 16GB.

Display FullHD, rekomendasi 4K.

Memiliki VGA Tambahan, sehingga kinerja aplikasi tidak selalu membebani prosesor dan ram.

Dengan spesifikasi semacam itu, sangat wajar jika laptop untuk kebutuhan multimedia ini memiliki harga selangit seperti rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa multimedia.

Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Kerja

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Tidak hanya kaum mahasiswa saja, sekarang pekerja kantoranpun membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaan mereka.

Dan sebagai seorang pekerja, kita tidak boleh asal membeli laptop, meskipun diluar sana banyak yang melabeli diri sebagai laptop terbaik, termurah, awet dan sebagainya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mahal belum tentu pas buat kita, Jadi kita harus tau betul apakah laptop itu cocok dengan pekerjaan kita atau tidak.

Lagi lagi kita membreakdown aplikasi apa saja yang kita gunakan, kemudian mencari tau system requirements minimumnya, barulah kita memutuskan membeli laptop yang bagus untuk kerja kantoran.

Secara umum pekerja kantoran menggunakan aplikasi microsoft office seperti word, excel, powerpoint kemudian browser seperti google chrome atau firefox.

Dilihat dari aplikasi yang digunakan, kita tidak perlu membeli laptop dengan harga tinggi karena banyak laptop dengan harga 5jutaan yang sangat cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut, bahkan untuk multitasking alias membuka lebih dari aplikasi secara bersamaan.

Spesfikasi laptop yang kita butuhkan untuk kerjaan kantor adalah laptop yang memiliki prosesor Intel atau AMD dengan kecepatan minimal 2Ghz, RAM 4GB dengan display 1280×768.

Ada banyak laptop dari berbagai merk dengan harga 2jutaan hingga 4jutaan yang memiliki spesifikasi tersebut, jadi kita tinggal pilih. 

Namun sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kita sudah melihat review laptop yang kita pilih terlebih dahulu.

Pada artikel rekomendasi laptop terbaik untuk pekerjaan terdapat beberapa daftar laptop dari harga 3jutaan hingga 18jutaan yang mungkin bisa dijadikan patokan untuk membeli laptop.

Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Edit Video

laptop yang bagus, Panduan Lengkap Mendapatkan Laptop Yang Bagus dan Terjangkau

Dalam editing video ada beberapa komponen laptop yang harus diperhatikan, prosesor, ram dan vga yang ditanamkan. Sebab, aplikasi yang digunakan editing video tidaklah ringan, apalagi proses rendering video.

Berbeda dengan kasus mahasiswa multimedia yang intensitas penggunaanya terbilang jarang, laptop khusus untuk editing video ini harus benar-benar mumpuni karena ini dikhususkan untuk bekerja.

Yang perlu dipertimbangkan adalah proses rendering videonya, kemampuan prosesor, ram dan vga sangatlah krusial sebab jika kita ngasal dalam memilih laptop mungkin dalam proses editing masih bisa digunakan, namun pada tahap rendering komponen-komponen tersebut harus bekerja extra.

Jika komponen tersebut tidak mumpuni, proses rendering akan terganggu, mulai dari proses rendering yang lama, hingga hasil rendering yang kurang maksimal bahkan rusak. Bisa jadi masa hidup laptop akan berkurang karena dipaksa terus menerus.

Sehingga banyak pakar yang menyarankan untuk membeli PC ketimbang membeli laptop, saran tersebut bukan mengatakan laptop tidak mumpuni dalam hal editing video, tapi lebih ke harga yang tentu jauh lebih mahal ketimbang kita membangun PC.

Seperti yang kita tau bahwa PC memiliki kelebihan bisa dikustom misalkan kita bisa mengganti VGA Cardnya. Sedangkan laptop tidak bisa.

Dalam artikel rekomendasi laptop terbaik untuk editing video terdapat beberapa pilihan laptop yang dinilai mampu menangani urusan editing video hingga rendering, meskipun harga yang ditawarkanpun cukup tinggi kisaran 8jutaan ke atas.

Sebab spesifikasi laptop yang disarankan adalah laptop harus memiliki Prosesor Intel seminim minimnya generasi ke 2 atau AMD A4 dengan kecepatan minimum 3Ghz, disaranakn menggunakan Intel atau AMD generasi terbaru yang memiliki kecepatan diatas 3.0 Ghz.

RAM minimum 8 GB dengan rekomendasinya 16GB, sehingga kita harus mencari laptop yang memilik batas upgrade RAM lebih dari 16GB.

Display minimum 1920×1080 FullHD atau direkomendasikan 4K untuk menghasilkan video yang bagus dan detail.

VGA tertanam baik itu Intel Graphics, ATI ataupun NVIDIA dengan memori 1GB.

Sepesifikasi diatas umumnya terdapat di laptop-laptop gamming dengan harga 8juta keatas.

Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Gaming

Meski memiliki spesifikasi yang sama dengan laptop editing video diatas, laptop yang bagus untuk gaming ini lebih berfokus pada frame rate, ketahanan hardward, detail warna dan detail-detail lain yang membuat kita nyaman saat bermain game di laptop.

Tantangan yang terbesar di laptop gaming terdapat pada game itu sendiri, karena para produsen game akan terus berlomba-lomba untuk menhadirkan game yang bagus, yang tentunya hardware atau komponen laptop kitapun dituntut untuk terus mengikuti.

Karena mau tidak mau, semakin bagus game akan berimbas pada kapasitas hardware. Jika kita tidak bisa mengikutinya, game yang kita mainkanpun tidak akan maksimal. Bahkan untuk beberapa kasus kita tidak bisa lagi memainkan game tersebut karena system requirement minimumnya tidak tercukupi.

Di artikel panduan membeli laptop gaming telah dijabarkan poin-poin yang menjadi patokan sebelum kita membeli laptop gaming dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi laptop gaming secara umum biasanya difokuskan pada prosesor generasi terbaru baik intel maupun AMD, dengan kecepatan minimum 3.0 GHz dan bisa dioverclock mencapai 4.0GHz.

RAM yang digunakan minimum 8 GB dan memiliki batas upgrade mencapai 32GB.

Laptop gaming harus memiliki VGA yang tertanam, bisanya untuk gaming dipercayakan pada NVIDIA GeForce dengan memori minimum 2GB.

Kemudian Display minimum 1920 x 1080 FullHD.

Demikian panduan membeli laptop yang bagus yang bisa dailytech sampaikan, semoga teman-teman pembaca dapat membeli laptop dengan harga yang terjangaku dan sesuai dengan kebutuhan.

3.9 average based on 729 votes (Closed)

Leave a Reply