6 Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis

Alfa - Like Follow

Sama seperti Instagram dan Facebook, saat ini WhatsApp juga menghadirkan aplikasi baru yang ditujukan untuk para pelaku bisnis terutama pada bisnis online. Aplikasi tersebut adalah WhatsApp Bisnis yang merupakan perkembangan dari WhatsApp versi sebelumnya. Tentu saja fitur yang ditawarkan aplikasi bisnis ini lebih unggul jika dibandingkan dengan WhatsApp messenger biasa.

Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk menunjang kegiatan promosi juga mengoptimalkan pelayanan kepada customer. Namun terlepas dari keunggulannya, terdapat pula kekurangan dari aplikasi ini. Nah apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp bisnis? Simak jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis

kelebihan dan kekurangan whatsapp bisnis, 6 Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis

Jika kamu mengira WhatsApp bisnis memiliki tampilan yang sama seperti WhatsApp biasa, maka anggapan tersebut salah besar. Tidak hanya sekadar untuk berbalas pesan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memantau pesan yang masuk dan terkirim melalui fitur statistik pesan. Untuk kelebihan dan kekurangan WhatsApp bisnis yang lain yaitu:

1.  Tersedia Fitur Pesan Otomatis (Away Message)

Apabila menggunakan WhatsApp bisnis, kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk membuat pesan balasan otomatis. Sebab fitur tersebut sudah disediakan oleh aplikasi ini. Cara membuat pesan otomatis sangat mudah, kamu bisa masuk ke menu Business Setting kemudian pilih opsi Away Message. Untuk isi pesannya kamu bisa atur sendiri sesuai keinginan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, jika bisnis yang kamu jalankan sedang tutup dan terdapat chat yang masuk dari customer maka away message yang sudah kamu setting sebelumnya akan secara otomatis terkirim ke customer tersebut.

2. Fitur Balas Cepat (Quick Replies)

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin menyapa atau sekadar mengucapkan terima kasih pada customer. Dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi mengetik kalimat yang panjang. Cukup mengetikkan kode dari kalimat yang akan kamu kirimkan, tetapi kamu harus membuat formatnya terlebih dahulu pada fitur Quick Replies.

3.  Menu short link

Apabila dahulu kamu menggunakan short link dengan mencari kode di Google kemudian menggantinya dengan nomor HP kamu. Dengan WhatsApp bisnis cara ribet ini tidak berlaku, sebab kamu bisa membuat short link secara langsung dengan cara yang sangat mudah.

Buka menu Setting Business kemudian pilih opsi Short link. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan kata tambahan yang diinginkan tanpa menggunakan kode. Lalu WhatsApp bisnis akan melakukan generate untuk mendapatkan kode yang nantinya bisa kamu copy paste.

4.  Label Chat

Dengan adanya fitur label chat ini kamu bisa mengkategorikan pesan customer dengan menandainya menggunakan label warna. Misalnya kamu ingin mengkategorikan customer sebagai pelanggan baru, customer yang belum membayar atau yang sudah membayar pesanan, pesanan selesai, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengatur warna berbeda dari setiap kategori yang dibuat.

5.  Nama akun bisnis yang sudah terdaftar tidak bisa diubah

Berbeda dengan WhatsApp messenger biasa yang nama profilnya bisa diganti sesuai keinginan dengan mudah. Nama akun bisnis yang sudah kamu daftarkan pada WhatsApp bisnis tidak dapat diubah lagi. Maka dari itu, pikirkan matang-matang nama bisnis yang akan kamu pakai. Sebab jika ingin mengubahnya kamu harus membuat akun baru kembali.

6. Satu nomor HP hanya bisa dipakai untuk satu akun

Nomor yang sudah didaftarkan pada WhatsApp bisnis tidak bisa kamu gunakan untuk membuat akun WhatsApp biasa. Jika ingin menggunakan WhatsApp biasa kamu harus memakai nomor yang baru.

Itulah kelebihan dan kekurangan WhatsApp bisnis yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan saat ingin menggunakan aplikasi ini. Jika ingin membuat akun bisnismu terverifikasi (centang hijau) maka kamu harus konsisten dalam menggunakan WhatsApp bisnis. jika usahama atau bisnismu sudah semakin besar, kamu perlu coba-coba aplikasi bisnis online lain untuk membantu dalam mengelola bisnis

Leave a Reply