4 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Alfa - Like Follow

Mengatasi Hardisk Eksernal Tidak Terbaca, Hardisk adalah media yang berperan sebagai media penyimpanan dalam komputer. Sampai sekarang ini, hardisk tetap jadi media penyimpanan data yang sering dipakai oleh warga bila diperbandingkan dengan SSD. Ini karena kemampuan yang diberi hardisk biasanya semakin besar dan harga lebih murah diperbandingkan SSD.

Sepanjang memakai hardisk, kamu tentu pernah merasakan dimana hardisk kamu sedikit bermasalah. Dan yang paling sering adalah hardisk tidak terbaca. Tidak perlu langsung berasumsi bila hardisk itu rusak, atau tidak dapat kembali dipakai dan harus beli yang baru. Sebab bisa kasus hardisk tiba-tita tidak bisa dibaca itu ada beberapa penyebab.

Berikut 4 cara memperbaiki hardisk external yang tidak bisa dibaca sesuai dengan penyebabnya.

hardisk eksternal tidak terbaca, 4 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

1. Hardisk External Tidak Bisa dibaca Karena Driver Memiliki masalah

Mungkin saat ini semua Hardisk External menggunakan metode Plug & Play, tinggal colok langsung terbaca. Namun berbeda jika OS (Sistem Operasi) Komputer kita mengalami Korup, sehingga driver seharusnya memberikan dukungan pada OS untuk membaca  hardisk jadi tidak bisa mengidentifikasi walau telah dicolokkan ke port USB, ya karena drivernya korup.

Berikut cara melakukan perbaikan pada hardisk external yang tidak bisa dibaca karena permasalah driver:

  1. Klik kanan pada My Computer, lalu klik Device Manajer.
  2.  Jika tidak menemukan My Computer, masuklah ke Explorer, cari This PC (windows 8 ke atas) atau My Computer, klik kanan lalu klik Device Manager.
  3. Bila ada tanda seru pada perangakat atau device yang tersambung ke komputer, berarti ada yang keliru pada drivernya. Oleh karena itu, kamu dapat klik kanan uninstal driver pada hardisk lalu cabut dan pasang hardisk kembali supaya komputer memasang driver yang baru.

2. Management Ulangi pada Disk Manajemen

Bahasa mudahnya adalah memformat hardisk, sebenarnya cara kedua ini cukup berbahaya, karena dengan memformat harddisk maka itu sama saja menghapus semua data yang tersimpan di harddisk external kita.

Jika kamu mau mengambil resiko itu, kamu dapat mengikuti cara format harddisk external sebagai berikut:

  1. Ketikan “Create and Format harddisk partition “, Di kolom/menu search dimenu Windows.
  2. Kemudian click Create and Format harddisk partition
  3. Atau klik tombol di keyboard Windows + R maka ada halaman Run
  4. Sesudah window Run terbuka, ketik diskmgmt.msc
  5. Kalau sudah, maka halaman Komputer Manajemen dan coba Format ulangi drive (Pastikan yang kamu format adalah Drive yang benar) Umumnya dengan memformat harddisk, harddisk yang awalnya tidak teridentifikasi bakal menjadi normal.

3. Ganti Kabel USB

Bisa saja pemicu data pada hardisk external tidak bisa dibaca karena kabel USBnya bermasalah.

Untuk tipe kabel USB yang digunakan pada hardisk ada dua macam. Pertama ialah USB to USB atau male. Ke-2 ialah USB Type-C yang ukuran tebal. Kabel USB yang rusak dapat mengganggu kinerja darai proses transfer data dan penyaluran daya listrik. Hal itu yang mengakibatkan data jadi tidak terbaca.

4. Mengganti Letter Hardisk

Letter Hardisk adalah sebuah Huruf yang digunakan untuk penamaan Partisi Harddisk, seperti Drive C, Drive D, dan seterusnya, Dalam beberapa kasus, ada hardisk external yang sesungguhnya telah terhubung, tapi tidak mempunyai letter.

Padahal setiap drive yang terhubung dengan komputer akan memiliki sebuah Letter, entah itu harddisk external, flahdisk, ataupun dvd external. Hal ini mengakibatkan, hardisk tidak dapat terbaca.

Bila memperoleh kasus semacam itu, yang perlu kita lakukan adalahu menambahkan letter pada hardisk external yang dipakai, Bagaiman caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama membuka disk manajemen, langkah membuka sama dengan cara ke-2 dari mengatasi harddisk external yang tidak terbaca dalam artikel ini.
  2. Selanjutnya Klik kanan disk yang ingin diubah/diberi letter-nya.
  3. Lalu klick Change Drive Letter and Path
  4. Kemudian Klik Add atau Change untuk mengganti letter drivenya.
  5. Kalau sudah, Ikuti saja tahapan berkutnya sampai selesai (tinggal next-next doang).
4.3 average based on 647 votes (Closed)

Leave a Reply