Generasi Prosesor Intel yang Perlu Diketahui

Alfa - Like Follow

Intel adalah perusahaan pembuat prosesor komputer yang sudah berusia lebih dari separuh abad. Seri pertama prosesornya saja rilis di awal dekade 70an. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 30 seri prosesor yang dirilis oleh Intel. Generasi prosesor Intel pun sudah cukup banyak. Bagi Anda yang belum tahu, ada setidaknya 16 generasi prosesor dari Intel.

Generasi Prosesor Intel (Lengkap)

generasi prosesor Intel, Generasi Prosesor Intel yang Perlu Diketahui

Gen II: Dual-core Pentium M

Generasi yang pertama disebut juga seri Core. Seri ini ada 2, Pentium M adalah yang pertama. Generasi ini rilis Januari 2006.

Gen II: Dual-core 64-bit

Generasi prosesor intel yang selanjutnya ini sama-sama menggunakan dual core, tapi basis corenya menggunakan microarchitecture. Generasi kedua rilis 27 Juli 2006.

Nehalem

Rilis November 2008, Nehalem memiliki beberapa seri yakni Core i3 generasi pertama, i5 generasi pertama, dan i7 generasi pertama.

Sandy Bridge

Rilis awal 2011, Sandy Bridge mengembangkan Nehalem dengan seri yang sama yakni i3, i5, dan i7.

Ivy Bridge

Nama lain untuk generasi ini adalah generasi ketiga. Artinya Ivy Bridge masih hasil pengembangan dari Nehalem dan Sandy Bridge. Generasi ini rilis April tahun 2012 untuk mobile dan September tahun 2012 untuk versi PC.

Haswell

Generasi keempat adalah Haswell yang rilis tahun 2013. Masih sama dengan i3, i5, dan i7, namun lebih cepat dari 3 generasi sebelumnya karena corenya lebih banyak.

Broadwell

Generasi kelima dari prosesor Core, Broadwell rilis 6 September 2014. Generasi ini adalah yang pertama menggunakan chip 14 nm dan untuk versi mobile rilis Januari 2015.

Skylake

Generasi keenam rilis Agustus 2015 dan mendesain ulang Broadwell dengan tetap menggunakan 14 nm yang membuat hasilnya lebih hemat daya. Skylake ini rilis kembali sebagai generasi ke-9 dengan clock speed yang ditingkatkan.

Kaby Lake

Kaby Lake rilis pada bulan Oktober 2016 untuk versi mobile dan Januari 2017 untuk versi PC. Pada generasi ini masih menggunakan teknologi 14 nanometer seperti pendahulunya.

Coffee Lake

Coffee lake merupakan generasi ke delapan dari Intel Core Microarchitecture. Oktober 2017 produk ini rilis dan menunjukkan bahwa perform generasi ini melonjak jauh lebih baik. Coffee Lake kemudian merilis generasi ke-9 nya tahun 2018.

Amber Lake

Generasi ini masih ada pada generasi ke delapan. Amber Lake merupakan penyempurnaan dari Kaby Lake untuk versi mobile dengan pemakaian daya yang lebih rendah. Amber Lake kemudian dirilis lagi untuk generasi ke 10. Amber Lake generasi ke-10 ini menjadi salah satu prosesor terbaru Intel yang beredar di pasaran. 

Whiskey Lake

Generasi ini juga masih masuk pada generasi ke delapan. Whiskey Lake adalah penyempurnaan ketiga dari Skylake. Prosesor ini rilis pada 28 Agustus 2018.

Cannon Lake

Sebelumnya prosesor ini dinamai Skymont. Cannon Lake merupakan langkah baru intel untuk prosesor yang lebih efisien secara proses, pembuatan, dan optimasi.

Cascade Lake

Setelah Skylake dan Coffee Lake yang merupakan generasi ke-9, Intel baru meluncurkan generasi ke-10 yang mereka beri nama Cascade Lake. Generasi ke-10 ini jauh lebih efisien dan cepat proses bekerjanya.

 

Ice Lake

Masih di generasi ke-10, ada Ice Lake microarchitecture. Prosesor ini mewakili peningkatan pembuatan dari Kaby Lake dan Cannone Lake. Ice Lake menggunakan 10 nm+ yang terbaru dari Intel.

Comet Lake

Prosesor yang satu ini menggunakan 14 nm seperti Skylake dan Whiskey Lake. Comet lake dirilis 21 Agustus 2019.

Perjalanan Intel dalam mengembangkan prosesor sudah sangat panjang. Tercatat ada 10 generasi prosesor Intel yang sudah dibuat dengan 16 codename. Apakah Anda sekarang menggunakan yang terbaru, atau masih generasi awal?

Next PostRead more articles

Leave a Reply