Cara Melakukan Daftar Ulang Kartu Smartfren

Alfa - Like Follow

Kemenkominfo mewajibkan setiap nomor yang akan digunakan untuk melalui tahapan registrasi sebelum digunakan. Hal ini juga berlaku untuk pelanggan yang menggunakan provider smartfren, baik kartu lama atau kartu baru. Cara daftar ulang smartfren sangat mudah dilakukan dengan menggunakan data seperti NIK dan nomor KK.

Upaya ini dilakukan untuk meminimalkan penipuan yang melibatkan jaringan seluler dan data pelanggan. Selain itu registrasi ini memudahkan berbagai transaksi yang akan dilakukan pada masa depan misalnya transaksi online. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan ulang nomor provider smartfren.

Registrasi Online SIM Prabayar

cara daftar ulang smartfren, Cara Melakukan Daftar Ulang Kartu Smartfren

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah secara online dengan mengunjungi laman resmi milik smartfren. Ingatlah untuk melakukan registrasi dengan laman resmi agar data yang dimasukkan tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut cara simpe yang bisa dilakukan secara online untuk nomor smartfren :

  • Masukkan nomor telepon smartfren yang akan dilakukan registrasi tersebut.
  • Selanjutnya Anda diharuskan untuk mengisi nomor KTP yang berjumlah 16 digit, nomor ini juga disebut dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Agar lebih mudah daripada memasukkan NIK, Anda bisa mengunggah foto E-KTP yang dimiliki.
  • Lalu pilihlah jenis verifikasi yang akan digunakan, misalnya dengan kode PUK, kode yang dikirim ke SMS atau kode aktivasi. PUK adalah kode yang  berada pada bagian belakang kartu fisik Anda. Sedangkan kode aktivasi berada di stiker yang terdapat di boks perangkat yang Anda gunakan. Untuk SMS kode akan dikirimkan melalui pesan singkat /SMS.
  • Masukkan data verifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya, misal jika melalui SMS Anda akan dikirimi kode melalui pesan singkat.
  • Masukkan nomor induk KK yang juga berjumlah sebanyak 16 digit nomor atau bisa dengan mengunggah foto KK. Pastikan foto KK jelas dan bisa dilihat agar bisa terbaca oleh program verifikasi.
  • Lalu masukkan alamat email yang masih aktif dan juga nomor telepon lain jika memilikinya, pilihan ini bersifat opsional. Jadi bisa dikosongkan jika tidak memiliki nomor lain.
  • Pastikan untuk membaca persyartan yang dijabarkan sebelum menyetujui proses registrasi yang akan dilakukan.
  • Ceklis bagian persetujuan agar proses bisa segera dilakukan dan klik tombol “Lanjut”.
  • Tunggulah hingga Anda menerima pesan yang berisi konfirmasi jika nomor smartfren telah berhasil dilakukan registrasi ulang.

Registrasi Kartu Baru Smartfren

Cara daftar ulang smartfren satu ini sedikit berbeda karena untuk kartu baru. Registrasi untuk kartu baru sangat mudah dilakukan karena proses akan langsung muncul ketika kartu dimasukkan ke dalam handphone. Perlu dilakukan registrasi kartu baru agar kartu bisa digunakan secara maksimal. Berikut beberapa langkah untuk melakukan registrasi menggunakan kartu baru smartfren,

  • Masukkan kartu smartfren yang baru saja dibeli dan belum dilakukan registrasi sebelumnya.
  • Ketika kartu masuk ke dalam handphone, lalu secara otomatis akan muncul menu pop up agar Anda segera melakukan registrasi.
  • Masukkan nomor NIK dan KK yang berjumlah 16 digit pada menu pop up yang muncul. Lakukan perintah sesuai dengan ketentuan yang dijabarkan menu pop up.
  • Klik “Kirim” untuk melanjutkan proses pendaftaran tersebut.
  • Jika dalam proses memasukkan nomor 16 digit terjadi kesalahan, misal salah satu nomor KK atau NIK. Proses registrasi akan dibatalkan dan Anda harus melakukan pendaftaran dengan cara lainnya.

Registrasi SIM Prabayar Melalui SMS

Cara lain yang sangat mudah untuk melakukan registrasi ulang adalah menggunakan layanan pesan singkat /SMS. Layanan ini bisa digunakan untuk semua jenis handphone meski tidak berbasis android atau terhubung ke internet. Selain itu cara ini bisa dilakukan untuk registrasi nomor baru smartfren jika gagal saat registrasi awal.

  • Masuklah ke dalam menu pesan singkat untuk mengetik format registrasi ulang untuk kartu smartfren.
  • Format yang diketik pada menu pesan adalah NIK#Nomor KK#, ingatlah bahwa format tidak menggunakan spasi sama sekali.
  • Pada bagian pengiriman ketikah nomor tujuan untuk melakukan pendaftaran, nomor yang dituju adalah nomor cantik 4444.
  • Klik menu kirim dan tunggulah beberapa saat sampai mendapai balasan dari proses pengajuan registrasi.
  • Jika berhasil Anda akan menerima pesan balasan yang menyatakan proses daftar diterima. Namun jika gagal kemungkinan Anda salah memasukkan nomor NIK atau KK sehingga data tidak bisa diregistrasi. Caranya jika gagal pastikan nomor sudah benar dan batas penggunaan KK sudah sesuai.

Registrasi Ulang ke Galeri Smartfren

Jika cara-cara diatas tidak bisa dilakukan maka Anda tetap bisa melakukan daftar ulang dengan cara datang langsung ke galeri smartfren. Misal jika terkendala jaringan yang buruk atau koneksi internet yang lemah sehingga Anda selalu gagal melakukan registrasi. Selain itu banyak faktor lain yang tidak diketahui secara pasti

Biasanya semua masalah bisa diketahui saat mendatangi galeri smartfren ini. Masalah yang biasanya muncul seperti batas penggunaan nomor NIK dan KK yang sudah melebihi batas pemakaian. Atau mungkin nomor KK yang tidak tersingkronisasi dengan NIK yang Anda miliki dan data tidak bisa diterima.

Anda bisa datang langsung ke galeri terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan untuk registrasi ulang. KK dan KTP adalah persyaratan yang harus dibawa agar bisa melakukan registrasi ulang. Bawalah fotokopi atau data asli karena galeri tidak melayani data yang hanya dalam bentuk foto KK dan KTP.

Cara daftar ulang smartfren tersebut bisa dilakukan untuk nomor lama maupun nomor baru, namun nomor baru biasanya lebih mudah. Jika Anda mengalami berbagai kendala dan tidak memungkinkan datang ke galeri smartfren, cara yang paling mudah bisa dengan menghubungi call canter. Call canter bisa membantu agar masalah nomor smartfren bisa di registrasi ulang.

Leave a Reply