Cara Daftar Email GMail Dan Keunggulan GMail

  • Post Author:
  • Post Category:Internet
Cara Daftar Email GMail Dan Keunggulan GMail

Email adalah Electronic Mail atau surat elektronik. Email merupakan suatu sarana komunikasi dengan format digital  untuk mengirim dan menerima pesan atau surat melalui jalur jaringan komputer dan internet. Itu artinya pesan digital atau email ini dapat dibuat, dikirim dan di terima ke dan dari alamat email lainnya dengan menggunakan computer/laptop, smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Jika dulu anda perlu menulis surat, membungkusnya dengan amplop, menempelinya perangko kemudian membawanya ke kantor pos untuk dikirim, tidak dengan sekarang. Saat ini anda bisa mengirimkan surat atau pesan secara elektronik hanya dalam hitungan detik.

Layanan email juga terdapat beberapa di dunia, yang paling sering digunakan adalah Gmail dan Yahoo. Namun, belakangan ini gmail menjadi begitu populer karena hampir seluruh smartphone android membutuhkan akun gmail.

Bagaimana untuk menggunakannya? Tentu yang pertama harus dilakukan adalah dengan membuat atau mendaftar akun gmail terlebih dahulu. Apakah anda sudah tahu cara daftar email gmail? Jika belum, berikut adalah langkah – langkah dalam daftar email gmail.

  1. Buka Gmail

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka website gmail yaitu www.gmail.com. Setelah muncul halaman awal, maka akan muncul tulisan:

Lanjutkan ke gmail

Lupa email

Opsi lainnya.

  1. Klik opsi lainnya

Langkah kedua klik pilihan opsi lainnya maka akan muncul:

Buat akun baru

Bukan perangkat anda

  1. Isi formulir

Setelah anda menekan atau mengklik buat akun baru, akan muncul formulir yang meminta anda mengisikan identitas lengkap anda mulai tanggal lahir hingga nomor telepon anda yang masih aktif untuk memverifikasi bahwa anda benar – benar manusia.

  1. Setuju

Setelah mengisi seluruh formulir, klik langkah selanjutnya. Setelah anda mengklik lagkah selanjutnya, akan muncul halaman privasi dan persyaratan. Baca dan scroll hingga kebagian paling bawah maka akan muncul pilihan :

Setuju

Batal

Klik setuju dan anda sudah bisa menggunakan gmail anda.

Cukup mudah bukan? Membuat dan mendaftar akun email di gmail memang mudah. Anda hanya perlu memiliki nomor telepon yang benar – benar masih aktif dan dapat digunakan.

Setelah mengetahui cara daftar email gmail, berikut kita akan membicarkan kelebihan email gmail, diantaranya adalah:

  1. Tidak memiliki masa kadaluwarsa

Gmail tidak akan menghapus akun yang kita pernah buat meskipun setelah membuatnya kita tidak pernah membukanya sama sekali. Artinya, akun kita akan bertahan seumur hidup.

  1. Multi Akun

Multi akun disini adalah, dimana satu akun gmail dapat digunakan untuk berbagai produk layanana dari google. Dengan membuat akun gmail, kita juga otomatis telah menggunakan layanan google plus, google maps, hangout, googele duo dan produk google lainnya. Jadi, anda tidak perlu repot – repot membuat akun baru untuk menikmati berbagai akun lainnya.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa 3 Tercepat

  1. Login ke lebih dari satu akun sekaligus

Tak jarang kita memiliki akun gmail lebih dari satu. Biasanya kita perlu membuka jendela baru atau tab baru untuk membuka beberapa akun sekaligus. Namun dengan gmail, kita bisa membuka dan mengganti – ganti akun yang kita miliki sekaligus. Memudahkan kita bukan?

Baca juga: 2 Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen

  1. Kapasitan penyimpanan

Gmail dikenal dengan kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Kita bisa menikmati kapasitas penyimpanan sebesar 15GB yang diberikan gratis oleg gmail. Namun, jika anda masih merasa kurang dan ingin menambahnya, anda bisa mengupgrade penyimpanan anda hingga 100GB dengan membayar biaya 1,99$ per bulan. Cukup murah bukan?

  1. Dapat melihat lampiran

Tentu kita sering menyertakan lampiran pada email yang kita kirim. Atau mungkin juga kita menerima email yang juga terdapat lampiran berupa dokumen, PDF ataupun foto. Di gmail, kita bisa langsung melihat previewnya. Tanpa harus mendownloadnya, karena ketika kita melihatnya secara otomative lampiran tersebut terunggah ke google drive kita.

  1. Berbagi file berukuran besar

Salah satu kekurangan mengirim pesan atau lampiran melalui email adalah bahwa kita tidak bisa mengirim file berukuran lebih dari 1GB. Namun, dengan gmail kita bisa berbagi file berukuran hingga 10GB melalui drive yang merupakan produk dari google dan terhubung langsung dengan Gmail.

  1. Folder

Dalam gmail, kita bisa membuat folder. Dimana kita bisa mengelompokkan email – email yang kita terima menjadi kategori – kategori yang telah kita tentukan. Hal ini mempermudah pengguna untuk mengorganisir email yang masuk.

  1. Tanpa refresh

Jika biasanya kita harus memuat ulang atau merefresh laman browser untuk mendapatkan update terbaru, dengan gmail kita tidak perlu melakukannya. Email baru pada gmail akan secara otomatis muncul tanpa perlu di refresh terlebih dahulu. Kecuali jika koneksi internet anda sedang buruk.hal itu tentu juga mengganggu kinerja gmail anda.

  1. The best anti spam

Gmail juga dikenal memiliki sistem anti spam terbaik di dunia. Sistem anti spam google selalu berhasil membaca content – content email yang mungkin mengandung virus, phising iklan atau mungki juga hal – hal yang kurang pantas.

  1. Email dan balasan email

Pada gmail, email dan balasan email muncul dalam satu thread. Jadi, ketika kita medapat email dan membalasnya, balasan email kita akan langsung muncul di bawah email yang kita balas tadi. Hali ini mempermudah kita dalam melacak histori pembicaraan kita sebelumnya.

  1. Contact otomatis tersimpan

Satu hal yang menarik dari gmail adalah, ketika kita mengirim email, alamat email tersebut otomatis tersimpan. Sehingga, anda tidak perlu repot mencari – cari email orang. Ketika anda mengetikkan nama atau keyword alamat email itu pada bilah kepada, akan muncul nama – nama kontak atau alamat email yang sesuai dengan kata yang anda masukkan.

  1. Video Call

Gmail juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk melakukan video call dengan lebih dari satu orang secara bersamaan. Jadi, ketika anda membuka gmail, anda akan bisa melihat siapa saja yange menggunakan fasilitsa tersebut, dan anda mungkin bisa melakukan group video call.

  1. Koneksi cepat

Gmail dikonek dengan koneksinya yang cukup cepat. Kita bisa saja mengirim email dan langsung diterima dalam beberapa detik saja oleh penerima. Bahkan kita juga masih bisa menggunakan google dalam keadaan koneksi internet yang buruk.

Demikian adalah cara daftar email gmail dan kelebihan dari gmail. Jika anda belum memiliki akun gmail, segeralah anda daftar email gmail.

Leave a Reply