Cortana Resmi di Pensiunkan dari Windows oleh Microsoft

Avatar photo

Kabar terbaru dari Microsoft yang pasti bakal bikin kamu agak sedih. Jadi, mulai Agustus 2023 nanti, dukungan untuk aplikasi Cortana di Windows bakal dihentikan, loh. Jadi, kamu gak akan bisa lagi pakai asisten virtual itu di PC kamu.

Cortana
Cortana

Emang sih, gak terlalu mengejutkan sih. Soalnya, sebelumnya Microsoft juga udah berhenti dukung aplikasi Cortana di Android dan iOS. Tapi tenang aja, meskipun dukungan dihentikan, kamu masih bisa akses Cortana lewat beberapa aplikasi Microsoft seperti Outlook mobile atau Teams mobile.

Cortana kan pertama kali muncul tahun 2014, awalnya cuma buat Windows Phone 8.1, tapi kemudian merambah ke PC Windows. Sayangnya, Cortana ini kurang populer dibanding pesaingnya seperti Google Assistant, Siri, atau Alexa.

Makanya gak heran deh, Microsoft akhirnya putusin untuk gantiin Cortana dengan asisten virtual baru yang lebih canggih. Teknologi AI lagi ngetren banget sekarang, jadi penggantinya bakal lebih seru, deh!

Nah, setelah Cortana pensiun, Microsoft menawarkan beberapa alternatif buat kamu. Salah satunya, ada fitur keren di Windows 11 namanya Voice Access. Jadi, kamu bisa ngontrol PC kamu lewat suara, gampang banget kan?

Selain itu, ada juga beberapa fitur AI lainnya seperti Bing AI, Microsoft 365 Copilot, dan yang paling menarik adalah Windows Copilot. Windows Copilot ini adalah asisten AI yang canggih banget, loh. Dia bakal jadi pusat segala aktivitas kamu dan bisa digabungkan dengan Bing Chat. Pastinya bakal seru!

Sayangnya, Windows Copilot sekarang masih dalam tahap Preview di Windows 11. Tapi gak lama lagi, pasti bakal rilis resmi dan bisa kamu nikmatin.

Jadi, meskipun kita bakal kangen sama Cortana, tenang aja karena ada banyak pilihan asisten virtual keren lainnya dari Microsoft. Makanya, tungguin aja kabar selanjutnya tentang Windows Copilot, ya!

(Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *