Berikut Ini Bagaimana Dan Ciri HP Kena Kamu Virus

Alfa - Like Follow

Bagi smartphone Android, virus adalah ancaman yang berpotensi membahayakan perangkat lunak. Bukan hanya mengganggu kinerja berbagai aplikasi, namun juga bisa merusak sistem apabila dibiarkan. Oleh sebab itu, sebagai pengguna ponsel yang baik sudah seharusnya kamu selalu memastikan HP terbebas dari virus. Karenanya, kamu perlu tahu ciri HP terkena virus.

Meskipun ada beberapa kondisi yang membuat gejala masuknya virus di smartphone sulit dikenali. Namun umumnya pengguna akan merasakan ada sesuatu yang berbeda. Salah satunya adalah timbulnya kendala saat hendak menggunakan suatu aplikasi. Apalagi, cara masuknya virus ke smartphone itu tidak terduga, bahkan tidak jarang dari suatu kegiatan yang sangat sepele.

Cara Virus Masuk ke Smartphone

ciri HP terkena virus., Berikut Ini Bagaimana Dan Ciri HP Kena  Kamu Virus

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri HP terkena virus, maka akan lebih baik kalau kamu juga tahu bagaimana cara virus menyerang smartphone. Dengan begitu, masuknya virus dapat dihindari.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa membuat virus masuk ke ponsel kamu.

  • Mengunduh aplikasi dan file sembarangan, terutama tidak melalui platform resmi yang direkomendasikan.
  • Suka menggunakan aplikasi bajakan yang gratis, dan kamu tidak sadar kalau ada banyak virus yang bersarang disana.
  • Proteksi smartphone yang kurang berfungsi secara maksimal juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.
  • Tidak banyak yang mengetahui, bahwa ternyata jarang update aplikasi yang sudah terpasang bisa membuat virus lebih gampang masuk. Oleh karena itu, jangan malas update.
  • Mengakses Wifi secara sembarangan juga bisa menjadi pintu masuk virus ke smartphone kamu.
  • Sering memberikan informasi personal ke berbagai aplikasi maupun situs tidak dikenal.
  • Ponsel tidak dipasangi dengan antivirus.

Ciri-Ciri Smartphone Terkena Virus

Setelah mengetahui apa saja hal yang bisa membuat smartphone kemasukan virus. Selanjutnya kamu juga wajib tahu bagaimana ciri HP terkena virus. Untuk penjelasan lengkapnya, silahkan simak di bawah ini :

1. Kinerja Ponsel Lebih Lambat

Kalau smartphone kamu tiba-tiba jadi lemot padahal tidak sedang menjalankan aplikasi apapun. Kemungkinan besar ponsel kamu telah terserang malware atau virus. Untuk mengatasinya, segera install antivirus dan lakukan scanning.

2. Ponsel Mati Ketika Menerima Panggilan

Kamu pernah mengalami hal ini, ketika sedang asyik telponan tapi ponsel mendadak mati padahal baterai masih penuh? Ini adalah salah satu tanda ponsel terkena virus. Selain mengacaukan sistem, keberadaan virus juga bisa membuat jaringan jadi tidak stabil.

3. Baterai Mudah Habis

Tanpa disadari, ketika ponsel sudah diserang virus, maka daya baterai akan mudah terkuras dan habis hanya dalam hitungan menit saja. Oleh karenanya, saat baterai semakin boros meskipun tidak dipakai, jangan langsung berspekulasi kalau baterai sudah rusak.

4. Penggunaan Paket Data Internet Berlebihan

Merasa jarang menggunakan internet tapi paket data yang baru dibeli tiba-tiba sudah habis? Kamu harus hati-hati, karena ini bisa jadi disebabkan oleh virus. Supaya penggunaan kuota internet terus terpantau, maka kamu bisa mengaktifkan fitur untuk membatasi penggunaan data.

5. Iklan Mengganggu Terus Bermunculan

Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang ponsel, salah satu yang paling populer adalah adware. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan berbagai iklan mengganggu di perangkat smartphone para target. Tujuan adware biasanya adalah mencari keuntungan melalui iklan, hingga mencuri data pribadi pemilik ponsel.

Dengan mengetahui penyebab dan juga ciri HP terkena virus, maka kamu bisa mulai mengaplikasikan tindakan untuk mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi. Tentu juga cara menanggulanginya kalau sudah terlanjur terserang virus Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menginstal aplikasi antivirus terbaik di perangkat smartphone kamu.

Leave a Reply