Cara Mengecek Kuota Smartfren

Alfa - Like Follow

Smartfren adalah provider yang memiliki paket internet murah dan unlimited sehingga banyak disukai penggunanya. Namun agar bisa mengetahui sisa kuota dan masa berlaku internet Anda bisa melakukan pengecekan. Cek kuota smartfren sebenarnya sangat mudah jika sudah mengetahui salah satu cara saja.

Cek Kuota Melalui Dial Up

Dial up atau panggilan telepon adalah cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek kuota sisa smartfren. Panggilan dilakukan dengan menghubungi nomor 995 dengan kode tertentu. Berikut beberapa langkah yang dilakukan :

  • Masuk ke menu dial atau telepon lalu ketiklah kode khusus *995# dan tekan ok /call.
  • Menu pop up akan muncul dengan beberapa pilihan, selain itu juga menampilkan jumlah kuota yang dimiliki pelanggan.
  • Anda juga bisa mengetahui jenis paket dan masa berlaku paket internet tersebut di menu pop up yang muncul tersebut.

Cek Kuota Melalui Pesan Singkat /SMS

Cek kuota provider ini juga bisa dilakukan menggunakan layanan SMS yang gratis. Format SMS yang dikirimkan juga sangat simple dan tidak membutuhkan nomor yang digunakan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan melalui pesan singkat /SMS :

  • Masuk ke dalam menu pesan singkat lalu aturlah penerima pesan dengan nomor tujuan 995.
  • Ketiklah pesan dengan tulisan ”CEK” dan kirimkan pesan tersebut.
  • Tunggulah hingga SMS tersebut dibalas pihak smartfren. Perlu diketahui jika SMS tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis.
  • Balasan SMS akan menampilkan  informasi lengkap mengenai jumlah kuota sisa, nomor yang digunakan serta masa berlakunya paket.

Cek Kuota Melalui Aplikasi MySmartfren

Aplikasi resmi smartfren ini bisa didownload secara gratis dan sangat mudah melalui play store di smartphone berbasis internet. User interface yang dimiliki aplikasi bernama MySmartfren ini sangat mudah untuk dipahami semua kalangan. Selain itu banyak fitur menarik seperti penawaran beberapa paket internet promo.

  • Download dan instal aplikasi MySmartfren untuk handphone berbasis android atau iOS jika Anda menggunakan iphone.
  • Jika belum login maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah masuk untuk login dengan mengkonfirmasi beberapa data yang ditampilkan.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, pada laman utama Anda harus memilih menu dengan tulisan “Paket Saya”.
  • Menu tersebut akan menampilkan berbagai informasi mengenai paket internet, jumlah kuota, nomor telepon smartfren, paket telepon dan SMS. Selain itu masa aktif berbagai paket tersebut akan ditampilkan secara rinci.

Cek Kuota Melalui Modem Smartfren

Smartfren diketahui menyediakan modem atau wifi portable yang bisa digunakan untuk internet leptop atau PC. Anda bisa melakukan pengecekan kuota untuk modem smartfren yang digunakan. Seringkali cara cek kuota smartfren modem tidak diketahui oleh penggunanya. Cara mengecek kuota satu ini tentunya hanya untuk nomor yang digunakan pada modem tersebut.

  • Instal aplikasi modem smartfren terlebih dulu sebelum mengecek kuota sisa modem.
  • Sambungkan modem smartfren ke leptop atau PC terlebih dahulu.
  • Pilih menu pesan untuk mengirim SMS ke nomor 995.
  • Tunggulah hingga SMS balasan diterima yang menyatakan sisa kuota internet modem yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan menu dial up pada modem dengan cara yang mirip seperti pengecekan dengan dial up sebelumnya di atas.

Melalui Website Resmi Smartfren

Cara satu ini juga cukup mudah dengan syarat Anda sedang terhubung ke jaringan internet saja. Masuklah ke dalam website resmi milik Smartfren dan pilih menu yang digunakan untuk mengecek paket internet yang tersisa. Lalu masukkan nomor paket yang digunakan dan tunggu hingga hasil sisa kuota yang dimiliki muncul dilayar beranda.

Cek kuota ini juga bisa berlaku untuk mengecek kuota modem smartfren. Jadi Anda juga tinggal memasukkan nomor modem yang digunakan untuk mengetahui sisa kuota yang dimiliki. Sangat mudah dan simple untuk mengecek sisa kuota internet ini. Selain itu Anda juga bisa masuk ke dalam akun yang telah dibuat sebelumnya untuk mengetahui sisa kuota.

  • Kunjungi situs resmi smartfren yaitu https://my.smartfren.com
  • Login ke dalam situs dengan menggunakan user ID atau alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya. Namun jika Anda belum mendaftar bisa memilih opsi “Daftar” pada bagian bawah laman tersebut.
  • Setelah masuk Anda bisa memilih menu “Detail” untuk mengetahui berbagai informasi tersebut. Informasi yang dapat dilihat adalah paket, detail info dan detail bonus yang dimiliki nomor Anda.

Mengapa Penting Mengecek Kuota Secara Berkala

Melakukan pengecekan kuota secara berkala bisa membantu Anda dalam penggunaan paket agar lebih hemat. Terutama bagi yang tidak menggunakan paket unlimited sehingga pembatasan penggunaan harian sangat penting dilakukan. Berikut beberapa alasan mengapa harus melakukan pengecekan kuota tersebut.

  • Hemat kuota dengan memperkirakan jumlah kuota sisa hingga saat gajian tiba. Hal ini sangat penting dilakukan karena biasanya Anda membeli paket internet bulanan agar lebih hemat. Jumlah pemakaian harus disesuaikan, jika sisa paket sudah sedikit Anda bisa mulai berhemat agar cukup hingga beberapa hari ke depan.
  • Mengetahui masa berlaku paket bisa dilakukan sembari mengecek kuota ini. Jika paket internet masih banyak tersisa namun masanya tinggal sedikit, Anda bisa menggunakan untuk mendownload file besar. Misal mendownload film atau update berbagai software yang pasti menggunakan banyak kuota dalam prosesnya.
  • Mengetahui detail paket internet yang digunakan juga bisa dilakukan dengan mengecek kuota yang dimiliki. Pengecekan ini bisa dilakukan jika ternyata Anda ingin mengubah jenis paket yang digunakan sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu pengecekan diperlukan untuk mengetahui sisa paket dan jenis paket hingga masa berlakunya sebelum diganti.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek kuota smartfren yang Anda miliki dengan provider ini. Anda bisa memilih salah satu cara yang paling mudah atau yang bisa dilakukan pada saat tersebut. Jika menggunakan paket unlimited maka pengecekan bisa dilakukan untuk mengetahui masa aktif yang dimilikinya.

Next PostRead more articles

Leave a Reply