Bingung Ambil Gambar Layar ? Berikut Cara Mudah Menangkap Layar Laptop / Komputer

Bingung Ambil Gambar Layar ? Berikut Cara Mudah Menangkap Layar Laptop / Komputer

Cara Mudah Screenshot di PC โ€“ Sebagai orang yang bekerja dengan komputer terkadang dituntut untuk menunjukan apa yang sedang kita lakukan kepada teman, rekan kerja atau klien dan harus persis seperti apa yang kita lihat. Bingung ?

Oke begini, banyak kasus yang menutut kita untuk mengcapture layar komputer kita dan harus ditunjukan pada orang lain. Misalkan saja artikel cara screenshot di PC yang membutuhkan gambar untuk ditunjukan kepada kalian agar kalian tau tombol mana yang ditekan, menu mana yang diklik, dan kolom mana yang harus diisi.

Dengan screenshot semuanya akan jadi jelas, namun apakah semua orang tau bagaimana menangkap gambar dilayar ? hemm belum tentu, walapun caranya cukup mudah yaitu

  • menekan tombol PrtSc/Print Scr/Print Screen
  • Buka Paint
  • Klik Kanan Paste / Tekan CTRL+V

Layar Pun sudah tertangkap dengan baik. Terus apalagi ?

Ternyata ada beberapa cara lain yang bisa kita gunakan untuk menangkap gambar di Layar monitor kita.

Cara Screenshot di PC

Cara screenshot ini dapat digunakan di beberapa versi windows, seperti windows 7, windows 8 dan windows 10. Baik yang terinstall di Laptop maupun di PC, semuanya bisa.

Cara Screenshot Layar PC/Laptop dengan Print Scr

ini adalah cara konveksional yang sebetulnya bisa digunakan disemua versi Windows, bahkan dibeberapa Operating System seperti Ubuntu maupun MacOs. Cara screenshot dengan tombol print screen ini dapat kalian lakukan dengan cara :

Cara Screenshot Layar PC
tombol print screen (kotak merah)
  • Cari dan tekan Tombol Print Screen/Print Scr/PrtSc
  • Buka Aplikasi Paint, Photohshop atau Ms Word
  • Kemudian kanan paste dan hasil screenshot pun dapat kita dapatkan, selanjutnya mau diedit atau langsung disimpan terserah kalian.

Cara Screenshot PC dengan Tombol Alt + Print Screen

Sedikit berbeda dengan cara di atas, jika cara di atas menangkap seluruh layar tanpa terkecuali, cara screenshot ini hanya akan menangkap window / jendela yang aktif saja, namun langkahnya tetap sama dengan cara sebelumnya yaitu :

  • Cari dan tekan Tombol ALT dan Print Screen/Print Scr/PrtSc Secara bersamaan
  • Buka Aplikasi Paint, Photohshop atau Ms Word
  • Kemudian kanan paste dan hasil screenshot pun dapat kita dapatkan, selanjutnya mau diedit atau langsung disimpan terserah kalian.

Cara Screenshot PC dengan Tombol Windows + Print Screen

Cara ini juga berbeda dengan sebelumnya, jika didua cara di atas perlu aplikasi lain untuk menyimpan kebentuk file, dicara screenshot ketiga ini kita akan menghasilkan sebuah file setelah kita menekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan.

Hasil screenshoot dapat kalian temukan di windows Explorer, Pictures/Screenshots.

Cara Screenshot PC dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah sebuah aplikasi bawaan windows yang ditujukan untuk keperluan menangkap layar. Snipping Tool memiliki berbagai mode capture atau screenshot yang bisa kalian pilih.

Snipping Tool juga memberikan opsinal kepada kita apakah ingin menyimpan, menyalin agar bisa dipaste di Paint, Photshop atau Ms Word.

Untuk menggunakan Snipping Tool, kalian bisa mencarinya dengan

  • Klik Start Menu dan ketika Snipping Tool
  • Pilih New pada Jendela Snipping yang sudah muncul
  • Pilih Mode atau langsung seleksi area yang ingin discreenshot.

Selanjutnya kalian bisa simpan dengan cara klik File > Save As.

Cara Screenshot PC dengan Tombol Windows + Shift + S

Menurut beberapa situs, cara ini adalah langkah lebih maju karena memanfaatkan versi Snipping Tool yang baru yaitu Snip & Skecth. Dengan menekan tombol Windows + Shift + S selama beberapa detik, layar monitor kita akan menjadi sedikit gelap dan cursor yang semula berbentuk panah berubah jadi tanda โ€œ+โ€. Yang artinya kita sudah berada dimode screenshot.

Cukup seleksi area yang diinginkan kemudian area tersebut akan tercapture, dan bisa langsung kalian edit.

Leave a Reply

Close Menu