Cara Mudah Me-reset HP Xiaomi

Alfa - Like Follow

Mungkin pernah terbesit dalam pikiran, tentang kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dengan HP Xiaomi yang kamu miliki. Bisa jadi HP-mu tidak bisa diapa-apakan lagi baik karena rusak tertimpa sesuatu, ikut terendam saat mencuci, atau sudah terkena virus dan harus di reset. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara reset HP Xiaomi, tentu itu akan menjadi hal yang merepotkan.

Ada banyak cara pengaturan ulang/reset yang dapat dilakukan oleh HP Xiaomi. Soft reset, hard reset, reset level kedua, master reset, master clears, reset data seperti saat keluar dari pabrik. Untuk menyederhanakannya, artikel ini akan membahas dua dari pengaturan ulang yang bisa dibilang umum dan pasti tersedia pada ponsel, yaitu soft reset dan hard reset.

Cara Reset HP Xiaomi, Mudah!

cara reset HP Xiaomi, Cara Mudah Me-reset HP Xiaomi

Melalui artikel ini, akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud dari dua cara reset HP Xiaomi. Dimulai dengan bagaimana cara tersebut dilakukan dan apa manfaat dari dua cara reset tersebut, untuk membantu HP kamu menjadi normal kembali.

1.  Soft Reset

Beberapa HP generasi terbaru memiliki opsi restart yang akan memungkinkan HP mati dan hidup kembali dengan otomatis. Beberapa ponsel dengan generasi yang lebih lama, hanya dapat menawarkan fitur mematikan HP dan harus menghidupkan HP kembali secara manual setelah benar-benar dimatikan.

Untuk mematikan dan menghidupkan kembali HP Xiaomi pun mudah, hanya dengan menekan tombol power untuk beberapa detik.

Soft reset adalah langkah pertama dalam mencoba menyelesaikan masalah terkait smartphone yang bermasalah. Hal itu pun dapat menyelesaikan berbagai jenis masalah terkait perangkat lunak . Saat melakukan soft reset, sangat disarankan smartphone untuk tetap dimatikan setidaknya 10 detik sebelum dihidupkan kembali.

Bukan ide yang buruk untuk membiasakan mematikan ponsel selama beberapa menit setidaknya sekali setiap beberapa hari. Hal ini dapat membantu dalam perawatan smartphone yang mudah, murah, dan efisien.

2.     Hard Reset

Langkah-langkah yang dilakukan saat mencoba untuk melakukan hard reset akan sangat tergantung pada jenis smartphone yang kamu punya. Sistem operasi apa yang saat ini berjalan pada smartphone, merek smartphone, model smartphone, dan versi perangkat lunak apa yang diinstal pada smartphone

Ada dua cara untuk melakukan hard reset, yang pertama reset melalui menu pengaturan dan yang kedua adalah reset menggunakan mode recovery.

a)   Reset Melalui Menu Pengaturan

Kamu harus ingat bahwa mengatur ulang atau mengembalikan smartphone ke kondisi awal akan menghapus semua isinya. Agar data dalam handphonemu dapat selamat, kamu harus membuat cadangan data sebelum melakukan reset.

Beberapa merk smartphone yang sama, melakukan hard reset melalui menu setting terdapat sedikit langkah berbeda yang tidak terlalu signifikan. Berikut adalah langkah yang dapat dicoba untuk handphone Xiaomi.

  • Pertama, ketuk ‘Pengaturan’ (Setting),
  • Kedua, smartphone Xiaomi dengan jenis yang berbeda tidak jarang akan memiliki langkah kedua yang berbeda. Misalkan untuk Xiaomi Redmi Note 7 harus mengetuk ‘About Phone’, untuk Redmi 4a mengetuk ‘Cloud and Accounts’, untuk Xiaomi Mi A3 mengetuk ‘System’,
  • Ketiga, ketuk ‘Back and Reset’.
  • Keempat, ketuk ‘Erase all data(factory reset)’.
  • Kelima, terdapat dua pilihan, kamu mau me-reset internal storage atau external storage. Jika untuk me-reset internal storage ketuk ‘All files on the phone’. Sedangkan, untuk me-reset/memformat SD card, maka ketuk ‘Format mock SD card’.
  • Keenam, ketuk ‘reset phone’ dan tunggu selama 10 detik.
  • Ketujuh, ketuk ‘Next’ dan tunggu selama 10 detik.
  • Kedelapan, voila, sudah selesai, smartphone Redmi Note 7 sudah selesai hard reset melalui menu pengaturan.

b)     Reset Melalui Mode Recovery

Jika ingin melakukan hard reset melalui mode recovery, dikarenakan layer smartphone tidak bisa diapa-apakan lagi. Maka berikut langkah-langkahnya:

Hal yang perlu diingat dalam me-reset menggunakan mode recovery adalah tombol yang digunakan berupa tombol volume atas atau bawah kemudian tombol power.

  • Pertama, matikan smartphone Xiaomi Redmi Note 7 kamu.
  • Kedua, tekan dan tahan tombol ‘volume atas + power’ secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Ketiga, setelah muncul logo Xiaomi, kamu bisa melepasnya tombol volume dan power.
  • Keempat, pilih Bahasa yang ingin digunakan dan cara memilihnya menggunakan tombol volume untuk naik atau turun dan tombol power untuk enter/ok
  • Kelima, pilih ‘Wipe/Data’ dan tekan tombol power.
  • Selesai, tinggal menunggu smartphone kamu melakukan reset ulang total.

3. Melalui Recovery Mode

Selain cara yang ada di atas, ternyata masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan reset pada smartphone Xiaomi. Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa reset HP Xiaomi yaitu dengan melalui recovery mode. Untuk cara yang bisa dilakukan yaitu seperti berikut:

  • Silahkan tekan pada bagian volume up+ tombol power, dan lakukan secara bersamaan pada saat HP dalam kondisi menyala.
  • Tunggulah beberapa saat sampai logo MI pada HP muncul.
  • Jika sudah maka secara otomatis Anda akan dibawa masuk ke bagian recovery mode supaya bisa melakukan reset.
  • Silahkan memilih pada bagian wipe data atau factory reset.
  • Langkah selanjutnya silahkan pilih kembali pada wipe all data kemudian tekan tombol yes.
  • Selanjutnya tunggulah sampai proses selesai.
  • Apabila proses sudah berhasil, maka Anda dapat melakukan restart HP atau reboot pada Xiaomi.
  • Silakan mengikuti petunjuk yang ada, yaitu dengan login email dan password atau kata sandi supaya Anda bisa menggunakan HP Xiaomi kembali dan yang pasti memiliki performa seperti HP baru lagi.
4 average based on 790 votes (Closed)

Leave a Reply