Cara Reset Berbagai HP Asus Zenfone

Cara Reset Berbagai HP Asus Zenfone

Dapat dikatkan bahwa, Asus merupakan salah satu produsen smartphone terbaik untuk saat ini. Hal ini tentunya karena produk smartphone dari Asus memiliki berbagai macam keunggulan dari merek yang lain. Akan tetapi, terkadang kamu memerlukan hard reset agar HP Asus dapat menjadi seperti seperti HP baru. Jika kamu belum tahu, maka dapat mengikuti cara reset HP Asus berikut.

Sebelum lanjut ke dalam pembahasan yang utama, perlu untuk kamu ketahui bahwa setiap smartphone termasuk juga dengan Asus akan mengalami kerusakan atau error dikarenakan berbagai macam hal. Misalnya saja seperti terlalu sering menginstal dan hapus aplikasi, terlalu banyak file sampah, dan sebagainya. Maka dari itu, berikut tahapan reset HP Asus yang dapat kamu lakukan.

Cara Reset HP Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6

Cara Reset HP Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6

Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6 merupakan seri Asus yang memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Dengan ketangguhannya, beberapa seri Zenfone sering menjadi pilihan untuk berbagai macam kebutuhan. Jika kamu menggunakan salah satu dari seri Zenfone tersebut dan memiliki masalah yang memerlukan hard reset untuk menanganinya, maka berikut ini caranya.

  1. Sebelum kamu melakukan tahapan reset HP, kamu perlu untuk memastikan terlebih dahulu bahwa baterai yang tersedia pada HP Asus tersebut memiliki daya lebih dari 10%.
  2. Apabila daya baterai sudah dipastikan aman, maka kamu dapat segera mematikan HP tersebut.
  3. Jika HP sudah berada dalam kondisi mati, maka kamu perlu menekan kombinasi tombol berupa “Tombol Volume Up + Tombol Power” selama beberapa detik secara bersamaan.
  4. Ketika ikon dari Android sudah muncul, maka segera lepaskan kedua kombinasi tombol yang ditekan tersebut. Hal ini dilakukan untuk masuk ke dalam Droidboot atau sering disebut dengan Update Mode.
  5. Dalam Update Mode ini, kamu dapat menggunakan “Tombol Volume Up” dan “Tombol Volume Down” untuk mengarahkan pilihan ke atas ataupun kebawah. Sedangkan “Tombol Power” dapat kamu gunakan untuk memilih opsi yang ditentukan.
  6. Jika kamu sudah paham, maka lanjut ke tahapan yang selanjutnya yakni kamu perlu untuk memilih opsi “Factory Reset”.
  7. Setelah kamu memilih opsi “Factory Reset”, maka HP kamu akan melakukan reboot secara otomatis dan proses Factory Reset akan segera dilakukan setelah itu.
  8. Tunggu sampai proses Factory Reset ini selesai dan HP akan melakukan proses reboot ulang.
  9. Nantinya ketika HP sudah dalam keadaan menyala, semua data yang ada di memori internal akan dihapus dan HP kamu akan berada dalam kondisi seperti baru lagi.

Cara Untuk Reset HP Asus Zenfone 2 dan Zenfone C

Bagi kamu yang menggunakan HP Asus seri Zenfone 2 dan Zenfone C yang memiliki masalah pada sistem, maka kamu juga dapat melakukan hard reset untuk menanganinya. Bisa dikatakan jika cara reset kedua seri Zenfone ini hampir sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, tetap harus mengikuti beberapa langkah berikut agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Pertama, pastika terlebih dahulu jika baterai yang ada pada HP kamu memiliki daya lebih dari 10 persen.
  2. Jika sudah dipastikan, matikan HP tersebut.
  3. Setelah itu, kamu perlu untuk menekan kombinasi tombol berupa “Tombol Volume Up + Tombol Power”. Tekan secara bersamaan selama beberapa saat.
  4. Jika sudah masuk ke menu recovery, maka segera lepaskan kombinasi anatra kedua tombol tersebut.
  5. Pada menu recovery ini, kamu bisa menggunakan “Tombol Volume Up” untuk navigasi ke atas, “Tombol Volume Down” untuk navigasi ke bawah, dan “Tombol Power” untuk memilih.
  6. Kemudian kamu dapat memilih menu “Recovery Mode”.
  7. Selanjutnya, pilihlah “wipe data/factory reset”.
  8. Setelah itu, pilih lagi opsi bernama “yes-delete all user data”.
  9. Tunggu sampai proses hard reser ini selesai dan secara otomatis HP kamu akan melakukan reboot.
  10. Apabila HP tidak mau melakukan reboot secara otomatis, maka kamu dapat memilih opsi “reboot system now”.
  11. Jika HP sudah melakukan reboot dan sudah hidup kembali, maka hard reset ini telah berhasil dilakukan.

Cara Untuk Reset HP Asus Melalui Setting

Sebenarnya kamu dapat melakukan hard reset ini tanpa masuk ke dalam recovery mode. Kamu dapat melakukannya melalui setting pada HP Asus yang digunakan. Untuk serinya, kamu dapat menyesuaikan saja dengan opsi-opsi yang harus dipilih. Maka dari itu, langsung saja berikut ini cara reset HP Asus melalui pengaturan atau setting yang pelru kamu ketahui.

  1. Langkah pertama, kamu perlu mencabut kartu memori dan kartu SIM yang ada di HP kamu.
  2. Jika sudah dicabut, maka masuk ke dalam menu “Setting” yang ada di HP Asus Zenfone kamu.
  3. Setelah itu, cari menu yang bernama “Buat Cadangan dan Setel Ulang”.
  4. Kemudian kamu perlu untuk memilih opsi “Kembalikan ke Setelan Pabrik”.
  5. Dalam menu selanjtunya, kamu dapat memilih opsi “Setel Ulang Telepon”.
  6. Setelah itu, kamu perlu memasukkan kode yang berjumlah 4 digit di dalamkotak yang sudah tersedia.
  7. Apabila kode sudah dimasukkan, nantinya akan muncul tombol yang bertuliskan “Hapus Semua”. Tap pada tombol tersebut untuk melakukan reset pada HP yang kamu gunakan.
  8. Tunggu selama beberapa saat sampai HP Asus Zenfone kamu berhasil melalui tahapan reset.
  9. Kemudian HP kamu akan melakukan reboot secara otomatis.
  10. Jika HP Asus Zenfone yang kamu gunakan dapat hidup seperti biasanya dalam keadaan seperti baru, maka hard reset yang dilakukan telah berhasil.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa hard reset ini akan membuat semua data yang ada di dalam memori internal HP Asus Zenfone kamu hilang. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu kamu melakukan backup data yang ada di dalam memori internal.

Leave a Reply

Close Menu