Cara Reset Handphone Samsung Termudah Yang Bisa Kamu Ikuti

Alfa - Like Follow

Melakukan reset pada handphone Samsung akan mengembalikan software dan sistem seperti kondisi awal dari pabrik. Biasanya langkah ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan software di handphone tersebut. Lantas bagaimana cara reset handphone Samsung? Apakah cara resetnya sulit untuk dilakukan. Tenang karena di artikel ini kita akan membahasnya.

Ternyata cara untuk reset handphone Samsung tidak sulit sedikitpun sehingga bisa dilakukan di rumah. Perlu diketahui bahwa reset handphone Samsung membuat data yang telah tersimpan akan terhapus. Artinya, kamu harus memastikan semua data telah dibackup sebelum reset supaya data penting tidak terhapus begitu saja.

Reset Handphone Samsung dengan Menu Pengaturan

cara reset handphone samsung, Cara Reset Handphone Samsung Termudah Yang Bisa Kamu Ikuti

Salah satu cara reset paling mudah adalah memanfaatkan menu pengaturan yang ada di handphone Samsung. Sesuai perintahnya, kamu bisa masuk kedalam menu setting yang ada di perangkat. Namun ingat, sebelum melakukan reset, usahakan sudah membackup semua data penting.

Tujuannya supaya tidak hilang jika masih digunakan. Untuk melakukan langkah reset, ikuti caranya seperti berikut:

  • Masuk dulu ke menu Setting di handphone Samsung yang kamu miliki
  • Pilih “Backup and Reset”.
  • Selanjutnya pilih Factory Data Reset
  • Berikutnya, centang pilihan yang kamu anggap benar dan pilih reset device
  • Selesai, kamu tinggal menunggu perangkat selesai direset. Biasanya membutuhkan waktu antara 3 hingga 10 menit tergantung data yang kamu simpan didalam perangkat.
  • Jika sudah selesai, otomatis handphone akan melakukan restart sendiri. Namun jika tidak, kamu bisa mencoba cara lain dengan pengaturan manual didalamnya.

Mengetikkan Pin Rahasia

Cara reset ponsel Samsung berikutnya adalah mengandalkan pin rahasia untuk handphone Samsung. Caranya terkesan sangat mudah dan simple karena tinggal mengetikkan saja pin rahasia tersebut. Hanya saja kamu harus memastikan masih punya akses untuk keyboard yang akan digunakan.

Biasanya jika software bermasalah, keyboard tidak bisa diakses sesuai keinginan. Pin rahasia yang dimaksud adalah *2767*3855#. Disini, kamu tinggal mengetikkannya saja seperti biasa. Sebelum mengetikan pin tersebut, usahakan semua data penting didalam handphone sudah dibackup agar tidak hilang.

Reset Dengan Menggunakan Recovery Mode

Langkah reset handphone Samsung terakhir adalah memanfaatkan layanan Recovery Mode. Cara ini dianggap paling jitu karena kemungkinan berhasil sangat besar. Biasanya cara ini dipakai jika kamu tidak punya akses lagi ke handphone Samsung.

Maksudnya jika handphone tidak bootloop atau sampai logo Samsung saja jika dinyalakan.  Agar bisa masuk ke layanan Recovery Mode, kamu perlu memastikan jika handphone dalam kondisi mati saja. Selanjutnya, ikuti langkah berikut dengan baik:

  1. Pertama-tama, pastikan handphone Samsung memiliki baterai terisi yang masih memadai. Setidaknya, kamu harus memastikan jika baterai tinggal 70% minimal. Hal tersebut sangat penting karena antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan selama masa reset handphone.
  2. Selanjutnya, matikan perangkat seperti biasanya.
  3. Berikutnya, tekan serta tahan beberapa detik untuk tombol Volume Up + Home + Power bersama-sama.
  4. Nantinya akan ada tampilan Recovery Mode.
  5. Dari sini, kamu bisa memakai volume up untuk menentukan pilihan menu yang seharusnya. Pilih “Factory Reset/Wipe Data” untuk memulai reset handphone Samsung.
  6. Selanjutnya, tekan Home untuk proses reset
  7. Berikutnya, kamu tinggal menunggu proses reset sampai selesai
  8. Jika sudah selesai, nanti ada halaman baru yang bisa dipilih. Dari sini, kamu bisa memilih “Reboot System Now”.
  9. Selesai, reset handphone Samsung sudah berhasil.

Perlu kamu ketahui, biasanya setiap tipe Samsung memiliki cara berbeda untuk masuk ke tampilan menu Recovery Mode. Agar kamu tidak salah, berikut cara masuk ke menu Recovery untuk setiap tipe handphone

  • Untuk Samsung Galaxy Gio, Fit, Ace dan Mini, kamu bisa menekan Home atau tengah + Power, Tunggu saja hingga prosesnya masuk ke logo Samsung.
  • Untuk Samsung Galaxy Young CDMA, matikan ponsel dan tekan tombol Power. Ketika muncul logo, tekan Volume Up hingga masuk ke layanan Recovery Data. Handphone akan menyala seperti biasanya, kemudian kamu masuk saja ke menu seperti biasa dan matikan handphone. Lakukan prosesnya dari awal hingga benar.
  • Untuk Samsung Galaxy pro, kamu bisa menekan T + Power. Tunggu sampai prosesnya selesai dan kamu bisa melakukan reset.
  • Samsung Note N7000, pilih Volume Up, Power dan Home lalu tunggu hingga logo. Berikutnya lepas tombol tadi.
  • Untuk Samsung Galaxy 551, kamu tinggal menekan tombol T dan Power secara bersamaan. Untuk memilih atas dan bawah, kamu bisa memakai tombol panah. Saat ingin memilih pilihan tersebut, kamu tinggal memakai Shift.
  • Samsung Galaxy Ace Plus, pilih volume Up, Home dan Down, lalu tekan dan tahan bersamaan. Saat itu juga, kamu bisa menekan Power dan langsung lepaskan. Tunggu hingga handphone masuk ke menu Recovery Mode
  • Untuk Samsung Galaxy Wonder, gunakan kombinasi tombol Power, Home dan Volume Up dan tekan beberapa detik. Tunggu hingga handphone masuk ke logo Samsung. Tekan saja menu jika sudah selesai untuk memilih.
  • Samsung Galaxy Mini II S6500, tekan volume Up, Down, Power dan Home secara bersama-sama.
  • Untuk Samsung Galaxy Young GSM, kamu bisa memakai kombinasi Volume Up, Power dan Home dengan menekannya secara bersamaan beberapa detik.
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330, pilih Volume Up, Power dan Home, kemudian tekan secara bersama-sama beberapa detik.
  • Samsung Galaxy Tab 7, matikan perangkat terlebih dahulu dan tekan Up serta Power bersamaan

Cara reset handphone Samsung umumnya sangat mudah. Kamu tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kerusakan ponsel. Sebelum mencoba, jangan sampai lupa membackup semua data yang dianggap penting supaya tidak terhapus.

4 average based on 898 votes (Closed)

Leave a Reply