Cara Mudah Membuat Soal Ujian Secara Online Dengan Google Form

Alfa - Like Follow

Cara mudah membuat soal ujian secara online biasanya diperlukan oleh para tenaga pengajar. Atau kamu termasuk salah satu yang membutuhkannya juga? Sebenarnya untuk membuat soal secara online ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa media yang disarankan seperti Moddle atau Google Classroom ya.

Namun kedua aplikasi tersebut masih belum begitu familiar dan cukup banyak juga tenaga pengajar yang belum memahaminya. Oleh sebab itu, di sini diperlukan alternatif lain yang mempunyai fungsi yang sama namun lebih sederhana dan mudah digunakan. Salah satunya ialah Google Form. Memang Google Form sendiri tidak selengkap dua aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, tetapi masih bisa kok digunakan.

Langkah-Langkah Membuat Soal Ujian Menggunakan Google Form

cara mudah membuat soal ujian secara online, Cara Mudah Membuat Soal Ujian Secara Online Dengan Google Form

Google Form sendiri sebenarnya bukan tool yang baru. Bahkan kalau kamu punya blog, formulir dari Google Form juga bisa disematkan di sana. Adapun cara mudah membuat soal ujian secara online dengan menggunakan Google Form ini langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

1. Masuk ke Google Form

Pertama, kamu harus masuk ke Google Form dulu. Untuk ini, kamu gunakan akun Google yang biasa dipakai saja. Soalnya kalau kamu tidak login ke akun Google, kamu tidak bisa mengakses Google Form.

2. Buat Form Baru

Begitu kamu berhasil mengakses Google Form, kamu bisa langsung membuat formulir baru. Atau menggunakan template yang sudah tersedia juga tidak masalah. Suka-suka kamu saja. Tetapi untuk contoh kali ini, ilustrasikan saja kamu pilih template Kosong atau Blank ya.

3. Lakukan Pengaturan Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah form Kosong itu terbuka, kamu bisa klik ikon gear yang biasanya jadi ikon untuk Pengaturan atau Setelan. Ikon ini posisinya ada di layar atas sebelah kanan. Nah, begitu ikon tersebut dibuka, akan muncul jendela pop up Setelan. Selanjutnya perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Kuis
  • Aktifkan Toggle di samping kalimat Jadikan ini sebagai kuis
  • Pilih opsi kuis yang kamu inginkan di bagian rilis nilai, apakah segera setelah setiap pengiriman atau nanti setelah peninjauan manual
  • Scroll layar ke bawah, kamu juga akan melihat bagian Responden dapat melihat. Di sini kamu bisa memberikan tanda centang pada bagian-bagian yang kamu inginkan
  • Jika semua pengaturan selesai dilakukan, bisa langsung klik Simpan

4. Tambahkan Pertanyaan dan Kunci Jawaban

Pengaturan Google Form sudah selesai, selanjutnya kamu bisa membuat pertanyaan yang baru. Caranya ialah dengan mengetuk tanda + (Plus) yang ada di sisi kanan layar. Sampai di sini kamu bisa memasukkan pertanyaan. Jika soalnya adalah pilihan ganda maka pastikan kamu juga memilih opsi Pilihan Ganda. Selanjutnya ikuti poin-poin berikut ini.

  • Tulis soalnya dan masukkan pilihan jawabannya
  • Jika sudah, kamu klik menu Kunci Jawaban
  • Tentukan juga nih jawaban mana yang benar dari pilihan-pilihan tersebut
  • Tentukan pula berapa besar skor untuk jawaban yang dianggap benar
  • Jika semuanya sudah oke, kamu tinggal klik Selesai saja.

Kamu harus mengulangi langkah-langkah di atas untuk semua soal ujian yang kamu rencanakan. Untuk selanjutnya, kamu hanya perlu mengirimkan link Google Form ini ke siswa atau peserta ujian online.

Cara untuk mengirimkan link yang dimaksud di langkah sebelumnya ialah kamu klik tombol Kirim dulu. Selanjutnya, klik pula ikon rantai lalu klik Perpendek URL. Setelah itu, kamu klik Salin dan hasil salinan link tersebutlah yang harus kamu kirim ke siswa.

Nah, begitu kamu selesai melakukan semua cara mudah membuat soal ujian secara online di atas, sekarang kamu hanya perlu menunggu adanya notifikasi di email. Soalnya, begitu ada siswa yang selesai mengerjakan soal, kamu akan mendapatkan pemberitahuan. Tetapi kalau tidak, coba saja kamu masuk lagi ke Google Form lalu lihat respon yang masuk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply