Cara Mudah Cek Keaslian Tulisan untuk Blog Bebas dari Plagiasi

Alfa - Like Follow

Kamu punya blog? Kalau iya, sangat disarankan agar kamu tidak sembarang mempublikasikan tulisan, apalagi jika itu adalah hasil copy paste dari pihak lain baik sebagian maupun keseluruhan. Lebih bagus lagi kalau kamu memilih untuk mempublikasikan tulisan hasil kreatifitas sendiri. Atau opsi lainnya nih, kamu bisa mempraktekkan beberapa cara mudah cek keaslian tulisan.

Ini sangat direkomendasikan terutama jika kamu punya tim penulis sendiri ya. Jadi, hasil tulisan dari penulis itu dicek dulu keasliannya bagaimana. Jika memang sudah terbebas dari plagiarisme maka tulisan tersebut aman dan bisa langung kamu publikasi. Tetapi kalau sebaliknya, dibenahi dulu agar tulisan tersebut bisa dikategorikan aman.

Cara Cek Keaslian Tulisan dengan Mudah

cara mudah cek keaslian tulisan, Cara Mudah Cek Keaslian Tulisan untuk Blog Bebas dari Plagiasi

Mengecek keaslian tulisan itu sangat mudah loh. Bahkan, cara mudah cek keaslian tulisan ini tidak memakan banyak waktu. Di sini, kamu bisa menggunakan dua cara yaitu dengan bantuan Smallseotools dan Copyscape. Untuk penjelasan lebih lengkapnya ialah sebagai berikut.

1. Cek Pelagiasi Dengan Bantuan Smallseotools

Smallseotools merupakan situs menyediakan fasilitas pengecekan plagiasi secara gratis. Namun bukan hanya plagiasi saja, tool satu ini juga menyediakan layanan SEO, backlink, website management, image editing dan lain sebagainya. Khusus untuk mengecek plagiarisme nih, kamu bisa melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Kunjungi website Smallseotools yaitu di https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  2. Jika sudah, buka file yang ingin dicek keasliannya dan copy tulisan yang ada di dalamnya
  3. Paste-kan tulisan tadi di kotak yang telah disediakan oleh Smallseotools
  4. Klik Check Plagiarism dan tunggu sampai prosesnya selesai

Begitu pemeriksaan selesai, kamu bisa melihat nih berapa persen tingkat keunikan tulisan yang dicek tadi. Kalau memang 100% unik, maka selamat karena artinya tulisan tadi bisa dikatakan asli dan bisa langsung kamu publikasi.

Tetapi jika tulisan itu mengandung indikasi hasil copy paste dari pihak lain, kamu juga bisa melihat tepatnya di kalimat yang mana. Karena di bagian bawahnya terdapat kolom-kolom kalimat dengan keterangan UNIQUE dan PLAGIARIZED.

Pada kalimat yang berstatus PLAGIARIZED ini nanti kamu bisa memeriksanya lebih dalam lagi dengan klik Compare. Dengan begini nantinya kamu bisa menemukan sumber yang kalimatnya mirip atau bahkan sama dengan kalimat di tulisan kamu itu.

2. Cek Plagiasi Dengan Bantuan Copyscape

Sama seperti Smallseotools, Copyscape juga merupakan layanan atau alat untuk mengecek apakah tulisan yang kamu miliki merupakan hasil copy paste dari tulisan orang lain atau tidak. Hanya saja untuk Copyscape ini ada 2 macam layanan ya, ada yang gratis atau free dan ada yang berbayar atau premium.

Pastinya Copyscape yang premium memungkinkan kamu untuk mendapatkan akses yang lebih luas. Untuk yang versi free, pengecekan bisa kamu lakukan setelah artikel dipublikasikan di blog dulu. Pasalnya, Copyscape versi ini hanya menyediakan pencarian menggunakan URL.

Sedangkan kalau untuk versi berbayar, kamu akan mendapatkan fitur pemeriksaan non URL sama seperti yang ada di Smallseotools. Khusus pemeriksaan dengan Copyscape versi free, kamu bisa melihat langkah-langkah pengecekannya di bawah ini.

  1. Buka website copyscape.com
  2. Copy URL artikel atau tulisan blog kamu lalu paste di tempat yang tersedia
  3. Klik Go
  4. Kalau tulisannya tidak terdeteksi plagiat, maka akan ada pemberitahuannya. Begitu juga dengan tulisan yang terdeteksi plagiat juga ada pemberitahuannya. Hanya saja kamu bisa melihat link yang diidentifikasikan sebagai sumber plagiarisme tersebut. Kamu bisa klik link tersebut untuk memeriksanya

Copyscape ini akan memberikan tanda khusus atau highlight pada kata-kata yang dianggap copy paste. Jadi kamu bisa dengan mudah memodifikasi kalimatnya kembali supaya menjadi original 100%.

Cara mudah cek keaslian tulisan di atas hanya memindai konten yang telah berstatus online ya. Sementara untuk yang offline seperti buku, koran, majalah maupun tulisan yang dicetak lainnya, kedua tools tersebut tidak bisa digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply