Banyak Aplikasi Tidak Terpakai di HP-mu? Inilah Cara Termudah untuk Menyembunyikannya

Banyak Aplikasi Tidak Terpakai di HP-mu? Inilah Cara Termudah untuk Menyembunyikannya

Smartphone seperti Android dan iPhone memiliki banyak aplikasi. Terkadang dari banyak aplikasi tersebut tidak semuanya kamu butuhkan titik Oleh sebab itu banyak orang yang mencari cara menyembunyikan aplikasi. Aplikasi disembunyikan agar membuat tampilan menjadi lebih sederhana dan juga mempermudah kamu dalam mencari aplikasi lainnya.

Jika kamu adalah seorang pemilik smartphone Android maka kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi bawaan titik misalnya aplikasi dari Google maupun aplikasi lainnya yang merupakan pendukung atau sponsor titik aplikasi tersebut terkadang tidak akan menggunakan dan membuat memori semakin penuh. Sebaiknya aplikasi yang tidak digunakan itu dinonaktifkan saja.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Smartphone Android

Beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone Android antara lain menggunakan menu setting dan juga menggunakan aplikasi Launcher pihak ketiga. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Menyembunyikan Aplikasi Bawaan dengan Menu Settings

Cara pertama untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan menggunakan menu setting. Aplikasi yang dapat disembunyikan dengan cara ini biasanya adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstal ketika pertama kali kita menyalakan smartphone Android. Cara selengkapnya untuk menyembunyikan aplikasi bawaan dari menu setting adalah sebagai berikut:

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu settings atau pengaturan.
  2. Setelah menu pengaturan ini terbuka, Scroll ke bagian bawah untuk menemukan pengaturan aplikasi atau apps. Ketuk pada submenu tersebut.
  3. Setelah itu kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di dalam smartphone Android kamu, scroll hingga kamu menemukan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Ketuk pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan untuk melihat opsi selengkapnya. Pada halaman yang menampilkan detail aplikasi terdapat pilihan untuk menonaktifkan aplikasi dan juga menghentikan paksa aplikasi tersebut.
  5. Ketuk pada pilihan untuk menonaktifkan atau disable aplikasi. Klik Yes jika diminta konfirmasi.

Jika aplikasi bawaan disembunyikan dengan cara ini, kamu tidak lagi dapat menggunakan aplikasi serta tidak dapat memperbarui aplikasi tersebut.

2. Menyembunyikan Aplikasi dengan Menggunakan Apex Launcher

Untuk menyembunyikan aplikasi yang kedua, kamu bisa menggunakan Launcher dari pihak ketiga titik Apex Launcher adalah salah satunya. Apakah kamu Penasaran dengan cara menyembunyikan aplikasi menggunakan Apex Launcher ini? Berikut penjelasannya:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa smartphone Android kamu sudah terinstall Apex Launcher. Jika Apex Launcher belum dipasang di Android kamu download dari Google Play Store.
  2. Tunggu beberapa saat hingga Google menyelesaikan unduhan serta pemasangan aplikasi Apex Launcher pada smartphone kamu.
  3. Buka aplikasi Apex Launcher kemudian jadikan sebagai Launcher default di handphone kamu Melalui aplikasi setting atau pengaturan.
  4. Pergi ke halaman awal atau home, kemudian tekan lama di di layar depan atau home screen. Setelah kamu menekan Lama Maka akan muncul pilihan yaitu Apex settings.
  5. Scroll ke bagian bawah hingga kamu menemukan pilihan hidden apps
  6. Secara default, hidden apps ini masih kosong. Kamu dapat memilih beberapa aplikasi untuk disembunyikan dengan mengetuk pilihan “Add Hidden Apps” di bagian bawah.
  7. Setelah itu kamu dapat memilih aplikasi apa saja yang akan kamu sembunyikan, Tandai aplikasi yang kamu pilih.

3. Menyembunyikan Aplikasi dengan Menggunakan Microsoft Launcher

Microsoft yang sudah dikenal sebagai perusahaan teknologi juga meluncurkan aplikasi yang bernama Microsoft Launcher. Launcher dari Microsoft ini dapat kamu pilih jika kamu menginginkan tampilan yang berbeda dari Launcher default yang ada di smartphone Android kamu. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Microsoft Launcher adalah menyembunyikan aplikasi, berikut ini langkah selengkapnya:

  1. Pertama, pastikan smartphone Android kamu sudah terinstall dengan Microsoft Launcher. Jika belum, Kamu dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari Google Play Store secara gratis.
  2. Ketika aplikasi telah terpasang, atur Microsoft Launcher sebagai Launcher default handphone kamu. Untuk mengatur Launcher ini dapat ditemukan pada menu settings seperti biasa.
  3. Pergilah ke halaman awal dengan menekan tombol home, lanjutkan dengan membuka menu utama atau apps drawer.
  4. Pada bagian kanan atas kamu akan menjumpai titik 3 yang berguna untuk menampilkan pilihan. Disana Kamu dapat melihat app drawer setting, hide drawer settings, hidden apps, dan Add apps to homescreen.
  5. Pilihlah pada hidden apps, kamu akan melihat jendela yang memuat aplikasi yang sudah kamu sembunyikan. Jika masih kosong kamu dapat menekan pada tombol biru di tengah layar yang bertuliskan hide apps.
  6. Tandai pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, jika ingin mengembalikan aplikasi yang telah disembunyikan tadi kamu dapat menggunakan tombol pilihan unhide.

Cara menyembunyikan aplikasi pada Microsoft Launcher ini sangat mirip dengan Apex Launcher. Kamu dapat memilih Launcher mana yang lebih kamu sukai.

4. Menyembunyikan Aplikasi dengan Menggunakan Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu aplikasi peluncur yang menjadi favorit di Google Play Store. Nova Launcher banyak dipilih karena aplikasinya yang sangat ringan sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone Android. Fitur yang dimiliki oleh Nova Launcher juga lebih lengkap dibandingkan dengan beberapa Launcher bawaan.

Cara menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan Nova Launcher ini sedikit berbeda dengan kedua Launcher pihak ketiga yang telah dibahas sebelumnya. Cara untuk menyembunyikan aplikasi di Nova Launcher lebih kepada menyamarkan sehingga orang tidak mengetahui aplikasi sebenarnya yang telah kita edit. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

  1. Unduh aplikasi Nova Launcher melalui Google play store yang ada di handphone kamu Jika kamu sudah memiliki aplikasi Nova Launcher sebelumnya, kamu dapat langsung ngelewati langkah ini dan menuju ke langkah kedua.
  2. Bukalah menu utama dari Nova Launcher yang menampilkan seluruh aplikasi yang terpasang pada Android kamu.
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan atau yang ingin kamu samarkan, batuk lama pada ikon aplikasi tersebut untuk memunculkan pilihan.
  4. Pilih edit atau ikon yang berbentuk pensil.
  5. Kamu dapat mengganti nama aplikasi dengan nama apapun sesuai dengan keinginan kamu.
  6. tidak hanya itu, kamu juga dapat mengganti ikon dari aplikasi yang akan kamu sembunyikan tadi. kamu dapat memilih ikon dari galeri maupun dengan menekan pilihan built-in sehingga kamu dapat menggunakan ikon dari aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya.

4 cara menyembunyikan aplikasi di atas dapat kamu terapkan di handphone Android kamu. Cara tersebut juga cenderung lebih aman karena kamu tidak perlu melakukan rooting. Melakukan root pada Android dapat menghilangkan garansi dan juga mengancam keamanan Android karena lebih mudah untuk disusupi virus.

Leave a Reply

Close Menu