Cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Alfa - Like Follow

Seperti yang telah kita ketahui saat ini bahwa dengan berkembangnya teknologi membuat dunia bisnis perlahan beralih ke era digital. Maksudnya adalah penjualan secara online lebih diutamakan dibandingkan berjualan secara konvensional. Dalam berbisnis secara online salah satu strategi marketing yang menjadi prioritas adalah penggunaan website untuk meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk membuat website bisnis yang menarik dan mudah diakses oleh customer. Selain itu dalam mengelola website bisnis meningkatkan kepercayaan konsumen juga sangatlah penting. Nah bagaimana cara meningkatkan kepercayaan konsumen melalui website bisnis yang kita kelola? Simak jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Melalui Website

cara meningkatkan kepercayaan konsumen melalui website, Cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Melalui Website

Dalam membuat website bisnis tak jarang para pengusaha yang rela mengeluarkan modal yang cukup besar. Namun tak jarang pula website yang dibuat tidak berpengaruh besar terhadap penjualan.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kurangnya rasa percaya customer terhadap website yang kita miliki. Berikut cara meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap website bisnis yang kita kelola:

1. Cantumkan Profil Usaha dengan Jelas

Dalam website bisnis yang kamu miliki, sediakan satu halaman khusus untuk profil usahamu. Posisikan profil tersebut pada tempat yang mudah ditemukan. Kamu juga bisa mencantumkan izin usaha dan legalitas dari perusahaanmu. Sertifikat halal dari MUI dan lolos uji kesehatan dari BPOM juga bisa ikut dicantumkan jika produk yang kamu jual kategori Kesehatan dan makanan.

2. Gunakan Properti Pendukung yang Menarik

Properti yang dimaksud adalah foto dan video untuk menunjang pemasaran secara digital. Banyak riset mengatakan bahwa informasi dari konten bergambar dan video lebih cepat ditangkap daripada informasi yang hanya berisi tulisan saja. Karena itu agar konsumen memberikan pandangan yang positif, gunakan gambar dan video yang menarik pada website yang kamu kelola.

Video juga bisa kamu gunakan untuk menjelaskan profil usahamu secara singkat. Kemudian mengunggahnya melalui YouTube. Dengan cara ini pasti kamu akan mendapatkan kepercayaan konsumen dengan mudah dan tidak akan menimbulkan keraguan bagi mereka yang berniat membeli produkmu.

3. Memanfaatkan Media Sosial Dengan Optimal

Biasanya sebelum membeli sebuah produk secara online, customer akan mencari informasinya terlebih dahulu. Entah mengecek keaslian produk, kualitas, bahkan keabsahan website dari produk tersebut. Tak hanya melalui profil perusahaan saja, customer juga akan mencari informasi lain melalui search engine atau mesin pencari.

Salah satu aspek yang menjadi kepercayaan konsumen saat ini adalah media sosial. Tingkat kepercayaan customer akan meningkat jika kita mempunyai media sosial yang lengkap, karenanya manfaatkan kesempatan ini. Konsumen cenderung memperhatikan jumlah followers di Instagram dan Twitter, jumlah subscriber di YouTube, dan jumlah penggemar di akun Fanspage Facebook.

4. Menyertakan Testimoni

Terakhir cara meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap website adalah menggunakan testimoni pelanggan. Tetapi semenjak maraknya kasus manipulasi testimoni online, cara ini tidak lagi memperoleh respon positif dari customer. Meskipun demikian kamu harus berusaha untuk memperoleh testimoni yang asli dari konsumen yang sudah membeli produkmu.

Kamu bisa menyediakan kolom testimoni pada website milikmu yang bisa diisi langsung oleh pembeli. Kemudian sediakan doorprize menarik untuk pembeli yang memberikan testimoni terbaik. Dengan cara ini, calon pembeli dapat melihat bahwa website bisnis yang kamu Kelola memang terpercaya. Karena testimoni diberikan secara langsung oleh pembeli tanpa rekayasa.

Itulah empat cara efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap website bisnis milikmu. Bagi kamu ingin membuat atau baru saja membuat website bisnis bisa mengikuti cara-cara di atas agar memperoleh kepercayaan dari konsumen. Sehingga produk yang kamu jual dapat laris terjual.

Leave a Reply