Cara Ampuh Meningkatkan CTR Blog dan Website

Alfa - Like Follow

CTR (Click Through Rate) merupakan rasio klik pada jumlah impression pada sebuah website. Klik tersebut berasal dari hasil pencarian organik di sebuah mesin pencarian. CTR ini merupakan salah satu aspek penting agar website Anda bisa berada di urutan teratas di Google. Cara meningkatkan CTR agar website Anda tetap di halama pertama Google adalah:

Cara Meningkatkan CTR

cara meningkatkan ctr, Cara Ampuh Meningkatkan CTR Blog dan Website

1. Kenali Pembaca Dengan Riset Keyword

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika akan meningkatkan CTR adalah kenali pembaca. Pastikan konten yang ada di website atau blog, sesuai dengan target pembaca yang Anda incar. Oleh karena itu, riset keyword sangat diperlukan. Jika Anda memaksakan mengisi website dengan konten tanpa melakukan riset keyword, bisa dibilang percuma. Sebab konten tersebut tidak akan masuk ke SEO.

Dampak dari jika Anda tidak riset keyword adalah, konten yang dibuat tidak masuk dalam search intent. Search intent maksudnya adalah keinginan pencarian yang diinginkan oleh para pembaca Anda pada sebuah keyword. Oleh sebab itu, kenali keinginan pembaca target Anda melalui keyword. Dengan demikian CTR Anda akan meningkat.

2. Buat Judul Semenarik Mungkin

Aspek yang dapat mendukung CTR Anda meningkat adalah dengan membuat judul semenarik mungkin. Setelah Anda dapat menduduki peringkat teratas di mesin pencarian, giliran Anda membuat judul semenarik mungkin. Menurut sebuah survei, pembaca cenderung hanya membaca judul tanpa melihat isi. Hal tersebut hanya ditentukan beberapa detik setelah melakukan pencarian.

Waktu yang sangat singkat tersebut yang dimiliki oleh Anda untuk menawarkan judul semenarik mungkin. Salah satu trik untuk membuat judul menarik adalah memilih kata yang mencolok, menggunakan angka, dan memilih diksi yang menekankan sesuatu. Pembaca juga tertarik pada konten yang mengandung unsur list penomoran atau listicle.

3. Meta Deskripsi

Selain judul yang dibuat semenarik mungkin, Anda juga perlu memperhatikan meta deskripsi. Meta deskripsi ini akan menjelaskan judul yang berada. Deskripsi ini berisi teks singkat yang berfungsi sebagai penekanan pada judul serta mengandung keyword yang cukup kuat. Teks ini terletak di bawah judul ketika muncul di mesin pencarian seperti Google.

Meta deskripsi ini idealnya maksimal berisi 130 karakter. Jika lebih dari 130 karakter, secara otomatis akan terpotong pada tampilan di mesin pencarian. Jika terpotong maka akan percuma sebab tidak terbaca. Salah satu plug-in untuk mengubah meta deskripsi adalah Yoast SEO. Program tersebut akan memperingatkan Anda ketika melebihi karakter yang dianjurkan.

4. Gunakan Structured Markup

Trik lain yang bisa Anda coba untuk meningkatkan CTR adalah dengan menggunakan structured markup dalam membuat konten. Biasanya akan menampilkan rating, bintang review, hingga informasi lain yang bisa menarik perhatian. Untuk menambah markup ini, Anda bisa menggunakan beberapa plugin berikut, diantaranya adalah Schema Pro, WP Review, WP Product, dan All in One Schema Rich Snippet.

5. Featured Snippet

Cara lain yang bisa dibilang paling ampuh adalah dengan menggunakan featured snippet. Fitur ini menampilkan jawaban dari kata pencarian yang pembaca Anda cari. Dengan demikian pembaca akan langsung menuju website Anda, karena jawaban yang mereka inginkan terdapat di web Anda. Fitur ini bisa Anda dapatkan dengan permainan kata-kata yang banyak dicari oleh pembaca.

Cara meningkatkan CTR di atas merupakan beberapa yang paling ampuh yang bisa Anda coba. Dengan CTR Anda yang sudah tinggi maka akan mendulang impression yang berdampak pada traffic yang tinggi. Secara otomatis akan berpengaruh pada pendapatan dari iklan yang ada di website tersebut.

Next PostRead more articles

Leave a Reply