Cara Mengunci IG Agar Tidak Dikepoin Orang Tak Dikenal

  • Post Author:
  • Post Category:Instagram
Cara Mengunci IG Agar Tidak Dikepoin Orang Tak Dikenal

Dapat dibilang jika Instagram atau yang sering disebut dengan IG, merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia. Salah satu penyebab banyaknya pengguna dari media sosial ini adalah berbagai fitur yang disediakan seperti lock atau kunci akun. Untuk itu, berikut ini cara mengunci IG yang perlu untuk kamu ketahui.

Sebelum lanjut ke pembahasan yang utama, ada baiknya jika kamu mengetahui tentang fitur lock akun Instagram. Fitur yang satu ini, akan membuat akun lain mengharuskan untuk follow akun kamu jika ingin melihat semua foto dan video yang ada. Tentunya hal ini akan membuat akun kamu lebih aman dari orang yang mencuri konten di dalamnya. Langsung saja berikut cara yang dapat dilakukan.

Cara Mengunci IG Melalui Android

Untuk saat ini, Instagram sudah tersedia dengan beberapa versi. Salah satu versi yang banyak digunakan adalah versi Android. Sebagai pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, tentunya kamu sudah memiliki Instagram. Nah, jika kamu ingin membuat akun Instagram kamu terkunci, maka dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kamu lakukan, yakni membuka aplikasi Instagram yang sudah terinstal di smartphone Andorid kamu.
  2. Setelah itu, lakukan login dengan akun Instagram yang ingin dikunci.
  3. Kemudian tap menu profil yang berada di bagian kanan bawah layar.
  4. Pada menu profil kamu, tap pada menu dengan ikon tiga garis mendatar yang berada di pojok kanan atas layar.
  5. Kemudian, akan muncul pilihan. Kamu perlu memilih opsi “pengaturan”.
  6. Ketika kamu mentap menu “pengaturan”, akan muncul lagi beberapa opsi. Cari opsi yang bertuliskan “akun privat”.
  7. Perhatikan kotak yang ada di bagian kanan tulisan “akun privat”. Geser lingkaran yang ada di dalam kotak tersebut hingga berubah menjadi berwarna biru.
  8. Dengan ini, maka hanya orang-orang tertentu saja yang dapat meilihat foto dan video di dalam akun Instagram kamu. Orang yang belum follow akun Instagram kamu, tentunya tidak dapat melihat semua konten yang ada di dalamnya.

Cara Mengunci Instagram Melalui iPhone

Selain Android, para pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS atau iPhone tentunya juga menggunakan aplikasi Instagram melalui smartphone yang dipakai. Bagi kamu yang menggunakan Instagram melalui iPhone, pastinya juga bisa mengunci akun Instagram kamu. Oleh sebab itu, langsung saja berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk dilakukan.

  1. Tahapan pertama, buka aplikasi Instagram yang ada di dalam smartphone iPhone kamu.
  2. Setelah itu, login dengan menggunakan akun Instagram yang akan dikunci. Jika sudah, maka dapat lanjut ke tahapan yang selanjutnya.
  3. Ketika akun Instagram kamu sudah terbuka, maka tap pada bagian profil yang berada di bagian pojok kanan bawah layar.
  4. Pada menu profil Instagram kamu, tap pada menu pengaturan. Menu ini memiliki ikon dengan bentuk tiga titik horizontal yang posisinya berada di bagian kanan atas layar.
  5. Di dalam menu pengaturan akun tersebut, scroll dan cari opsi yang bertuliskan “Private Account”. Opsi tersebut merupakan sebuah opsi yang berfungsi untuk mengatur privasi pada akun Instagram kamu.
  6. Perhatikan kolom yang ada di sebelah kanan tulisan “Private Account”. Tap atau geser pada lingkaran yang berada di dalam kolom tersebut sampai warnanya berubah menjadi biru.
  7. Jika warnanya sudah berganti menjadi biru, maka penguncian akun Instagram ini telah berhasil dan hanya orang yang follow akun Instagram kamu yang dapat meilihat semua konten di dalamnya.

Cara Mengunci Instagram Melalui PC

Mungkin beberapa dari kamu ada yang merasa lebih nyaman untuk menggunakan Instargam melalui PC atau laptop. Tidak hanya melalui telepon seluler, kamu juga dapat mengunci akun Instagram kamu melalui PC ataupun laptop. Untuk kamu yang mengakses media sosial Instagram melalui PC atau laptop, maka berikut ini cara untuk mengunci akun yang perlu untuk kamu ketahui.

  1. Pertama, tentunya kamu perlu untuk membuka aplikasi web browser yang sudah terinstal di laptop ataupun PC kamu.
  2. Jika web browser sudah terbuka, kamu dapat segera mengakses situs yang bernama instagram.com.
  3. Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan akun Instagram yang hendak kamu kunci.
  4. Ketika akun Instagram kamu sudah terbuka, maka klik pada menu profil Instagram kamu.
  5. Pada menu profil akun Instagram, klik pada tombol “Edit Profil” untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan profil kamu.
  6. Lalu cari dan klik menu yang bertuliskan “Privasi dan Keamanan”.
  7. Di dalam menu tersebut, cari lagi opsi yang bertuliskan “Akun Pribadi”.
  8. Perhatikan kotak yang ada di bagian samping opsi “Akun Pribadi”, dan klik untuk memeberikan centang pada kotak tersebut.
  9. Nantinya akan muncul sebuah kotak informasi yang berisikan konfirmasi mengenai perubahan pada privasi dari akun Instagram kamu.
  10. Kemudian klik OK pada kotak informasi yang muncul tersebut, untuk mengkonfirmasi bahwa kamu telah melakukan penguncian akun agar berubah menjadi akun privat.
  11. Dengan ini, maka akun Instagram kamu sudah berubah menjadi akun privat dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat semua konten termasuk foto dan video yang ada di dalam akun Instagram kamu.

Dengan menggunakan cara mengunci IG di atas, tentunya kamu sudah tidak perlu khawatir lagi jika ada orang tidak bertanggung jawab yang mencoba untuk mengambil konten di dalam akun Instagram kamu tanpa izin. Untuk menentukan akun yang dapat melihatnya, maka perlu follow akun kamu terlebih dahulu disertai dengan persetujuan dari kamu sendiri.

Leave a Reply