Tidak Ingin Foldermu Dibuka Orang Lain? Ini Dia Cara Mengunci Folder Di Windows

Salah satu cara melindungi file-file bersifat privasi pada PC Desktop ataupun laptpo adalah dengan cara mengunci folder. Ya, dengan cara mengunci folder di Windows, maka tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui isi file dalam folder kecuali kalian sendiri. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tentang cara-cara mengunci file folder pada Windowns.

Ya, terdapat beberapa jenis aplikasi yang dapat membantu kamu untuk memberikan pengamanan ekstra terhadap file folder yang kamu rasa sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Sehingga, aplikasi tersebut dapat mengunci file folder pada PC Desktop ataupun laptop dengan sistem operasi windows.

Ini Dia Cara Mengunci Folder di Windows

cara mengunci folder di Windows, Tidak Ingin Foldermu Dibuka Orang Lain? Ini Dia Cara Mengunci Folder Di Windows

Beberapa developer aplikator kini tengah mengembangkan berbagai aplikasi yang bermanfaat bagi para penggunanya. Salah satu aplikasi yang banyak di download oleh pengguna adalah aplikasi untuk mengunci folder pada PC Desktop maupun laptop.

Untuk itu, inilah beberapa aplikasi pengunci folder pada Windows dan juga tata cara mengunci file foldernya. Diantaranya adalah sebagai berikut  ini :

  1. Folder Lock Free

Folder Lock Free merupakan salah satu rekomendasi software aplikasi untuk mengunci folder pada PC Desktop atau laptop dengan sistem operasi Windows. Software aplikasi ini dapat secara gratis kamu download loh. Selain itu, cara pengguaannya pun juga sangat mudah.

Pertama-tama, silahkan kalian install aplikasi Folder Lock Free terlebih dahulu. Setelah terinstall, kamu tinggal buat password untuk masuk aplikasi tersebut. Lalu klik add folder dan pilih folder manakah yang akan kamu kunci.

  1. Easy File Locker

Easy File Locker adalah salah satu dari software aplikasi yang berfungsi untuk mengunci folder pada PC Desktop ataupun laptop. Easy File Locker ini juga dapat kalian download secara gratis.

 Dengan menggunakan Easy File Locker, kamu tidak hanya dapat mengunci file folder saja. Melainkan, kamu juga dapat mengunci aplikasi seperti Facebook ataupun Gmail.

Cara menggunakan aplikasi tersebut pun juga sangat mudah. Setelah kalian download dan install, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih folder manakah yang akan kamu kunci dengan cara add folder. Setelah itu, kamu dapat mencentang beberapa pilihan seperti accesible, writeable, deleteable, dan juga visible.

  1. Protected Folder

Rekomendasi software aplikasi pengunci folder selanjutnya adalah Protected Folder. Ya, software aplikasi Protected Folder ini merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengunci folder yang berisikan file rahasia. Cara menggunakan software Protected Folder ini sangatlah mudah.

Setelah berhasil install aplikasi Protected Folder, silahkan kalian drag atau add folder untuk menambahkan file folder yang akan dikunci. Lalu, klik lock dan folder yang kalian pilih pun kini telah terkunci.

  1. WinMend Folder Hidden

Berbeda dengan aplikasi pengunci folder pada PC Desktop ataupun laptop berbasis sistem operasi windows lainnya. Aplikasi ini justru “menyembunyikan” file folder pada tampilan layar. Sehingga, tidak ada seorang pun yang dapat melihat atau bahkan mengakses file folder yang kamu sembunyikan.

Cara menggunakan software ini pun juga tidak terlalu sulit. Pertama, silahkan kalian download dan install software WinMend Folder Hidden. Setelah itu, silahkan kalian buat password utama untuk memasuki halaman utama software. Lalu, klik add folder dan pilih folder yang akan disembunyikan. Lalu, klik lock.

  1. Secret Folder

Bagi kalian yang memiliki PC Desktop ataupun laptop dengan spesifikasi pas-pasan dan ingin menginstall software aplikai pengunci folder, maka kalian dapat menggunakan software Secret Folder. Ya, software yang satu ini memiliki ukuran kapasitas yang cukup ringan.

Selain itu, cara penggunaan software Secret Folder ini pun juga sangat mudah. Setelah kamu membuat password untuk membuka software Secret Folder, maka langkah selanjutnya adalah memilih file folder yang akan kamu lock dan kemudian kalian tinggal klik lock folder.

  1. Secret Disk

Sama halnya dengan software aplikasi Secret Folder. Software aplikasi Secret Disk ini juga berfungsi untuk mengunci file folder pada PC Desktop ataupun laptop berbasis sistem operasi windows. Bedanya adalah, kamu dapat mengunci file folder ataupun mengenkripsikan folder tersebut.

Cara penggunaan Secret Disk ini juga sangat simpel. Pertama-tama, kamu wajib membuat password untuk membuka software. Selanjutnya, silahkan pilih folder yang akan kamu kunci atau enkripsikan. Kemudia tekan lock.

  1. Folder Guard

Folder Guard juga menjadi salah satu software aplikasi pengunci folder pada PC Desktop dan juga laptop. Untuk kamu yang ingin file foldernya tidak ingin diakses oleh orang lain, maka kalian wajib download dan install aplikasi tersebut.

Cara mengunci folder di Windows dengan menggunakan software Folder Guard ini pun juga tidaklah sulit. Langkah pertama adalah memilih folder yang akan dikunci. Kemudian, kamu tinggal membuat password secara acak untuk membuka file yang kamu kunci tersebut. Setelah itu, kamu tinggal klik ok.

  1. Safehouse Explore

Rekomendasi software pengunci file folder selanjutnya adalah Safehouse Explore . Ya, Safehouse Explore ini banyak digunakan oleh para pengguna yang ingin mengamankan file folder yang bersifat rahasia.

Cara menggunakan software Safehouse Explore ini pun juga tidaklah sulit. Pertama-tama, kalian diminta untuk membuat password untuk membuka halaman utama software. Lalu, kalian tinggal memilih file atau folder yang akan kalian kunci. Selanjutnya, kamu tinggal klik ok.

  1. Private Folder

Private Folderadalah salah satu rekomendasi software pengunci folder yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Sebab, software Private Folder ini memiliki fitur enkripsi 256-bit yang sukar untuk dibuka oleh hacker sekalipun.

Cara penggunaan software Private Folder ini pun juga tidaklah sulit. Ya, kamu cukup membuat password untuk masuk ke halaman utama software. Kemudian, pilih folder yang akan kamu kunci. Setelah itu, silahkan klik ok.

  1. HiddenDIR

Rekomendasi software pengunci folder yang terakhir adalah HiddenDIR. Ya, software HiddenDIR ini memang menjadi salah satu software pengunci folder yang dapat kamu gunakan untuk mengunci file ataupun folder yang bersifat rahasia.

Cara penggunaan aplikasi HiddenDIR ini juga cukup mudah. Kamu cukup memilih beberapa folder ataupun file yang akan kamu sembunyikan dan kemudian klik ok.

Software pengunci file ataupun folder ini sangat berguna bagi kamu yang ingin merahasiakan file atau folder agar tidak diakses oleh orang lain. Untuk itu, kamu dapat menginstall salah satu dari beberapa rekomendasi software pengunci folder yang mana dapat kamu install pada PC Desktop ataupun laptop berbasis sistem operasi Windows.

4.5 average based on 395 votes (Closed)

Leave a Comment