Cara Mengunci Folder di Windows Paling Aman

Alfa - Like Follow

Karena sebagian besar versi Windows tidak menyertakan metode kata sandi yang melindungi file dan folder Anda, halaman ini menyediakan langkah-langkah untuk mengenkripsi file dan folder. Untuk melindungi kata sandi file dan folder Anda di Windows, Anda harus menggunakan program pihak ketiga.

cara mengunci folder di windows, Cara Mengunci Folder di Windows Paling Aman

Microsoft Windows Vista, 7, 8, dan 10 pengguna

cara mengunci folder di windows, Cara Mengunci Folder di Windows Paling Aman

 Sayangnya, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 tidak menyediakan fitur apa pun untuk melindungi file atau folder dengan kata sandi. Anda perlu menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga untuk mencapai ini. Jika Anda ingin mengenkripsi file atau folder, ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini: 

  • Pilih file atau folder yang ingin Anda enkripsi.
  • Klik kanan file atau folder dan pilih Properties.
  • Pada tab Umum, klik tombol Tingkat Lanjut.
  • Centang kotak untuk opsi “Enkripsi konten untuk mengamankan data”, lalu klik OK di kedua jendela.
  • Enkripsi pengaturan file

Pengguna Microsoft Windows XP Professional

cara mengunci folder di windows, Cara Mengunci Folder di Windows Paling Aman

 Langkah-langkah di bawah ini untuk mengenkripsi file pada Windows XP Professional berlaku untuk pengguna yang menggunakan komputer yang memiliki dua atau lebih akun. Jika Anda menggunakan satu akun, lihat bagian solusi keamanan lainnya.

  • Pilih file atau folder yang ingin Anda enkripsi.
  • Klik kanan file atau folder dan klik Properti.
  • Pada tab Umum, klik tombol Tingkat Lanjut.
  • Centang opsi “Enkripsi konten untuk mengamankan data”.
  • Klik Terapkan dan kemudian OK. 

Catatan Anda tidak akan diminta memasukkan kata sandi saat mengenkripsi folder di Windows XP Professional.

Namun, akun pengguna lain di komputer Anda tidak akan memiliki akses ke file yang terkandung dalam folder terenkripsi.

Enkripsi konten untuk mengamankan data berwarna abu-abu

 Jika Anda menggunakan edisi Home Microsoft Windows XP, lihat langkah-langkah Windows XP Home.Tampilkan “Enkripsi” pada menu konteks Versi terbaru TweakUI juga memungkinkan Anda menampilkan opsi Enkripsi di menu konteks. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  • Buka TweakUI.
  • Di jendela TweakUI, pilih Explorer.
  • Di sisi kanan jendela di bawah Pengaturan, temukan Perlihatkan ‘Enkripsi’ pada menu konteks dan centang kotak.

Opsi ini pasti di bawah Awali ‘pintasan ke’ pada pintasan baru dan di atas Perlihatkan ‘Lihat komputer kelompok kerja’ di NetPlaces.

  •  Saya kehilangan “Tampilkan ‘Enkripsi’ pada menu konteks” di TweakUI. 

Pengguna Microsoft Windows XP Home

  • Pilih file atau folder yang ingin Anda enkripsi.
  • Klik kanan file atau folder dan klik Properti.
  • Klik tab Berbagi.
  • Centang kotak Jadikan folder ini pribadi.
  • Klik Terapkan dan kemudian OK.

Jadikan folder ini pribadi berwarna abu-abu Agar opsi ini berfungsi pada Microsoft Windows XP Home edition, Anda harus memenuhi persyaratan di bawah ini.     Hard drive harus diformat dalam NTFS dan bukan Sistem File FAT32.   

 Folder yang Anda coba enkripsi adalah folder pribadi Anda. Misalnya, jika nama Anda adalah Bob, Anda harus mengenkripsi folder berikut ini, atau folder di dalamnya:    

 C: \ Documents and Settings \ Bob \    

 Anda tidak dapat mengenkripsi folder apa pun di luar folder ini. Jika Anda ingin mengenkripsi folder di luar folder ini, lihat bagian solusi keamanan lainnya di bawah ini.

Solusi keamanan lainnya untuk melindungi file dan folder Anda di Windows File dan folder yang tidak sering digunakan – Cara mudah melindungi file dengan kata sandi adalah membuat arsip file menggunakan alat kompresi. Ketika arsip dibuat, Anda dapat mengenkripsi konten dengan menentukan kata sandi. 

Pengguna Windows ME dan Windows XP

Windows ME dan Windows XP datang dengan utilitas kompresi mereka sendiri. Utilitas ini juga dapat digunakan untuk mengkompres dan melindungi file dengan kata sandi. 

Pengguna Windows Vista dan Windows 7

Windows Vista dan Windows 7 juga menyertakan utilitas kompresi. Namun, perlindungan kata sandi untuk file yang dikompresi tidak mungkin dilakukan tanpa menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga.

Tip Ketika file dikompresi, pengguna masih dapat melihat daftar file dalam file terkompresi.

Jika Anda ingin nama file dan kontennya disembunyikan, pindahkan semua file ke dalam satu folder dan kata sandi melindungi folder itu.File dan folder sering digunakan atau diakses Jika Anda perlu melindungi kata sandi atau mengenkripsi data yang sering Anda gunakan.

Anda harus menginstal program pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk melindungi file dan folder Anda. Di bawah ini adalah beberapa solusi gratis dan komersial.    

 7-Zip – Utilitas zipping file dan folder gratis, yang juga mencakup kemampuan melindungi kata sandi file dan folder.   

 AxCrypt – Utilitas enkripsi gratis yang luar biasa yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi semua file dalam folder dan tidak mengizinkan file-file itu dilihat kecuali frasa sandi (kata sandi) diketahui.   

 Penjaga Folder – Versi komersial perangkat lunak perlindungan kata sandi yang memungkinkan Anda melindungi file, folder, dan sumber daya Windows lainnya dengan kata sandi.  

  Folder Terproteksi- Dengan sedikit biaya, ini adalah program perangkat lunak luar biasa yang memungkinkan Anda untuk melindungi folder dengan kata sandi.

Buka pencarian untuk lebih banyak solusi untuk melindungi file dan folder dengan kata sandiHal yang perlu diingat ketika mengenkripsi atau melindungi file dan folder dengan kata sandi     Tidak ada yang namanya 100% file yang dilindungi. Ada banyak alat, utilitas, dan instruksi untuk cara memecahkan enkripsi dan kata sandi pada file.

Namun, metode perlindungan yang tercantum di atas akan melindungi file Anda dari mayoritas pengguna yang mungkin menjumpainya. Jika Anda bekerja dengan data yang sangat sensitif, kami sarankan produk komersial untuk melindungi file dan data Anda.    

Meskipun file atau folder mungkin dilindungi kata sandi, masih dapat dihapus (kecuali jika program mendukung kemampuan untuk melindungi file agar tidak dihapus).

Selalu ingat untuk membuat cadangan semua file Anda, bahkan yang dilindungi oleh kata sandi.    Jika Anda lupa kata sandi, kecuali jika Anda rela meluangkan waktu untuk mencoba memecahkannya atau membayar orang lain untuk memecahkan kata sandi, semua data dalam file atau folder akan hilang. Dengan demikian, penting untuk membuat salinan cadangan file atau folder yang tidak dilindungi kata sandi, untuk berjaga-jaga.

Baca Juga : Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk paling mudah

3.8 average based on 528 votes (Closed)

Leave a Reply