Cara Mengunci Aplikasi Di Android Paling Mudah

Alfa - Like Follow

Privasi dan keamanan adalah salah satu hal yang paling penting bagi setiap orang. Tak terkecuali untuk keamanan dan privasi pada smartphone kita. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, produsen juga mengembangkan keamanan yang lebih baik lagi terkait keamanan dan privasi dari data – data pribadi dari si pengguna, yang kini banyak sekali kejahatan yang dilakukan secara online.

Privasi pengguna selalu menjadi hal yang utama bagi beberapa aplikasi. Jadi tak khayal, mengapa banyak aplikasi memberikan keamanan yang super ketat. Aplikasi yang seringkali menggunakan data pribadi miliki kita seperti aplikasi komunikasi yang diantaranya WhatsApp, Line, BBM, Facebook Mesengger dan lainnya.

Beberapa aplikasi diatas membutuhkan data pribadi, dikarenakan fungsi dari aplikasi tersebut yang juga bersangkutan dengan pengguna lainnya. Oleh karena itu, untuk menghindari kebocoran data anda,anda harus mengunci aplikasi anda, dengan aplikasi locker atau tanpa aplikasi.

Cara Mengunci Aplikasi Di Android tanpa Aplikasi

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang menjaga keamanan aplikasi pada smartphone kita. Tak bisa dipungkiri, kejahatan yang sering terjadi pada aplikasi adalah penyadapan, pembajakan dan lainnya. Hal seperti ini bisa dilakukan oleh orang yang anda kenal (teman, keluarga) atau pun orang yang tidak anda kenal sekalipun. Memang kejahatan ini tidak bisa anda prediksi, bisa saja masalah tersebut datang sekarang atau besok atau besoknya lagi.

cara mengunci aplikasi, Cara Mengunci Aplikasi  Di Android Paling Mudah

Untuk mencegah bocornya data anda, anda bisa melakukan penguncian terhadap aplikasi yang anda miliki. Meskipun sebelumnya anda sudah mengunci layar smartphone anda dengan pola, hal ini tetap harus dilakukan. Mengunci layar dengan beragam cara, biasanya masih bisa dibuka dengan beberapa teknik. Dengan anda memberikan kunci di semua layanan di smartphone anda, akan membuat kesulitan pada pelaku kejahatan. Langsung saja berikut cara mengunci aplikasi di android tanpa aplikasi.

  • Pertama silakan anda menuju ke Pengaturan.
  • Di sini, cari menu Pengaturan Tambahan atau biasanya menu Aksesbilitas dengan menscrol ke bawah.
  • Pada menu ini, silakan anda pilih menu privasi.
  • Setelah dialihkan, pada menu Lock Indivindual Apps silakan anda pilih Choose Apps To Lock.
  • Ketika anda ingin mengunci salah satu aplikasi, sebelumnya anda harus membuat sebuah pola. Pola ini akan digunakan sebagai password aplikasinya nanti.
  • Jika pola yang anda buat telah siap, pilih aplikasi yang ingin diberi kunci.
  • Terakhir, aplikasi anda sekarang sudah terkunci.

Baca Juga:Aplikasi Edit Foto Terbaik Di Android, Buat Foto Keren Hanya Di Hp Saja

Nah, itulah cara mengunci aplikasi di android tanpa aplikasi. Dengan cara ini, anda tidak perlu repot – repot mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan. Caranya memang sangat mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja seperti di atas. Dan hasilnya, aplikasi yang anda kehendaki aman dari pencurian.

Namun, sebelumnya tentukan dulu pola kunci yang hendak digunakan. Pastikan kalau pola tersebut mudah di hafal namun tidak diketahui orang lain. Dalam hal ini, kuncinya adalah buatlah pola serumit mungkin namun anda tetap ingat dan mudah mengaplikasikannya.

Biasanya, pola yang terlalu rumit justru akan membuat anda lupa. Apabila anda pelupa, mendingan gunakan pola yang sederhana namun tetap aman. Sekian artikel yang bisa kami berikan saat ini tentang cara mengunci aplikasi di android tanpa aplikasi. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat anda semuannya.

Mengunci menggunakan Applock

cara mengunci aplikasi, Cara Mengunci Aplikasi  Di Android Paling Mudah

Setelah kita membahas tentang mengunci aplikasi di android tanpa aplikasi, berikut adalah cara mengunci aplikasi menggunakan salah satu aplikasi yaitu AppLock.

AppLock ini tersedia versi gratis, seperti biasa di era android sekarang ini setiap Aplikasi gratisan acap kali membawa iklan, iklan-iklan yang di tanamkan oleh developer tidak dengan bijak menyebabkan pengguna terganggu. Maka dari itu kabarseru.com menyajikan AppLock yang sudah versi premium sehingga bebas dari gangguan iklan.

Berikut cara menggunakan AppLock,

  • download AppLock Premium v2.30.3.apk, kemudian install lalu jalankan aplikasinya. Langkah pertama adalah kita membuat pola kunci.
  • Lakukan konfirmasi pola kuncinya.
  • Selanjutnya masukkan Email keamanan Security Email lalu tab (Biasanya email akan terisi otomatis jika kita telah login pada akun google di smartphone)
  • Selanjutnya kita akan masuk ke PRIVACY dimana semua aplikasi ditampilkan untuk di pilih mana saja yang akan kita gembok. Misal pilih aplikasi SMS.
  • Tab gambar kembok terbuka, jika muncul pesan Pop up In Android 5.0 or above, you must permit usage access for AppLock so that you can use AppLock.
  • Terjemahannya: Untuk Android 5.0 atau yang lebih tinggi, Anda harus memberikan izin akses AppLock sehingga Anda dapat menggunakan AppLock
  • Selanjutnya Tab PERMIT untuk memberi izin AppLock.
  • Untuk utak-atik hal lainnya tinggal Tab PROTECT atau Tab tanda ≡ pada sisi kiri atas lalu Tab Setting.
  • Sedangkan urusan thema bisa Tab ikon kaos pada sisi atas kanan, disini kita bisa pasang foto backgroud dan memilih warna thema. Tab FEATURED untuk download thema paling keren menurut selera. Thema ini sepertinya berbentuk aplikasi external yang musti kita download dari PlayStore.
  • Selain kita bisa menggunakan pola kunci, kita bisa juga menggunakan sistem password, mana yang menurut kamu lebih enak digunakan tinggal pilih saja.
  • Nah itu tadi, Cara mengunci aplikasi di smartphone dengan menggunakan AppLock premium semoga tips ini bermanfaat.

Baca Juga : 5+ Aplikasi Download Video Terbaik 2019

Cara Mengunci Aplikasi Dengan 360 Security

cara mengunci aplikasi, Cara Mengunci Aplikasi  Di Android Paling Mudah

Selanjutnya kita akan membahas cara mengunci aplikasi menggunakan aplikasi 360 Security yang juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi:

  • Unduh dan jalankan aplikasi 360 Security, kemudian temukan opsi App Lock. Anda bisa menemukannya di menu Antivirus – Privacy.
  • Atau melalui tombol menu di sebelah kiri atas dan tap menu App Lock.
  • Lalu tandai aplikasi yang ingin dikunci, terutama aplikasi-aplikasi yang memuat informasi pribadi. Selanjutnya tap tombol Lock.
  • Gambar pola yang akan jadi kunci akses, lakukan dua kali.
  • Sebelum dapat dikunci, sistem membutuhkan satu langkah penting. Jika muncul pesan seperti ini, tap tombol Confirm
  • Tap, 360 Security.
  • Ubah posisi Permit Usage Accesske posisi On (menyala biru).
  • Jika sudah, tap tombol kembali sampai Anda melihat pesan seperti ini, yang menandakan bahwa penguncian aplikasi telah berhasil dilakukan.
  • Ini pertanda bahwa aplikasi yang ditandai tadi sudah berhasil dikunci. Untuk membuka kunci, tinggal tap ikon gembok di samping aplikasi.
  • Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka kini siapapun yang membuka aplikasi-aplikasi tersebut, harus memasukkan PIN atau pola untuk bisa menggunakannya.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengunci aplikasi pada smartphone anda.

4.3 average based on 819 votes (Closed)

Leave a Reply