3 Cara Mudah Menghapus Akun Gmail di Android

3 Cara Mudah Menghapus Akun Gmail di Android

Cara Menghapus Akun Gmail di Android, Bagi para pengguna ponsel Android, akun Gmail adalah suatu kewajiban dan harus dimiliki agar ponsel Android mereka dapat bekerja secara maksimal. Baik kalian sadari atau tidak, akun Gmail ini sangat berpengaruh pada beberapa aplikasi bawaan Android seperti, Playstore, Kontak, Email, Maps, Duo, Drive, dan Youtube.

Bahkan beberapa dari para pengguna tersebut dengan sengaja menyambungkan akun Gmail mereka dengan aplikasi-aplikasi lain untuk keperluan login, seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram. Bahkan akun Gmail ini digunakan sebagai backup data akun Whatsapp.

Kok bisa? Ya tentu bisa, sebagai salah satu keunggulan SSO (single sign on) artinya dengan satu akun gmail saja kita bisa mengakses berbagai aplikasi atau layanan google, seperti email, drive, maps, youtube dan lain-lain. Sedangkan untuk kasus backup data Whatsapp, Whatsapp memanfaatkan akses Akun Gmail kita ke Drive, sehingga secara periodik data-data chat kita terbackup ke akun Drive kita.

Oleh karena banyak fitur yang ditawarkan google kepada kita bisa jadi kita sangat senang dan secara gila-gilaan menambah akun gmail ke ponsel Android kita dan alhasil kita memiliki akun Gmail yang banyak dalam satu ponsel.

Lah apa ruginya kita memasang banyak email di dalam satu ponsel. Bagi kalian yang memiliki space memory yang longgar tentu tidak akan terasa, tapi sadarkan kita dengan menambahkan dari Email Baru ke dalam ponsel akan mengurangi Space Memory, dan akan sangat rugi kalo memory internal kita habis gara-gara akun email yang tidak terpakai, belum lagi jika ada sinkronisasi email, kalender, kontak, dan lain sebagai yang secara otomatis akan menyita ruang diponsel kita.

Jika beberapa pengguna Android terlena dengan fitur yang ditawarkan google, mungkin kamu hanya sekedar ingin mengganti alamat email atau menghapus alamat-alamat email yang sudah tidak digunakan dan jika masih disana bakalan menghabiskan space memory juga.

Dengan masalah itu sebaiknya dihapus saja karena memang tidak ada manfaatnya.

3 Cara Menghapus Akun Gmail di Android

cara menghapus akun gmail

Sebenarnya menghapus akun gmail ini cukup mudah bahkan terdapat tiga cara yang bisa kalian gunakan yaitu:

1. Menghapus akun Gmail di Android via Menu Settings

Cara pertama untuk menghapus akun gmail ini bisa kalian lakukan melalui menu settings, caranya:

  1. Buka Menu Setting / Pengaturan
  2. Cara dan Tap Accounts & Sync
  3. Pilih Google, kemudian akan muncul daftar akun-akun gmail kalian.
  4. Pilih yang akan dihapus, kemudian tap pada titik 3 dipojok kanan atas lalu pilih Remove Account

2. Menghapus akun Gmail melalui aplikasi Gmail

Sedikit berbeda dengan cara pertama, cara kedua ini lebih pada memanfaatkan aplikasi Gmail yang kita miliki, walaupun pada akhirnya tetap diarahkan pada menu setting juga. Untuk menggunakan kalian bisa lakukan tahapan berikut.

  1. Buka Aplikasi Gmail
  2. Tap ikon tiga strip di pojok kiri atas
  3. Scroll dan cari menu Settings, tap dan akan muncul daftar akun-akun gmail kalian.
  4. Pilih akun yang ingin dihapus.
  5. Pada menu titik 3 dipojok kanan atas, pilih Manage Accounts. Kalian akan diarahkan ke Menu Settings.
  6. Pilih Google, kemudian akan muncul daftar akun-akun gmail kalian.
  7. Pilih yang akan dihapus, kemudian tap pada titik 3 dipojok kanan atas lalu pilih Remove Account

3. Menghapus akun Gmail dengan menu Clear Data.

Cara ketiga ini adalah cara paling ekstream, kenapa? Karena kita akan menghapus semua akun gmail yang kita miliki tanpa terkecuali. Sebaiknya kalian gunakan cara ini ketika memang terdesak atau ingin menghapus semua akun Gmail tanpa terkecuali. Cara ini bisa kalian lakukan dengan:

  1. Buka menu setting kemudian Pilih menu Application Manager atau Manage Application.
  2. Kemudian kalian pilih Google Apps dan tap pada menu Clear Data.
  3. Ketika kalian tap menu Clear Data akan muncul sebuah peringatan ‘All information you saved in this application will be deleted permanently’.
  4. Pilih OK untuk menghapus semua informasi dan akun Gmail pada Android kalian.

Demikian cara menghapus akun gmail di Android, mungkin untuk beberapa ponsel akan berbeda, jika ada yang bingung bisa tinggalkan komentar untuk kita bahas lebih lanjut.

Leave a Reply

Close Menu