Cara Mengganti Username Instagram Melalui Aplikasi dan Web Browser

  • Post Author:
  • Post Category:Instagram
Cara Mengganti Username Instagram Melalui Aplikasi dan Web Browser

Data yang Kamu simpan di Instagram bukanlah data “kaku” layaknya data di catatan sipil yang bisa diganti melalui prosedur yang berbelit-belit. Pergantian nama atau dalam hal ini username di Instagram sangat mudah. Instagram sendiri memfasilitasi pergantian nama melalui menu pengeditan profil yang tersedia. Cara mengganti nama Instagram sama sekali tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga dan dapat dilakukan secara gratis.

Instagram memberi kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan beragam pengeditan pada profil pengguna. Tidak hanya nama user, nama display dan data lain bisa diedit serta diganti dengan mudah. Cara menggantinya bisa dipraktikkan melalui aplikasi dan melalui web browser. Melalui aplikasi adalah cara yang biasanya digunakan pengguna ponsel, sementara melalui web browser biasanya digunakan oleh pengguna komputer.

2 Cara Mengganti Nama Instagram Cepat dan Mudah

Dalam kehidupan nyata saja pergantian nama di KTP atau koreksi data adalah hal yang wajar, apalagi di dunia digital. Pergantian nama adalah hal yang wajar. Ada banyak faktor kenapa nama user Instagram diganti. Dari mulai masalah identitas hingga masalah ketidaktahuan. Percaya atau tidak, biasanya pemula media sosial mengisi data dengan serius dan memasukkan data yang nyata dan bahkan bercampur dengan data resmi.

Di zaman dimana privasi dan kerahasian semakin tidak rahasia dan mudah dibobol, hal tersebut adalah pilihan keliru. Mungkin, naif untuk seorang pemula. Maka dari itu, pergantian nama nama perlu dilakukan untuk membuat Kamu terlihat lebih siap bergaul di dunia maya. Apakah pergantian nama yang dilakukan legal? Ya, pergantian nama di Instagram itu legal alias diperbolehkan. Tidak perlu takut melanggar aturan ini dan itu.

Dampak dari pergantian nama sendiri bisa langsung dilihat. Jika sampai gagal, maka nama baru yang digunakan sudah digunakan oleh orang lain. Kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan nama yang sangat unik. Ada dampak negatif dari pergantian nama. Kamu mungkin kehilangan follower dan kehilangan rekam aktivitas, seperti post, comment, dan like dari nama user terdahulu.

Pergantian nama juga dapat memengaruhi kelancaran dan kesuksesan bisnis untuk Kamu yang serius menggunakan IG sebagai pabrik uang. Diluar hal sudah disebutkan, tampaknya tidak ada dampak signifikan lain yang terjadi pasca pergantian nama. Terdapat 2 jenis nama di Instagram. Nama pertama adalah nama display. Nama ini adalah nama yang ditampilkan di kanan atas profil Kamu.

Nama ini tidak unik dan bisa menggunakan simbol serta emoji. Nama display juga boleh sama dengan nama display orang lain. Nama kedua adalah username atau nama user. Nama user inilah yang unik dan akan dibahas tutorial menggantinya. Nama user adalah nama yang digunakan untuk melakukan login dan seratus persen adalah nama yang unik. Artinya tidak boleh ada duplikat atau nama yang sama.

Kamu hanya boleh menggunakan huruf, angka, underscores, dan periods. Simbol dan emoji sampai saat ini masih tidak diperbolehkan. Berikut adalah cara mengganti nama user Instagram melalui aplikasi dan web browser.

Cara Mengganti Nama User Instagram Melalui Aplikasi

Pengguna ponsel dapat mengganti nama user Instagram melalui aplikasi Instagram. Cara ini dapat dipraktikkan di Android serta iOS dan berlaku untuk merek ponsel apapun. Jika Kamu memiliki akun Instagram lebih dari satu, maka pastikan Kamu hanya login ke akun Instagram yang namanya akan Kamu ganti. Untuk mempraktikkan cara ini tidak diperlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah tutorial mengganti nama user Instagram melalui aplikasi.

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Login ke akun Instagram yang namanya akan diganti.
  3. Buka profil Instagram Kamu dengan cara menekan foto profil yang ada di pojok kanan bawah layar.
  4. Pilih Edit Profile.
  5. Kamu akan masuk ke menu Edit Profile.
  6. Pada menu tersebut, Kamu bisa melakukan beragam pengeditan, termasuk mengganti nama user.
  7. Untuk mengganti nama user, tekan kolom Username.
  8. Silakan ganti dengan nama yang diinginkan.
  9. Jika gagal atau ditolak, maka Kamu harus memilih nama user yang lain.
  10. Kamu juga bisa mengganti nama display dengan menekan kolom Name.
  11. Lakukan pengeditan lain jika memang perlu.
  12. Jika sudah selesai, tekan tombol centang yang ada di pojok kanan atas layar.
  13. Sekarang, nama user akan secara otomatis berubah dan Kamu.
  14. Lakukan login dengan nama user yang baru untuk menguji keberhasilan proses.

Cara Mengganti Nama User Instagram Melalui Web Browser

Selain melalui aplikasi, Kamu juga bisa mengganti nama user Instagram melalui web browser. Cara ini bisa dipraktikkan di semua perangkat, terutama di PC dan laptop. Web browser yang digunakan bebas dan tidak ada persyaratan khusus. Tidak diperlukan aplikasi tambahan untuk melakukan pergantian nama user melalui web browser. Berikut adalah tutorial mengganti nama user Instagram melalui web browser.

  1. Buka web browser yang akan digunakan.
  2. Buka website Instagram.
  3. Login ke akun Instagram dengan akun yang namanya akan diganti.
  4. Klik ikon profil yang ada di kanan atas layar.
  5. Kamu akan masuk ke halaman pengeditan profil.
  6. Klik Edit Profile.
  7. Pada kolom Username, silakan ganti nama yang ada dengan nama yang baru.
  8. Jika gagal atau ditolak, Kamu harus memilih nama user yang lain.
  9. Silakan ambil kebebasan untuk melakukan pengeditan lainnya, termasuk nama display jika perlu.
  10. Jika sudah selesai, klik Submit.
  11. Sekarang, nama user sudah berubah.
  12. Untuk menguji keberhasilan proses, lakukan login dengan nama user yang baru.

Pergantian nama dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tidak ada batas pergantian. Artinya, cara mengganti nama Instagram tersebut bisa Kamu lakukan berkali-kali. Namun, ada prosedur dari Instagram yang perlu dipatuhi yaitu menunggu 14 hari jika ingin kembali menggunakan nama user yang sudah diganti tersebut.

Leave a Reply