Bosan dengan Tampilan HP Kamu? Inilah Cara Mengganti Font Android Termudah

Alfa - Like Follow

Apakah kamu merasa bosan dengan tampilan handphone android yang gitu-gitu aja? Jika iya, mungkin kamu perlu untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengganti font android. Font merupakan salah satu komponen penting dalam tampilan sebuah handphone. Jenis font ada berbagai macam dan semua orang mempunyai selera masing-masing dalam menentukan font kesukaannya.

Pada smartphone Android biasanya memiliki font default yang bentuknya terkesan kaku. Tidak semua orang menyukai font seperti ini sehingga berniat untuk menggantinya. Pada beberapa handphone android, cara untuk mengganti font cukup mudah. Tapi untuk sebagian lainnya sulit untuk dilakukan penggantian font.

Cara Mengganti Font Android Semua Merk Mudah dan Anti Gagal

cara mengganti font android, Bosan dengan Tampilan HP Kamu? Inilah Cara Mengganti Font Android Termudah

1. Mengganti Font di HP Android Samsung

Samsung memang sudah merajai penjualan ponsel android sejak lama. Tak heran, banyak sekali orang yang menggunakan handphone samsung untuk keseharian. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Cara mengganti font pada hp samsung terbaru yang sudah menggunakan One UI adalah sebagai berikut:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu pengaturan atau settings pada hp samsung kamu.
  • Ada banyak pilihan pengaturan yang akan muncul di layar kamu, pilihlah dipslay atau tampilan karena yang akan kalian lakukan adalah mengganti font. Font ini masuk ke dalam pengaturan tampilan atau display.
  • Setelah memilih display atau tampilan, akan muncul pilihan berikutnya. Pilih apa yang akan kamu ubah. Pilihlah “Gaya dan Ukuran Font”
  • Sesuai dengan nama pilihannya “gaya dan ukuran font”, di sini kalian dapat mengatur tentang jenis atau gaya font serta ukuran besar kecilnya font yang akan kamu tampilkan di hp samsung.
  • Secara default, smartphone samsung dengan One UI telah dibekali 3 macam fonta antara lain Gothic Bold, SamsungOne, dan font Default. Jika kamu tidak menyukai 3 jenis font bawaan tersebut, kamu bisa memilih menu untuk mengunduh font yang lain.
  • Ketika font baru sudah berhasil diunduh, selanjutnya adalah mengaplikasikan font baru tersebut dengan memilih di bagian pengaturan “Gaya Huruf”.

Ketika semua langkah di atas sudah kalian lakukan, font di android samsung kalian pun akan berubah.

2. Mengganti Font di HP Android Xiaomi

Selain samsung, xiaomi juga termasuk ke dalam brand android yang sangat diminati di Indonesia. Daya tarik dari hp ini adalah harganya yang sangat terjangkau serta fitur yang lengkap. Jika kamu merasa bosan dengan tampilan font xiaomi yang begitu-begitu saja, sepertinya cara mengganti font android di bawah ini patut untuk dicoba.

  • Sebelum kalian mulai langkah-langkah untuk mengganti font pada hp android xiaomi, pastikan kamu telah memasang MIUI terbaru di hp xiaomi milikmu. Jika masih menggunakan versi lama, sebaiknya lakukan update terlebih dahulu untuk memastikan cara ini akan berhasil ketika kamu coba.
  • Bukalah aplikasi yang bernama Tema atau Theme. Xiaomi memang menyediakan menu untuk mengubah tema secara terpisah di luar menu settings atau pengaturan.
  • Setelah aplikasi theme atau tema terbuka, pergilah ke kolom pencarian. Ketikkan kata kunci atau keyword “Free” lalu cari.
  • Hasil yang muncul dari pencarian ini adalah tema dan juga font yang dapat diunduh secara gratis alias tidak berbayar. Biasanya hasil berupa font ada di bagian bawah. Ketuk pada pilihan “see all” atau ”lihat semua” untuk melihat semua hasil pencarian.
  • Gulirkan layar hingga kamu menemukan font yang sesuai dengan keinginan kamu. Kemudian klik pada pilihan “download” atau “unduh” untuk mendapatkan font tersebut untuk ada di hp xiaomi milik kamu.
  • Setelah font selesai diunduh, ketuk pada pilihan terapkan atau apply
  • Berbeda dengan samsung yang akan secara langsung mengubah tampilan font, xiaomi meminta penggunanya untuk melakukan reboot atau restart. Setelah handphone menyala kembali, kalian bisa melihat jenis font yang berbeda pada hp.

Cara seperti ini tidak hanya dapat dilakukan di hp xiaomi saja. Brand hp apapun yang menggunakan MIUI terbaru untuk sistem operasinya dapat menggunakan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

3. Mengganti Font di HP Android Oppo dan Realme

Oppo dan Realme bagaikan bapak dan anak karena Realme merupakan anak perusahaan dari Oppo. Keduanya pun sama-sama menggunakan Color OS untuk user interface. Oleh sebab itulah, cara untuk mengubah font pada kedua brand handphone android ini memiliki kesamaan.

  • Ada beberapa aplikasi yang harus kalian download untuk melakukan pengubahan font karena dari ColorOS sendiri belum menyediakan pilihan untuk mengubah font. Unduhlah APK Editor dan Ofont Indonesia. Kedua aplikasi ini dapat kalian cari dengan mudah di internet.
  • Setelah selesai mengunduh, pasang kedua aplikasi tersebut pada hp oppo atau realme kamu.
  • Pindahlah zona hp ke myanmar dan sesuaikan ulang waktu pada perangkat
  • Pergilah ke halaman fontspace.com untuk megunduh font yang kalian inginkan
  • Buka aplikasi APK Editor yang tadi telah terpasang. Ketuk pada pilihan “Select APK from App”. Carilah aplikasi kedua yang telah terinstall yaitu Ofont Indonesia.
  • Lakukan Simpe Edit (FILE REPLACEMENT) pada aplikasi Ofont tadi, masuklah ke folder yang bernama asset dan bukalah folder di dalamnya yang bernama fonts.
  • Pilih menu edit dan cari font yang sudah didownlaod sebelumnya, lalu tekan tombol save untuk menyimpan.
  • Hapus aplikasi Ofont Indonesia di menu pengaturan – manajemen aplikasi
  • Install kembali Ofont Indonesia dari aplikasi APK Editor
  • Setelah Ofotnt Indonesia terpasang kembali, buka menu pengaturan – layar dan kecerahan – aktifkan pada bagian mendukung karakter dai.

Mengganti font pada handphone android terkadang menjadi satu keharusan untuk sebagian pengguna. Namun ada pula yang tetap menggunakan font default yang disediakan oleh handphone android. Semua itu dikembalikan ke selera masing-masing orang.

4 average based on 726 votes (Closed)

Leave a Reply