Cara Mengetahui Apakah Ada Yang Menyadap Whatsapp Kamu

Avatar photo

Cara mengetahui siapa yang menyadap WhatsApp kamu sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. WhatsApp merupakan aplikasi yang populer dan banyak digunakan di seluruh belahan dunia. Semakin banyak penggunanya, semakin banyak juga tangan jahil yang akan tertarik untuk melakukan kejahatan seperti penyadapan pada akun pengguna WhatsApp.

Cara Mengetahui Apakah Ada Yang Menyadap Whatsapp

Sebagai sesama pengguna, kita bisa mengetahui apakah WA kita sedang disadap orang lain. Nah caranya pun cukup mudah serta tidak serumit yang kamu pikirkan. Berikut ini merupakan cara mengetahui akun WhatsApp disadap:

1. Periksalah Aktifitas WhatsApp

Cara yang pertama adalah dengan memeriksa aktifitas Whatsapp. Ketika kamu membuka aplikasi Whatsapp, kamu lihat dan periksalah daftar pesan terlebih dahulu. Lihatlah daftar pesan yang ada di Whatsapp apakah ada pesan tidak kamu kirim dan atau apakah ada pesan yang diterima dari orang yang tidak dikenal kamu kenal.

Jika ada pesan yang tidak pernah kamu tulis terkirim ke nomor teman atau nomor orang tidak dikenal kamu patut curiga jika Whatsapp kamu telah disadap atau digunakan oleh orang lain. Tah hanya pesan terkirim, namun jika ada chat dengan nomor tidak dikenal sementara kamu tidak pernah menulisnya kamu wajib curiga.

2. Lakukan Pemeriksaan pada  Informasi Kontak

Cara yang kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan pada informasi kontak kamu. Para pelaku tindak kejahatan yang mencoba untuk melakukan pembajakan  akun, biasanya akan mencoba untuk mengubah informasi kontak. Kamu bisa jika ada perubahan terhadap informasi kontak kamu dengan menekan tanda titik tiga di bagian sudut kanan atas.

Berikutnya jika sudah muncul pop-up windows, ketuk Pengaturan kemudian lanjutkan dengan masuk ke menu Profil. Perhatikan dengan seksama apakah informasi kontak kamu akurat sesuai dengan apa yang kamu masukkan sebelumnya. Jika ada perubahan di informasi kontak yang tidak pernah kamu lakukan maka amankan segera akun Whatsapp kamu dengan menggunakan verifikasi dua langkah (two-step verification).

3. Periksalah Pesan dari WhatsApp

Cara ketiga yaitu adalah dengan memeriksa pesan atau SMS dari Whatsapp. Cari pesan di aplikasi Pesan bawaan smartphon kamu yang biasa digunakan untuk SMS dengan mengetik WhatsApp di bagian pencarian. Di aplikasi pesan SMS ini akan muncul mengenai perubahan ataupun akses ke akun Whatsapp kamu. Whatsapp pastinya akan selalu meminta konfirmasi melalui SMS atau telefon jika ada perubahan akses maupun perangkat yang menggunakan nomor kamu.

Jika ada SMS yang berisi kode verifikasi untuk akses akun Whatsapp kamu sementara kamu tidak pernah berganti perangkat atau mencoba ganti perangkat kamu wajib curiga. Adanya SMS tersebut menandakan ada orang yang sedang mencoba mendaftarkan nomor kamu untuk perangkat yang baru.

4. Periksalah Daftar Teman

Cara yang keempat adalah lakukan pengecekan pengecekan pada kontak WhatsApp kamu. Caranya mudah, hanya dengan membuka aplikasi Whatsapp kemudian kamu mengetuk ikon chat di bagian bawah. Setelah itu akan muncul daftar teman. Silahkan periksa dengan teliti apakah ada teman baru yang tidak kamu kenali muncul dalam daftar kontak Whatsapp kamu.

Jika ada nama teman atau kontak yang tidak kamu ketahui sementara HP dan email hanya ada di satu perangkat kamu wajib waspada jika ada penyadapan atau peretasan di HP kamu.

5. Periksalah Sesi Chat Terbaru

Cara yang kelima adalah dengan memeriksa sesi chat terbaru. Periksalah sesi terakhir dengan cara mengetuk tanda titik tiga kemudian pilih Linked Device. Lihatlah daftar “Last Active…” apakah ada perangkat baru yang tidak kamu kenali atau asing. Jika ada perangkat baru yang tidak kamu kenali maka kamu wajib memilih pilihan Log Out.

Langkah Log Out ini dilakukan agar akun kamu aman dari penyadapan ataupun penyalahgunaan Whatsapp oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Dengan Log Out maka sesi Whatsapp yang aktif di perangkat peretas akan langsung keluar dan tidak bisa masuk atau menggunakan Whatsapp kamu lagi di perangkatnya.

Itulah Cara Mengetahui Apakah Ada Yang Menyadap Whatsapp Kamu. Tetaplah menjaga keamanan akun kamu serta data privasi kamu dengan hati-hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. 

Tetap Berhati-Hatilah, Sekian dan Terima Kasih. 

See You!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *