Terlanjur Menghapus File di Android? Inilah 3 Cara Mengembalikan File Termudah

  • Post Author:
  • Post Category:Ponsel
Terlanjur Menghapus File di Android? Inilah 3 Cara Mengembalikan File Termudah

Smartphone android mempunyai banyak fungsi. Selain untuk berkomunikasi, kita juga terbiasa menggunakan android untuk menyimpan data. Baik itu dokumen pekerjaan, foto, video, dan masih banyak lagi. Apakah kalian pernah tidak sengaja menghapus file penting di androidmu? Jika iya, jangan panik! Cara mengembalikan file yang terhapus di android di bawah ini dapat membantu kamu.

Jika di windows kalian mengenal Recycle Bin, sistem seperti ini tidak dapat ditemui di android secara default. Biasanya fitur serupa dapat ditemui pada aplikasi pihak ketiga. Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengembalikan file yang hilang, namun tidak semua aplikasi tersebut optimal. Dari banyaknya aplikasi tersebut, terdapat 4 aplikasi terbaik yang bisa kamu pakai.

Inilah 3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Termudah

Untuk mengembalikan file di android yang hilang, terdapat aplikasi yang bisa dijalankan di andorid yang tidak rooted dan android yang sudah rooted. Kalau kamu tidak suka melakukan modifikasi pada smartphone dan ingin lebih aman, sebaiknya kamu menggunakan cara yang tidak perlu melakukan root.

1. Memakai Aplikasi DiskDigger Photo Recovery (Root)

Seperti namanya, DiskDigger Photo recovery ini berguna untuk mengembalikan file khususnya foto dan video yang telah terhapus. Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu. DiskDigger Photo Recovery tidak dapat bekerja jika handhphone android masih dalam keadaan default atau unrooted. Inilah cara selengkapnya untuk menggunakan aplikasi tersebut :

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan android sudah dalam keadaan rooted. Jika belum, kamu bisa melakukan proses rooting terlebih dahulu. Namun hal ini tidak disarankan apabila android kamu masih dalam masa garansi karena rooting dapat menyebabkan garansi hangus.
  • Setelah memastikan bahwa android sudah rooted, kamu dapat melakukan pengunduhan aplikasi DiskDigger melalui Google Playstore. Tunggu hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai.
  • Buka aplikasi DiskDigger setelah selesai diinstall, tampilannya sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.
  • Pilih partisi dari memori atau penyimpanan yang ada di android kamu untuk memulihkan atau mengembalikan foto dan video yang telah terhapus. Tunggu aplikasi melakukan pemindaian pada partisi. Jika sudah selesai, akan tampil beberapa foto dan video yang telah terhapus sebelumnya.
  • Jika kamu sudah menemukan file gambar atau video yang akan dipulihkan, tandai kemudian ketuk ikon save pada bagian kanan atas. Pilih tempat untuk menyimpan file tersebut.

2. Memakai Aplikasi Pengelola File Es

Cara mengembalikan file yang terhapus di android kedua adalah menggunakan bantuan aplikasi pengelola file dari Es. Aplikasi ini sudah cukup populer dan banyak digunakan di hp android. Kelebihan dari Es File Explorer adalah fiturnya yang sangat lengkap. Bahkan kamu bisa mengirim aplikasi yang terpasang di handphone android dengan pengelola file yang satu ini.

Fitur yang membuat aplikasi ini dapat mengembalikan file yang telah terhapus adalah adanya recycle bin layaknya di windows. File yang dapat dipulihkan hanyalah yang terhapus setelah Es File Explorer ini terpasang di Android kamu. Langkah selengkapnya ada dalam penjelasan di bawah ini:

  • Es File Explorer ini tersedia di Google Playstore yang dapat kamu unduh dan pasang di handphone Android kamu secara gratis. Lakukan pencarian kemudian klik pada pilihan “install”. Secara otomatis proses download akan berjalan. Kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan atau instalasi.
  • Setelah instalasi selesai, kamu dapat langsung menggunakan aplikasi ini.
  • Aktifkan fitur Recycle Bin dengan menampilkan panel di sebelah kanan kemudian scroll ke bawah hingga menemukan tulisan “Recycle Bin” dengan ikon tong sampah. Aktifkan dengen menggeser tombol di bagian sampingnya.

Setelah fitur Recycle Bin aktif, file yang dihapus akan masuk ke bagian ini. Kamu dapat memilih untuk menghapusnya secara permanen atau menyimpan kembali file tersebut.

3. Memakai Aplikasi Dumpster

Aplikasi terakhir yang dapat mengembalikan file yang terhapus adalah Dumpster. Dibandingkan dengan dua aplikasi yang telah dibahas tadi, Dumpster memiliki fitur yang lebih lengkap. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Dumpster dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya:

  • Fungsi utama dari dumbster ini adalah mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus. Hampir semua jenis file dapat di-restore oleh aplikasi yang satu ini.
  • Aplikasi dapat bekerja pada android yang telah rooted maupun belum, tetapi kinerjanya akan lebih baik pada ponsel yang sudah rooted.
  • Mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja ter-uninstall
  • Memberikan pratinjau atau preview sebelum memulihkan file
  • Mengembalikan file yang terhapus hanya dengan satu kali ketuk
  • Kamu dapat melihat preview atau pratinjau dari file yang terhapus sebelum kamu memutuskan untuk mengembalikannya atau tidak.
  • Aplikasi dapat dijalankan secara offline dan tidak memerlukan koneksi internet.

Lalu bagaimana cara untuk mengoperasikan Dumpster? Berikut ini penjelasannya:

  • Pertama, lakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi Dumpster melalui Google Playstore. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses pemasangan Dumpter selesai, buka aplikasinya. Pada bagian home screen kamu akan langsung dihadapkan pada pilihan jenis file yang ingin kamu pulihkan. Kamu dapat memilih jenis file secara spesifik. Tapi jika kamu merasa bingung, pilihan yang bisa dipilih yaitu “All”
  • Aplikasi Dumpster akan melakukan pemindaian terhadap semua file yang telah terhapus. Jika sudah selesai, kamu dapat melihat daftar file yang dapat kamu pilih.
  • Kamu juga bisa melihat pratinjau atau preview sebelum mengembalikan file yang sudah terhapus.
  • Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus, pilih “restore”

Dumpster ini hanya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus setelah aplikasi ini dipasang di andorid.

Dari ketiga cara untuk mengembalikan file yang telah dihapus di android, cara yang paling aman adalah cara kedua dan ketiga karena tidak perlu melakukan rooting. Jika kamu tidak mempermasalahkan keamanan pada android, kamu dapat memakai cara yang memerlukan rooting android.

Leave a Reply