4 Cara Mengatur Kecerahan Layar Android

Alfa - Like Follow

Menggunakan smartphone dengan tingkat brightness tinggi tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Khususnya untuk mata, karena pasti akan terasa sakit saat berlama-lama main smartphone. Oleh sebab itu, supaya aktivitas berselancar dengan ponsel terasa menyenangkan, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengatur kecerahan layar Android.

Pada beberapa kondisi, mungkin menaikkan bright ini dibutuhkan. Terutama saat ponsel digunakan di area luar ruangan yang terpapar langsung sinar matahari. Kalau mengaktifkan mode low bright, maka kamu tidak akan bisa melihat apapun yang tampil di layar. Namun dalam kondisi normal, saat digunakan dalam ruangan atau pada malam hari, screen terlalu cerah tentu akan mengganggu.

4 Cara Mengatur Kecerahan Layar di Ponsel Android

cara mengatur kecerahan layar Android, 4 Cara Mengatur Kecerahan Layar Android

Kalau kamu termasuk orang yang selektif dalam menggunakan smartphone, pasti sudah tahu kalau setiap ponsel memiliki fitur pengatur kecerahan layar. Namun tidak dapat dipungkiri, kalau kerja fitur tersebut kadang kurang maksimal, sehingga pengguna harus menemukan cara lain untuk mengatasinya. Di bawah ini akan dibahas 4 cara mengatur kecerahan layar Android paling praktis.

1. Pengaturan Manual

Cara pertama yang wajib dicoba adalah dengan mengaturnya secara default. Apalagi, setiap smartphone memang sudah dilengkapi dengan fitur pengatur kecerahan pada layar. Kalau kamu masih belum paham, maka bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Masuk ke menu “Pengaturan/ Setting”
  2. Tap file “Tampilan”
  3. Pengatur kecerahan layar akan muncul di halaman teratas, tinggal sesuaikan saja

Untuk smartphone kelas menengah atas biasanya sudah dibekali dengan fitur seperti pengatur kecerahan adaptif/ otomatis, dimana ponsel akan menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang ada. Kemudian ada juga fitur blue screen, night mode, dan sebagainya.

2. Mengunduh Aplikasi Low Brightness – Night Screen

Kamu sudah berusaha mengatur kecerahan layar secara manual, tapi hasilnya tidak seperti yang diinginkan? Jangan khawatir, karena kamu bisa mengunduh aplikasi Night Screen dari Arrows App melalui Google Play Store. Setelah install, tinggal ikuti panduan penggunaannya saja. Namun app ini hanya dapat digunakan pada ponsel Android 4.4 ke atas.

Night Screen dapat membantu menurunkan tingkat kecerahan layar secara lebih optimal dibandingkan pengaturan default. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu takut akan terserang sakit mata, atau sakit kepala saat menggunakan ponsel dalam kondisi gelap. Menariknya, Night Screen juga memiliki fitur blue light filter yang mengagumkan.

3. Screen Filter

Selanjutnya adalah aplikasi Screen Filter yang sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android. Selain mengurangi kecerahan layar, aplikasi ini juga akan membantu menghemat daya baterai smartphone. Di samping itu, Screen Filter mengusung berbagai fitur bagus seperti widgets, tasker, brightness slider dengan logaritma, dan sebagainya.

4. Peredupan Layar

Aplikasi besutan Wormhole Space ini juga wajib masuk dalam daftar kamu. Cara mengatur kecerahan layar Android di Peredupan Layar juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya supaya bisa menikmati berbagai fitur tersedia. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menurunkan tingkat kecerahan mulai 0% hingga 100% (dark).

5. Night Mode

Aplikasi ini akan sangat membantu kamu saat bermain ponsel di tempat gelap. Menariknya, Night Mode dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan berbasis smartphone, mulai dari texting, browsing, reading, hingga gaming. Jadi, tidak perlu takut kalau zonk.

Meskipun smartphone sudah memiliki pengatur kecerahan layar default. Namun faktanya tidak sedikit pengguna yang merasa kurang puas dengan kinerja fitur tersebut. Kalau kamu termasuk salah satunya, maka bisa mencoba cara mengatur kecerahan layar Android dengan menginstal aplikasi tambahan.

Leave a Reply