Terlalu Lengket Sama Gadget? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Gadget atau gawai merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Namun hadirnya gawai dalam keseharian tidak selalu membawa pengaruh yang baik. Banyak orang yang yang selalu bergantung pada perangkat canggih ini. Bahkan Sebagian ada yang merasa sangat cemas ketika jauh dari gadgetnya. Lalu apa yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi kecanduan gadget?

Kehadiran gadget dapat membantu kita dalam berbagai hal di kehidupan. Mulai dari komunikasi, sarana hiburan, membantu pekerjaan,  dan masih banyak lagi. Gadget bagaikan pisau yang mempunyai dua mata. Manfaatnya yang begitu banyak untuk kehidupan memberikan pengaruh yang sangat baik. Jika gadget digunakan secara berlebihan, pasti memberikan pengaruh buruk.

7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget bagi Remaja dan Orang Dewasa

cara mengatasi kecanduan gadget, Terlalu Lengket Sama Gadget? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Di bawah ini akan dijelaskan tentang tips dan trik untuk mengatasi kecanduan gadget. Awalnya memang terasa tidak mudah, apalagi jika kamu adalah orang yang maniak gadget. Sedikit mengurangi penggunaan gadget dapat memberikan kesempatan kepada kamu untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

  1. Perbanyak Waktu untuk Bersosialisasi dengan Kawan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan gawai adalah bersosialisasi. Banyak orang yang mengatakan bahwa gadget dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Ungkapan ini sangat ironis  dan sedikit banyak menggambarkan kehidupan masyarakat sekarang ini. Terkadang kita lebih memilih untuk menggunakan aplikasi chat daripada bertemu.

Cobalah perbanyak waktu untuk bertemu kawan-kawan dan bercengkerama dengan mereka. Matikan gadgetmu ketika berkumpul dengan teman-teman. Hal ini sebaiknya dilakukan agar kualitas pertemuan menjadi jauh lebih baik. Kamu juga akan sedikit mengurangi penggunaan HP atau gadget lainnya.

  1. Matikan Semua Gadget 30 Menit Sebelum Tidur

Belakangan ini banyak orang yang mengeluh insomnia atau gangguan tidur. Salah satu penyebab dari sulit tidur atau insomnia ini adalah penggunaan gadget yang berlebihan. Pancaran gelombang cahaya dari layar smartphone dapat meningkatkan kinerja otak. Dengan begitu kamu tidak akan merasa mengantuk selama memainkan handphone.

Mulai sekarang cobalah untuk mematikan semua gadget minimal 30 menit sebelum tidur. Dengan mematikan gadget, kamu akan membantu otak untuk beristirahat secara penuh.  Matikan juga lampu di dalam kamar dan ciptakan suasana senyaman mungkin untuk bersiap tidur. Kualitas tidur kamu akan jauh lebih baik jika kamu tidak tidur bersama gadgetmu yang menyala.

  1. Hapus Aplikasi yang Membuat Kamu Tidak Bisa Berpaling dari HP

Aplikasi game online dan media sosial merupakan sebagian dari penyebab kita kecanduan gadget. Bahkan ada orang yang menghabiskan waktu lebih dari 12 jam sehari hanya untuk bermain game. Perilaku seperti ini tentu akan memberikan pengaruh yang sangat buruk untuk tubuh dan mental kita.

Apakah kamu mengalami hal yang serupa? Jika gejala kecanduan gadget seperti ini kamu alami, sebaiknya uninstall aplikasi yang membuatmu kecanduan. Dengan tidak adanya aplikasi favorit kamu di smartphone, waktu kamu untuk bermain gadget pun akan berkurang. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang di dunia.

  1. Tegas Kepada Diri Sendiri

Kunci kesuksesan untuk mengurangi kecanduan gadget adalah bersikap tegas terhadap diri sendiri. Artinya, kamu harus membatasi waktu maksimal bermain gadget dalam sehari. Jika sudah mencapai waktu maksimal, kamu harus berhenti. Tidak ada keringanan apapun dalam hal ini. Keluarlah dan lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat agar keinginan untuk bermain gadget teralihkan.

Kamu juga dapat membuat batasan-batasan tertentu untuk memainkan gadget. Misalnya kamu melarang dirimu sendiri untuk bermain gadget ketika berkumpul bersama keluarga, bekerja, maupun ketika sedang bertemu dengan teman-teman. Selain membantu kamu untuk mengurangi penggunaan gadget, interaksi dengan orang-orang di sekitarmu juga akan menjadi lebih baik.

  1. Baca Buku untuk Menggantikan Gadget di Waktu Luang

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kecanduan gadget adalah membaca buku. Carilah jenis-jenis buku yang kamu sukai, bawalah buku ini kemana pun. Saat kamu merasa bosan atau memiliki waktu luang, Bukalah dan Bacalah buku yang kamu bawa tadi. Membaca buku dapat mengalihkan perhatian dan hasrat kamu untuk memainkan gadget.

Carilah judul dan jenis buku yang memang benar-benar kamu sukai. Membaca buku tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dengan membaca. Ada sensasi lain yang kamu dapatkan saat membaca buku. Tentu saja sensasi ini tidak bisa kamu dapatkan dengan bermain gadget atau smartphone.

  1. Saat dalam Perjalanan, Simpan Gadgetmu di Dalam Tas

Bepergian dengan kendaraan umum dalam jarak jauh terkadang sangat membosankan. Kamu pasti memainkan gadget sepanjang perjalanan untuk mengatasi rasa bosan kan? Jika kamu ingin mengatasi kecanduan gadget, hal ini tentu tidak dapat kamu lakukan lagi. Sebaiknya masukkan ponselmu ke dalam tas dan carilah kegiatan lain agar tidak bosan selama perjalanan.

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan sepanjang perjalanan. Kamu bisa membawa buku favorit kamu untuk dibaca. Jika kamu bosan membaca,  cobalah untuk mengobrol dengan orang yang ada di dekatmu. Kamu bisa menambah kenalan dan juga teman.

  1. Pahami Dampak Buruk Penggunaan Gadget yang Berlebihan

Tips terakhir yang dapat menjadi di motivasi besar untuk mengatasi kecanduan gadget adalah mengetahui dampak buruknya. Ada banyak sekali dampak buruk yang akan kamu rasakan ketika terlalu berlebihan dalam menggunakan Gadget. Salah satunya adalah gangguan penglihatan. Kamu tidak ingin matamu rabun bukan?

Selain itu, bermain gadget dalam waktu yang lama juga dapat mempengaruhi siklus tidur menjadi tidak sehat. Kamu bisa mengalami insomnia akut karena terlalu banyak bermain ponsel. Gangguan kesehatan seperti sakit kepala juga akan sering kamu alami.

Gadget yang digunakan secara berlebihan akan memberikan pengaruh yang negatif kepada tubuh. Kesadaran untuk mengurangi penggunaan gadget hanya datang dari diri sendiri. Cara mengatasi kecanduan gadget di atas dapat menjadi pedoman untuk kamu yang ingin hidup dengan lebih baik.

Leave a Reply