Cara Memulai Bisnis Online Dengan Mengandalkan Skill yang Kamu Miliki

Alfa - Like Follow

Mengandalkan internet sebagai poros utama dalam memulai bisnis tentu merupakan pilihan yang tepat di era yang serba digital ini. Berbagai jenis bisnis dapat kita lakukan melalui internet dengan mengandalkan skill dan kemampuan yang kita miliki. Dari yang membutuhkan banyak modal hingga tidak membutuhkan modal sama sekali.

Berbisnis secara online memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan bisnis konvensional yaitu dapat menjangkau segmen-segmen yang tidak bisa dijangkau pelaku bisnis konvensional. Bisa juga dikatakan bahwa bisnis online memiliki ruang gerak yang tak terbatas. Sangat menarik bukan? Lalu bagaimana cara memulai bisnis online dari skill kita agar berpeluang besar untuk sukses?

Cara Memulai Bisnis Online Sesuai Skill

cara memulai bisnis online dari skill kita, Cara Memulai Bisnis Online Dengan Mengandalkan Skill yang Kamu Miliki

Skill atau keahlian yang dimiliki oleh seseorang tentu berbeda-beda. Tapi sebelum membahas cara memulai bisnis online dari skill kita secara lebih lanjut, sudah tahukah kamu apa itu bisnis online? Bisnis online adalah segala jenis bisnis baik transaksi barang maupun jasa yang sepenuhnya dilakukan melalui internet. Nah berikut beberapa bisnis online yang bisa kamu jalankan sesuai keahlianmu.

1. Menjadi Seorang Freelancer

Jika kamu tertarik menjadi seorang freelancer, kamu bisa mencari lowongan yang tersedia di berbagai macam marketplace. Apabila lowongan freelance yang ada sesuai dengan skill yang kamu miliki, maka cobalah untuk melamar. Keuntungan dari seorang freelancer adalah tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.

Lowongan freelance sebenarnya banyak sekali, kamu bisa melamar pada marketplace yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri. Contoh marketplace yang ada di Indonesia adalah project.co.id dan seribu.com, dan untuk yang ada di luar negeri yaitu fiver, freelance.com, 99desain, dan lain sebagainya.

2. Menjadi Seorang Blogger

Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang hobi menulis. Dengan memiliki sebuah blog kamu bisa menuangkan ide-idemu sekaligus menghasilkan pundi-pundi uang. Jangan salah kira jika mengelola blog tidak akan menghasilkan apapun, sebab sudah banyak blogger yang berhasil dan memiliki penghasilan yang fantastis.

3. Menawarkan Skill yang Dimiliki Melalui Media Sosial

Dengan skill yang dimiliki, kamu bisa membuka sebuah bisnis lalu mempromosikannya melalui media sosial. Misalnya kamu memiliki keahlian dalam mendesain, maka kamu bisa membuka jasa desain logo kemudian mengiklankan bisnis tersebut melalui media sosial yang kamu miliki. Salah satunya bisa menggunakan Facebook Advertising agar iklan yang dibuat cepat dilihat banyak orang.

4. Dropshipping

Pada dasarnya dropshipper hampir sama dengan reseller. Jika tidak memiliki cukup modal untuk membuka usaha sendiri, maka kamu bisa menjadi seorang dropshipper. Dengan bermodalkan promosi yang dilakukan pada platform tertentu, kamu bisa memperoleh komisi sesuai perjanjian dengan pemilik barang setelah produk berhasil terjual.

Situs yang sering dikunjungi oleh para dropshipper adalah Amazon dan Shoppify. Jika berminat menjadi dropshipper cobalah untuk mengunjungi situs tersebut. Kemudian cari supplier yang kira-kira dapat memberikanmu keuntungan dan kemudahan dalam bertransaksi.

5.  Menjadi Seorang Content Creator

Jika kamu memiliki kreativitas yang tinggi dan skill dalam video editing maka cobalah untuk menjadi seorang content creator. Apalagi saat ini banyak orang yang senang melakukan streaming untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan atau sekadar menghilangkan rasa bosan. Maka dari itu jika tertarik menjadi content creator buatlah video yang memiliki nilai informasi bagi penonton.

Sebenarnya cara memulai bisnis online dari skill kita yang utama adalah serius dan mau belajar. Jika memiliki tekad yang kuat maka saat mengalami kegagalan kamu akan terus berusaha untuk bangkit dan sukses. Selain itu kamu juga harus bisa mengikuti dinamika pasar online yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat sebagai tambahan gunakan juga aplikasi bisnis online untuk menunjang usaha-usaha kamu tersebut.

Leave a Reply