5 Cara Mempromosikan Blog

Alfa - Like Follow

Blog atau website blog saat ini sudah menjadi salah satu cara untuk mencari uang. Blog saat juga bisa menjadi tempat menjual barang atau menawarkan jasa. Oleh sebab itu sebuah blog juga perlu untuk dipromosikan. Cara mempromosikan blog sangat beragam, diantara banyaknya cara tersebut, terdapat lima yang paling mudah untuk dilakukan.

 5 Cara Mempromosikan Blog

cara mempromosikan blog, 5 Cara Mempromosikan Blog

1. Melalui Forum Blog Online

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda yakni melalui forum. Forum tersebut biasanya berisi orang-orang yang juga memiliki blog. Melalui forum tersebut, Anda dapat bertukar link blog masing-masing dan saling mengunjungi. Pastikan blog Anda berbeda dengan anggota forum lainnya agar menarik perhatian.

Saat ini sudah banyak forum-forum online yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu contoh forum online tersebut adalah KasKus. Di forum tersebut Anda dapat menemukan berbagai macam topik di dunia ini. Selain itu masih banyak forum lain di luar negeri yang juga dapat Anda manfaatkan.

2. Melalui Grup dan Forum di Facebook

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan blog adalah menggunakan media sosial Facebook. Saat ini siapa yang tidak mengenal media sosial hasil karya Mark Zuckerberg ini. Semua lapisan umur sudah menggunakan platform media sosial Facebook. Anda dapat mempromosikan melalui akun Facebook yang Anda miliki.

Dalam Facebook juga terdapat grup-grup yang membentuk sebuah forum. Anda harus aktif untuk mengikuti berbagai grup atau forum yang ada di Facebook tersebut. Dengan demikian jaringan yang Anda miliki semakin luas sehingga pasar yang dituju semakin besar. Anda dapat membagikan alamat blog ke sesama teman di forum Facebook dan saling mengunjungi serta bertukar pengalaman.

3. Rajin Berkomentar di Blog Lain

Cara lain yang juga dapat mempromosikan blog Anda adalah dengan rajin berkomentar di blog lain. Komentar yang Anda tinggalkan juga harus berisi mengenai blog Anda. Anda bisa menyematkan alamat url blog Anda sehingga bisa dibuka oleh pembaca lain yang membaca komentar Anda. Selain itu Anda juga dapat menjalin komunikasi dengan pemilik blog tersebut.

4. Tawarkan Konten Anda Lewat Email

Cara berikutnya adalah dengan menawarkan konten Anda ke pembaca melalui email. Cara satu ini menggunakan format email marketing, jadi Anda mengirimkan alamat website yang sudah berisi konten. Dengan harapan orang yang Anda kirim email tersebut akan membukanya. Beberapa orang beranggapan, cara ini cukup efektif untuk mempromosikan blog.

Cara Anda bisa mendapatkan kontak email, dengan menyematkan fitur berlangganan atau subscribe di blog Anda. Secara langsung email tersebut akan tersimpan di blog Anda. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan konten langsung ke pembaca.

5. Gunakan Sosial Media Pinterest, Intagram, Twitter

Media sosial lain yang dapat Anda gunakan sebagai sarana promosi adalah Pinterest, Instagram, dan Twitter. Syaratnya adalah, Anda harus memiliki akun dari ketiganya. Jika di Pinterest, Anda dapat bergantung pada fitur Pin Now. Dengan fitur tersebut konten pada blog Anda akan berada di halaman paling atas dan akan terus terlihat.

Sedangkan pada Instagram, Anda dapat mempromosikannya melalui Insta Story. Story tersebut dapat Anda tempatkan pada highlight agar dapat terus dibuka ketika pembaca mengunjungi akun Instagram Anda. Sedangkan di Twitter hampir sama dengan Pinterest yakni dengan ‘pin’ status yang berisi tentang blog Anda. Masih banyak cara mempromosikan blog yang dapat Anda lakukan, namun kelima cara diatas yang paling relevan dengan kondisi saat ini. Dengan Anda aktif mempromosikan blog, maka semakin tinggi traffic yang akan didapat, sehingga bisa berdampak baik ke sektor lainnya.

Leave a Reply