Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word

Alfa - Like Follow

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda, nah ini adalah problematika yang umum yang dihadapi oleh kalian yang sedang mengerjakan karya ilmiah seperti makalah, paper, jurnal, skripsi sebagai tugas sekolah maupun tugas kuliah.

Untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut tentu kamu sudah tidak asing dengan Microsoft Word Salah satu aplikasi pengolah dokumen populer untuk menulis dan menyunting buatan perusahaan Microsoft, yang pertama kali rilis pada tahun 1983 dan eksis hingga sekarang.

Membuat Nomor Halaman di Word

cara membuat nomor halaman berbeda di word, Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word

Salah satu fitur dari microsoft word yang paling dicari adalah membuat nomor halaman, sehingga kamu tidak perlu membuat nomor halaman satu persatu disetiap halamannya.

Kamu hanya perlu meng-klik menu Insert > Page Number ( di kolom header & footer ). maka secara otomatis akan menambahkan nomor halaman disetiap halaman file word.

cara membuat nomor halaman berbeda di word, Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word

Di menu tersebut kamu juga bisa mengatur tata letak nomor dihalaman, diatas, disamping kiri atau kanan atau di tengah. begitu juga di bawah, bisa diatas di kiri atau dikanan atau dibawah sesuai kebutuhan.

Selain itu kamu juga bisa mengkustom format nomor selain 1, 2, 3. seperti a, b, c, i, ii, iii, I, II, III dan lainnya di menu Format Page Numbers.

Membuat Nomor Halaman Berbeda-beda

Pernah membuat karya ilmiah atau dokumen yang dimana di dalamnya memiliki nomor yang berbeda? Nah jika pernah biasanya kamu perlu membuat beberapa file hanya untuk membuat nomor halaman yang beda-beda di dalam dokumennya.

Di atas sudah dijelaskan cara membuat nomor halaman tapi sayangnya menu di atas hanya bisa digunakan untuk satu jenis nomor saja, dan tidak bisa berbeda-beda.

Lalu bagaimana jika nomor berbeda beda dibeberapa halaman seperti diawal i, ii, iii lalu berikutnya, 1, 2, 3 ?

Tidak perlu khawatir, memang jika dengan cara biasa nomor yang berbeda tersebut memang tidak bisa dibuat, tapi bukan berarti aplikasi microsoft word tidak bisa membuat nomor halaman berbeda, bagaimana caranya ?baca artikel ini sampai selesai ya..

  1. Buka dokumen dan pilih halaman yang akan diberi nomor
  2. Pilih opsi tata letak atau layout pada Microsoft Word. Pilih opsi break lalu pilih halaman berikutnya atau next page
  3. Di halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header. Bisa juga klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman. Setelah diklik maka akan muncul tab desain
  4. Berikutnya, klik tautan sebelumnya atau link to previous untuk memutuskan sambungan header dan footer dari header atau footer di bagian sebelumnya
  5. Di dalam pilihan header dan footer, klik nomor halaman kemudian pilih lokasinya
  6. Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman
  7. Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii
  8. Anda bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak format penomoran

Video Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda

Jika kamu bingung step by step dari membuat nomor halaman yang berbeda di microsoft word, dailytech.id sudah membuatkan video simple yang lengkap dan jelas.

Jangan lupa subscribe channel dailytech dan cek video-video menarik lainnya dari dailytech.id di Dailytech Video ya.

Leave a Reply