Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Alfa - Like Follow

Cara Membuat Kop Surat Di Word, Kop Surat atau Kepala Surat merupakan bagian penting dalam sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah instansi, lembaga ataupun organisasi untuk tujuan yang resmi.

Kop Surat ini biasanya digunakan ketika sebuah instansi, perusahaan atau lembaga ingin berkomunikasi kepada masyarakat ataupun sesama instansi melalui sebuah surat. Karena resmi Kop Suratpun tidak boleh sembarangan, ada elemen-elemen yang harus kamu penuhi di dalam Kop Surat, dan berikut adalah element-element yang perlu kamu masukan ke dalam kop surat

  1. Logo Perusahaan/Instansi
  2. Nama Perusahaan/Instansi tersebut
  3. Alamat
  4. Nomor Telpon
  5. Email dan
  6. Alamat Website

yang semuanya harus resmi dan asli karena berkaitan dengan legalitas suatu instansi yang mengirim surat.

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

cara membuat kop surat di word, Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Sebagai salah satu Aplikasi editor, Microsoft Word merupakan aplikasi yang paling popular dan paling familiar khususnya di Indonesia. dan pada artikel ini kita akan membahas cara membuat kops surat di word secara detail, bahkan jika kamu merasa masih kurang, diakhir artikel ini terdapat video tutorial yang bisa kamu ikuti step by step membuat kop surat di word.

  1. Buatlah sebuah dokumen baru di word, kemudian klik dua kali di posisi teratas dokumen untuk mengaktifkan fungsi Header. Sampai disini kamu sebenarnya sudah bisa membuat kop surat namun kop surat akan muncul disetiap halaman baru.
  2. Jika tidak bisa cobalah mengubah Mode View ms Word kamu ke mode Print Layout dengan cara klik tab View, klik Print Layout, lalu ulangi langkah 1.
  3. Kemudaian di bagian tab (ribbon) Design beri tanda centang pada pilihan Different First Page. langkah ini dimaksudkan agar kop surat hanya muncul di halaman pertama saja.
  4. Atur margin lembar kerjamu agar tidak terlalu mepet ke atas, ataupun kesamping karena bisa saja terpotong saat dicetak, pastikan juga ukuran kertas sudah kamu atur dengan benar. Jangan sampai terlalu kecil atau terlalu lebar dari ukuran kertas aslinya.
  5. Mulailah untuk menulis Nama Perusahaan, Alamat, Nomor telpon, Email, dan Alamat website. Atur Font Size, Format text sesuai kebutuhan.Biasanya nama perusahaan ditulis dan ukuran font yang besar dan di bold, kemudian semakin kebawah semakin kecil hingga elemen alamat.
  6. Tambahkan Logo Perusahaan pada bagian kop surat, lalu klik kanan pada gambar, lalu pilih Text Wrapping lalu pilih Front of Text. Agar gambar dapat digeser-geser dengan mudah.
  7. Terakhir tambahkan garis dibawah kop surat untuk memberikan batasan antara surat dan kepala surat. klik Insert (ribbon/tab) > Shapes > Lines. Dengan kursor masih aktif berada di garis, klik menu Format di tab/ribbon), atur tebal garis (Weight) sesuai keinginan.

Video Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Jika Kamu masih merasa kesulitan dalam membuat kop surat di Word, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat kop surat melalui video dibawah ini.

Temukan tutorial dan trik-trik lain di channel Dailytech Video, Jangan lupa subscribe dan aktifkan lonceng notifikasi untuk mendapatkan update video terbaru dari dailytech.

Demikian cara membuat kop surat di word, cara ini bisa kamu terapkan di microsoft mulai versi 2007 hingga terbaru (2016 saat tutorial ini dibuat). jika ada pertanyaan kamu bisa tinggalkan di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini atau di kolom komentar yang disediakan di channel Dailytech Video.

Leave a Reply